LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Kelebihan Daftar Vaksinasi Covid-19 Lewat JAKI

Kelebihan Daftar Vaksinasi Covid-19 Lewat JAKI

Mike Nafizahni

18 Juni 2021

Sejak pertama kali kabar vaksinasi 18 tahun ke atas diumumkan oleh Pemprov DKI Jakarta, antusiasme masyarakat semakin meningkat hingga hari ini. Tapi, tahukah kamu? Selain datang langsung ke lokasi vaksinasi, kamu juga bisa daftar vaksinasi lewat aplikasi JAKI (Jakarta Kini), lho! Super-app Jakarta yang serba bisa ini memang tidak mau ketinggalan untuk siap siaga membantu warga Jakarta. Lalu, apa saja kelebihan mendaftar vaksinasi lewat JAKI? Simak melalui pembahasan di bawah ini, ya.

Mudah dan Gampang Diakses

Sudah tahu, kan, kalau aplikasi JAKI bisa diakses di mana saja dan kapan saja? Berkat fitur Vaksinasi Covid-19, kamu bisa mendaftar vaksinasi Covid-19 di rumah, di kantor, atau di mana saja menyesuaikan dengan waktu senggangmu. Proses pendaftaran juga jadi lebih gampang dengan instruksi yang mudah dipahami. Cukup melalui aplikasi JAKI, tanpa perlu memakan banyak waktu.

Tentukan Sendiri Lokasi Vaksinasi

Lokasi vaksinasi yang jauh bisa jadi kendala, mulai dari harus menyediakan waktu khusus untuk mendatangi fasilitas kesehatan, hingga harus menghindari risiko transmisi Covid-19 selama di perjalanan. Kelebihan lain yang didapat jika mendaftar vaksinasi di JAKI, kamu bisa memilih sendiri lokasi vaksinasi terdekat, menyesuaikan dengan tempat tinggal maupun tempatmu bekerja.

Sesuaikan Jadwal di Tengah Kesibukan

Selain bisa menentukan lokasi vaksinasi, kamu juga bisa menentukan jadwal vaksinasi sesuai dengan waktu yang kamu miliki. Jika sudah mendapatkan jadwal pasti, kamu bisa datang langsung sesuai jadwal dan tidak perlu lagi menunggu antrean yang terlalu lama di fasilitas kesehatan. Tentunya, jadi hemat waktu dan mencegah risiko transmisi Covid-19 di lokasi vaksinasi.

Isi Data Diri dari Rumah

Kemudahan lain yang didapat dengan mendaftar melalui JAKI, yaitu kamu bisa mengisi data diri dari rumah sebelum pergi ke lokasi vaksinasi. Proses pengisian pun bisa jadi lebih nyaman, karena tidak terbatas waktu dan dapat dilakukan kapan saja. Setibanya di lokasi vaksinasi, kamu hanya perlu menunggu, tanpa harus mengisi data diri yang terlalu banyak. Selain itu, jika banyak warga yang mendaftar melalui JAKI, tentu akan mencegah penumpukan di lokasi vaksinasi.

Bisa Cek Status Vaksinasi

Selain mendaftar vaksinasi, fitur Vaksinasi Covid-19 juga bisa mengecek jadwal hingga mengecek status vaksinasimu, lho. Cara pengecekannya cukup mudah, hanya perlu memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta nama sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP). Setelah itu, akan muncul informasi status vaksinasi pemilik NIK. Kamu juga bisa membantu pengecekan status vaksinasi keluargamu melalui fitur ini.

[Ini Arti Status Jadwal Vaksinasi Kamu di JAKI]

Bantu Pemprov DKI Jakarta Mendata Lebih Rinci

Mendaftar vaksinasi lewat aplikasi JAKI memang memberikan banyak kemudahan. Selain bagi kita, mendaftar melalui JAKI juga memberikan kemudahan bagi Pemprov DKI Jakarta untuk mendata lebih rinci masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama maupun dosis kedua. Dengan begitu, pemerintah dapat menentukan strategi selanjutnya untuk mencapai herd immunity dan mengakhiri pandemi ini bersama-sama.

Untuk mendaftar vaksinasi Covid-19 melalui aplikasi JAKI, kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store maupun App Store. Jika sudah mendaftar, jangan lupa siapkan KTP Jakarta ketika ingin melakukan vaksinasi. Bagi warga KTP non-Jakarta, kamu bisa menyiapkan Surat Keterangan Domisili Jakarta dari RT tempatmu tinggal, maupun Surat Keterangan Bekerja di Jakarta dari tempat kerja. Satu lagi yang tidak kalah penting, selalu terapkan protokol kesehatan termasuk selama berada di lokasi vaksinasi, ya.

Vaksinasi Covid-19

Bagikan :


Penulis

Mike Nafizahni

Menulis segala hal yang berkaitan dengan hiruk pikuk Ibu Kota. Pegiat dan penikmat karya sastra lulusan Universitas Negeri Jakarta. Saat ini menjadi bagian dari Jakarta Smart City sebagai tim Content Writer.

Artikel Terkait

Panggil Ambulans dengan Sekali Sentuhan Lewat JakAmbulans

18 Agustus 2021

Tren Kasus Covid-19 di Jakarta Selama Pekan Awal Februari 2022

11 Februari 2022

Lihat Informasi Bantuan Sosial Tahap 2 Jakarta di Sini

22 Mei 2020

Info Terkini Program Vaksinasi di Jakarta

13 Agustus 2021

Ruang Publik di Jakarta yang Mewajibkan Sertifikat Vaksinasi

23 Agustus 2021