LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Ada Apa Aja di Fitur Pendaftaran Vaksinasi JAKI?

Ada Apa Aja di Fitur Pendaftaran Vaksinasi JAKI?

Teresa Simorangkir

13 Agustus 2021

Program vaksinasi bisa jadi akan lebih lama menjangkau masyarakat bila hanya mengandalkan sistem tradisional. Untungnya, Jakarta punya JAKI yang mampu mempermudah penggunanya mendapatkan layanan vaksinasi. Yuk, cari tahu apa saja yang ada di dalam fitur pendaftaran vaksinasi di JAKI!

Awal Mula Fitur Pendaftaran Vaksinasi

Pengembangan fitur pendaftaran vaksinasi di JAKI lahir dari kerja keras banyak pihak, sebut saja Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan Badan Layanan Umum Daerah Jakarta Smart City. Jakarta Smart City bertanggung jawab untuk membuat alur bisnis, menentukan fitur apa saja yang dapat diakses pengguna, sampai mengintegrasikan data dari Dinas Kesehatan serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Dinas Kesehatan berperan untuk mencari solusi dari berbagai permasalahan di lapangan maupun keluhan masyarakat.

Mulanya, pengembangan daftar vaksinasi JAKI menyasar warga lanjut usia (lansia) yang pada waktu itu diprioritaskan untuk segera divaksin. Mencari lokasi vaksinasi bisa jadi merepotkan lansia yang tentu sudah tak leluasa apabila harus berpindah-pindah mencari fasilitas kesehatan (faskes) yang melayani pemberian vaksin Covid-19. Melihat hal ini, Pemprov DKI Jakarta yakin bahwa JAKI bisa menjadi jembatan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan menghadirkan fitur daftar vaksinasi. Terbukti, selain memudahkan warga Jakarta menemukan lokasi vaksinasi terdekat, JAKI berhasil mengurangi penumpukan dan memangkas proses di lokasi vaksinasi, sehingga vaksinasi menjadi tiga kali lebih cepat.

Kini, tak hanya lansia yang bisa mendaftar vaksinasi di JAKI. Mereka yang berusia 12 tahun ke atas sekarang bisa menikmati kemudahan ini. Bahkan, bila Smartcitizen ingin melakukan daftar ulang dosis 2, kamu bisa menjadwalkan kembali lokasi dan waktu vaksinasi sesuai keinginanmu. JAKI tak hanya melayani pendaftaran vaksinasi di fasilitas kesehatan. Daftar vaksinasi di JAKI bisa dilakukan untuk pelayanan vaksinasi Covid-19 di mobil vaksin keliling dan sentra vaksinasi.

[Lihat Jadwal dan Lokasi Vaksinasi di Jakarta]

Hingga saat ini, Dinas Kesehatan, Jakarta Smart City, PeduliLindungi, dan Disdukcapil masih terus mengembangkan JAKI, agar menjadi aplikasi andalan warga Jakarta.

Apa Saja yang Ada Dalam Fitur Daftar Vaksinasi di JAKI?

Ketika melakukan pendaftaran vaksinasi di JAKI, kamu akan melihat tampilan laman yang harus diisi. Yuk, kita kupas satu-satu tampilan pendaftaran vaksinasi di JAKI!

Status Vaksinasi

Pendaftaran vaksinasi dilakukan dengan mengetuk banner Vaksinasi Covid-19 di beranda JAKI. Setelah itu, kamu akan diminta memasukkan NIK serta nama lengkap sesuai KTP. Lalu, muncullah status vaksinasi yang menjelaskan apakah seseorang belum divaksin, sudah divaksin dosis satu, atau telah selesai vaksinasi. 

Kalau kamu belum divaksin, maka status vaksinasimu akan berwarna merah seperti ini. Kamu bisa mendaftar dengan cara klik Daftar Vaksinasi COVID-19.

Status dengan warna oranye berarti kamu sudah vaksin dosis pertama.

Terakhir, bila kamu sudah mendapatkan dua dosis vaksinasi, status vaksinasi di JAKI akan berwarna hijau seperti ini.

[Arti di Balik Warna Status Vaksinasi di JAKI]

Pendaftaran Vaksinasi

Sudah tahu kan keunggulan JAKI untuk mendaftar vaksinasi? Ya, di JAKI, kamu bisa memilih sendiri jadwal serta lokasi vaksinasi sesuai keinginanmu. Sebelum memilih jadwal dan lokasi, kamu harus melengkapi data diri terlebih dahulu. Seperti inilah laman yang akan terlihat saat kamu memilih jadwal vaksinasi.

Setelah klik Kirim, kamu akan menerima layar konfirmasi bahwa pendaftaran berhasil.

Selanjutnya adalah pre-screening. Langkah ini diperlukan supaya waktu antre tidak lama di lokasi vaksinasi. Ketika pengguna sudah menjawab pertanyaan hingga akhir, akan terlihat laman ucapan terima kasih serta jadwal vaksinasi. Seperti inilah tampilan pre-screening di JAKI.

Hasil pre-screening adalah Kartu Kendali Vaksinasi dan Kartu Vaksin yang harus kamu cetak dan tunjukkan kepada petugas vaksinasi.

Kartu Kendali Vaksinasi

Kartu Vaksinasi yang harus disimpan hingga vaksinasi dosis 2

[Cara Cek Jadwal Vaksinasi Covid-19 di JAKI]

Keberhasilan JAKI dalam Program Vaksinasi Jakarta

Hadirnya vaksin di Indonesia sudah pasti membawa harapan bagi kita semua. Warga Jakarta berbondong-bondong ingin mendaftarkan diri dan keluarganya supaya bisa segera divaksin. Per 8 Agustus 2021, tercatat 727 ribu lebih warga Jakarta dan luar Jakarta yang mendaftar vaksinasi lewat JAKI.

[Kelebihan Daftar Vaksinasi Covid-19 Lewat JAKI]

Sistem Terbaru yang Semakin Melengkapi JAKI

JAKI terus memperbarui data dan sistemnya agar bisa melayani warga Jakarta secara maksimal. Sekarang, sistem terbaru JAKI dilengkapi dengan sistem verifikasi CAPTCHA. CAPTCHA adalah akronim dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart atau Tes Turing Publik Otomatis untuk Membedakan Komputer dan Manusia. Fungsi CAPTCHA di JAKI bertujuan untuk melindungi sistem JAKI dari serangan bot yang berpotensi untuk merusak.

Setelah memasukkan NIK dan nama lengkap saat mendaftar vaksinasi, kamu harus mencentang kolom I’m not a robot. CAPTCHA akan muncul untuk melakukan verifikasi bahwa kamu benar-benar manusia.

Tampilan CAPTCHA saat mendaftar vaksinasi di JAKI

Smartcitizen, kita sudah membedah tampilan pendaftaran vaksinasi di JAKI. Alur dan desain tersebut memang dibuat seringkas serta sejelas mungkin untuk mempermudah pengguna JAKI. Nah, kamu sendiri, bagaimana? Sudah daftar vaksinasi di JAKI atau belum? Yuk, jangan mau ketinggalan! Unduh JAKI di Play Store dan App Store sekarang!

Vaksinasi Covid-19

Bagikan :


Penulis

Teresa Simorangkir

A writer and a lifelong learner.

Artikel Terkait

Kolaborasi PCare, PeduliLindungi, dan JAKI untuk Percepatan Vaksinasi

21 September 2021

Catatan Penting Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 12-17 Tahun

09 Juli 2021

Tanya Jawab Seputar Vaksin AstraZeneca Bersama dr. Adam Prabata

28 Juni 2021

Membandingkan Tingkat Perlindungan Vaksin Primer dan Booster

04 Maret 2022

Tanggap Corona: Dinkes DKI Jakarta Punya Posko Covid-19 di Command Center

16 Maret 2020