LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Inilah Peraturan PPKM Terbaru di Jakarta

Inilah Peraturan PPKM Terbaru di Jakarta

Teresa Simorangkir

08 Oktober 2021

Peraturan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di Jakarta terus berubah mengikuti perkembangan kasus Covid-19. Bila kasus konsisten menurun, maka peraturan akan dilonggarkan, begitu pun sebaliknya. Di dalam peraturan PPKM terbaru (Keputusan Gubernur Nomor 1182 Tahun 2021), Jakarta masih berada dalam PPKM Level 3. Walau masih berada di level yang sama, terdapat beberapa penyesuaian yang berlaku pada 5-18 Oktober. Simak poin-poin apa saja yang berubah lewat artikel ini.

Pembukaan Pusat Kebugaran dengan Kapasitas Maksimal 25%

Dalam peraturan PPKM terbaru, kini pusat kebugaran atau fitness center sudah boleh dibuka dengan kapasitas maksimal 25%. Jam operasional dibatasi hanya sampai pukul 21.00 WIB. Sebelum masuk ruangan, jangan lupa check-in lewat fitur Safe Entrance by PeduliLindungi di aplikasi JAKI ya, Smartcitizen!

Pembukaan Kios Makanan dan Minuman di Bioskop

Sebelumnya, bioskop memang sudah diizinkan untuk beroperasi dengan kapasitas maksimal 50%, tapi tanpa menyediakan kios makanan dan minuman. Nah, dalam peraturan PPKM kali ini, kios makanan di bioskop boleh beroperasi dengan kapasitas maksimal 50% serta waktu makan maksimal 60 menit.

Gunakan Fitur Safe Entrance di JAKI Saat Beraktivitas di Ruang Publik

Ketika beraktivitas di ruang publik, kini kamu wajib check-in dan check-out terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan sebagai langkah contact tracing, bila suatu saat ditemukan kasus Covid-19 di lokasi terkait. Safe Entrance juga memungkinkan kamu untuk melihat jumlah pengunjung serta total kapasitas ruang publik yang diizinkan, sehingga kamu bisa menghindari lokasi-lokasi ramai untuk mencegah penularan Covid-19. Safe Entrance tersedia di aplikasi JAKI yang bisa diakses dengan langkah berikut:

  1. Buka aplikasi JAKI, pilih ‘Pindai untuk masuk/keluar tempat’.

  2. Masukkan nama lengkap dan NIK, lalu pilih periksa.

  3. Konfirmasi data diri.

  4. Scan QR Code yang ada di lokasi, lalu pilih masuk.

  5. Kamu akan melihat warna pada status, usai mengakses fitur Safe Entrance di area tersebut.

[Bagaimana Sistem Safe Entrance by PeduliLindungi di JAKI Bekerja?]


Pembaruan peraturan PPKM ini tentu membuat kita merasa lega. Konsistensi kita menjalankan protokol kesehatan akan membuahkan hasil yang baik, seperti penurunan kasus Covid-19. Selain taat prokes, pandemi ini juga harus kita lawan lewat vaksinasi. Ajak dan bantu orang-orang di sekitarmu untuk vaksinasi. Jangan lupa daftar vaksinasi lewat JAKI untuk proses pendaftaran yang lebih ringkas. Yuk, unduh JAKI di Play Store dan App Store!


Jakarta Tanggap Covid-19

Bagikan :


Penulis

Teresa Simorangkir

A writer and a lifelong learner.

Artikel Terkait

Contact Tracing dan Check-Point Monitoring: Apa dan Bagaimana Cara Kerjanya?

25 September 2020

Mengupas Fitur Baru corona.jakarta.go.id: Visualisasi Data

09 Mei 2020

Alasan Mengapa Harus Ikut Vaksinasi Covid-19

11 Maret 2021

Hal yang Sering Ditanyakan Seputar CLM

01 Agustus 2020

Jakarta Tarik Rem Darurat: Kenapa PSBB Dilaksanakan Kembali?

18 September 2020