LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Alasan Kamu Harus Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua

Alasan Kamu Harus Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua

Siti Sarah S.

26 Juli 2021

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan vaksinasi. Semasa kecil, kamu mendapat berbagai suntikan vaksinasi. Ketika akan pergi ke negara tertentu, seperti umroh atau haji ke Arab Saudi, kamu juga harus mendapat vaksinasi meningitis. Bahkan, sebelum menikah, vaksinasi tetanus wajib kita dapatkan. Dengan vaksinasi, kamu akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih tinggi terhadap suatu penyakit. Kamu bisa terhindar dari penyakit itu sama sekali, atau kalaupun menderita akan lebih ringan dibanding orang yang belum menerima vaksin.

Kini, kita tengah menghadapi pandemi Covid-19 yang telah berkecamuk lebih dari setahun. Kamu pasti ingin pandemi ini segera berakhir, kan? Nah, vaksinasi Covid-19 merupakan langkah paling aman untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity), agar terhindar dari bahaya pandemi yang ingin segera kita akhiri. Umumnya, beberapa jenis vaksin Covid-19 mengharuskan dua dosis vaksinasi untuk mendapatkan perlindungan yang optimal.

Kenapa Kamu Harus Mendapatkan Dosis 2 Vaksinasi Covid-19? 

Berdasarkan studi dari The New England Journal of Medicine, setelah mendapatkan dosis kedua, seseorang akan mendapatkan jumlah antibodi yang lebih banyak untuk melawan virus dan meningkatkan keefektifan vaksin di dalam tubuh. 

Salah satu vaksin yang digunakan di Indonesia adalah Sinovac. Sinovac perlu diberikan sebanyak dua dosis dengan interval 14-28 hari. Dosis pertama ditujukan untuk memicu respons kekebalan awal dan dosis kedua untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya. Dengan mendapatkan dosis ke-2 setelah 28 hari, maka antibodimu akan terbentuk dengan optimal. 

Dalam 14-28 hari pertama, vaksin akan bekerja sekitar 60%. Setelah dosis kedua, vaksin akan bekerja setidaknya 90%. 

Beberapa vaksin lain, seperti cacar air, hepatitis A, Herpes Zoster (cacar ular), juga memerlukan dua dosis vaksin, untuk mencegah penyakit dan mengoptimalkan kekebalan dalam tubuh.

Kini dengan perkembangan beberapa varian Covid-19, terlebih varian Delta yang lebih cepat menular dan berbahaya, vaksin dengan dua dosis sangat dibutuhkan agar tubuh mendapat kekebalan terbaik.

Menurut Oluwatosin Goje, MD dari Cleveland Clinic, tidak semua orang mempunyai respons dan tingkat kekebalan yang sama setelah dosis pertama. Oleh karena itu, dengan memastikan semua orang mendapatkan dosis kedua, akan diperoleh kekebalan terbaik. Dr. Goje juga menyatakan, jika hanya mendapatkan dosis pertama vaksinasi Covid-19, kita tidak akan mencapai herd immunity. Kekebalan kelompok hanya akan tercapai apabila mayoritas orang di suatu wilayah mendapatkan dua dosis vaksin Covid-19. 

Aturan Pemberian Vaksin Dosis 2 dari Kemenkes

Kini kamu sudah tahu kenapa dosis 2 vaksin Covid-19 sangat diperlukan. Lalu, bagaimana dosis dan pemberian yang direkomendasikan berdasarkan setiap jenis vaksin Covid-19? Simak tabel berikut ya.

Dosis dan cara pemberian berbagai jenis vaksin Covid-19 (KMK No. HK.01.07-MENKES-4638-2021)

Kamu dapat melihat bahwa umumnya vaksin Covid-19 membutuhkan dua dosis. Maka, pastikan kamu mendapatkan dosis kedua vaksin Covid-19, berdasarkan interval minimal yang tertera sesuai vaksin pertamamu, ya.                

Jika penyintas Covid-19, kamu dapat divaksinasi tiga bulan setelah sembuh. Apabila setelah dosis pertama kamu terinfeksi Covid-19, maka dosis pertama vaksinasi tidak perlu diulang. Kamu dapat menerima vaksin dosis kedua setelah tiga bulan dinyatakan sembuh.

Bagaimana Capaian Vaksinasi Dosis 2 di Jakarta?

Jakarta sudah melaksanakan vaksinasi sejak awal 2021 dan hingga kini terus membuka kesempatan kepada warga agar dapat divaksinasi sesegera mungkin. Kini, warga 12 tahun ke atas sudah bisa mendapatkan vaksinasi di fasilitas kesehatan terdekat atau di sentra-sentra vaksinasi yang dibuka di Jakarta. 

Hingga Rabu, 21 Juli 2021, sudah 6.646.485 orang atau 75,4% warga telah divaksinasi dosis pertama. Lantas, bagaimana dengan dosis kedua? Berdasarkan data dari corona.jakarta.go.id, per tanggal yang sama, 2.021.486 orang yang telah menerima vaksin dosis kedua atau sekitar 22,9% warga. 

Adapun capaian berdasarkan kelompok, dapat dilihat sebagai berikut:

Melihat data tersebut, Jakarta tentu belum dapat dikatakan mencapai herd immunity, karena mayoritas warga yang divaksin dengan dua dosis masih belum mencukupi. Oleh karena itu, bagi kamu yang belum mendapatkan vaksin Covid-19 sama sekali, yuk segera daftarkan dirimu. Sedangkan bagi kamu yang tengah menunggu waktu vaksin dosis kedua, tetap jaga diri dengan menerapkan 5M dan menjaga kesehatan, agar tetap prima ketika mendapatkan vaksin dosis kedua. 

Mendaftar Vaksinasi Covid-19 melalui Aplikasi JAKI

Jika kamu belum mendaftarkan diri untuk vaksinasi, kamu bisa melakukannya dengan mudah lewat JAKI. Unduh JAKI di sini, lalu ikuti langkah berikut:

  1. Buka aplikasi JAKI dan pilih banner Pendaftaran Vaksinasi Covid-19.

  1. Isi nomor KTP (NIK) dan nama lengkapmu.

  1. Jika kamu belum terdaftar, maka kamu dapat mendaftar di aplikasi JAKI dengan klik tombol Daftar Vaksinasi Covid-19.

  1. Ikuti langkah-langkahnya dan isi formulir pre-screening yang muncul. Kemudian, pilih jadwal dan lokasi vaksinasi.

  2. Setelah selesai pendaftaran, kamu akan menuju ke laman berikut yang menginformasikan jadwal dan lokasi yang telah kamu pilih. 

  1. Selesai. Kamu dapat mengunduh dan mencetak hasil pre-screening dan membawanya ke lokasi vaksinasi sesuai jadwal. 

Jika telah melaksanakan vaksinasi dosis pertama, kamu dapat melihat status vaksinasimu yang berubah menjadi oranye. Kamu juga dapat melihat jadwal untuk vaksinasi keduamu. Jadwal vaksinasi dosis kedua ditentukan oleh PeduliLindungi. Setelah vaksin, biasanya kamu akan menerima kartu vaksinasi yang menunjukkan kapan dan di mana kamu akan mendapatkan vaksinasi dosis kedua. 

Jika kamu melakukan vaksinasi di sentra vaksinasi, seperti Gelora Bung Karno atau Mall Kota Kasablanka, dan bukan di fasilitas kesehatan tertentu, maka kamu dapat menjadwalkan ulang lokasi serta tanggal vaksinasi untuk dosis kedua. Caranya, kamu cukup buka JAKI lalu ketuk kembali  banner “Daftar Vaksinasi”. Setelah mengisi NIK dan nama lengkap, pilih “Periksa”. Kemudian, klik “Daftar Ulang Vaksinasi Kedua” pada bagian bawah layar. Baru setelah itu, kamu bisa memilih jadwal dan lokasi vaksinasi serta melengkapi informasi data diri yang diperlukan. Di langkah akhir, jangan lupa untuk mengisi pre-screening dan mencetak kartu kendali, ya. Nah, mudah bukan?

Sama-Sama Menuju Jakarta yang Lebih Sehat

Vaksinasi Covid-19 merupakan langkah penting yang harus dilalui agar pandemi ini segera usai. Semakin banyak yang divaksinasi secara penuh dengan dua dosis vaksin, maka akan kian cepat kita mencapai kekebalan kelompok (herd immunity). Kita akan makin sehat dan terlindungi dari ancaman Covid-19. Kini kita sedang sama-sama berjuang untuk hal tersebut, maka jaga diri dan lingkunganmu dengan vaksinasi serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat sampai pandemi ini usai ya!

Vaksinasi Covid-19

Bagikan :


Penulis

Siti Sarah S.

A content writer for Jakarta Smart City who loves engaging in meaningful works that makes a good impact for society even in a simple and subtle way. She is also a linguistics enthusiast and an avid reader who loves prose and poetry. Say hi to her on Twitter and IG: @sarafizaa or email to sitisarahs.11c@gmail.com

Artikel Terkait

Apakah Ibu Hamil atau Menyusui Boleh Vaksinasi Booster?

24 Februari 2022

Begini Cara Teknologi Machine Learning CLM Bekerja

28 Juli 2020

Perhatikan Aturan PPKM Ini Selama Ramadan dan Libur Lebaran

03 Mei 2021

Rangkuman Solusi untuk Kendala Vaksinasi Booster Covid-19

03 Februari 2022

Lebih Aman Berwisata di Jakarta dengan Jejak

03 Juni 2021