LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > KSBB UMKM: Bantu UMKM Jakarta Bersama Jakpreneur

KSBB UMKM: Bantu UMKM Jakarta Bersama Jakpreneur

Mike Nafizahni

27 Mei 2021

Sejak awal pandemi Covid-19 sampai saat ini, sejumlah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kerap diterpa berbagai rintangan. Mulai dari persoalan finansial,  pengurangan kapasitas karena pembatasan sosial, hingga pemenuhan standar higienitas yang sangat tinggi. Para pelaku usaha tersebut membutuhkan uluran tangan untuk dapat terus bertahan di tengah pandemi. Di Jakarta ada 2.700 UMKM yang membutuhkan modal usaha dan 485 UMKM yang membutuhkan pelatihan untuk mengembangkan usahanya. Melihat data tersebut, maka Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) UMKM berkomitmen untuk terus membantu para pelaku usaha, salah satunya dengan berkolaborasi bersama Jakpreneur.

Manfaat KSBB UMKM

Dengan KSBB UMKM, para dermawan dapat lebih mudah menentukan jumlah maupun jenis bantuan, serta kepada siapa bantuan tersebut akan diberikan.  Dengan demikian, setiap bantuan yang disediakan akan lebih tepat sasaran dan berdaya guna. Proses pemberian bantuan juga jadi lebih mudah berkat situs corona.jakarta.go.id. Pada situs tersebut, kita dapat mengetahui apa saja bantuan yang dibutuhkan pelaku usaha, melihat data persebaran UMKM di wilayah Jakarta sekaligus data UMKM yang membutuhkan, serta mendaftar untuk menjadi donatur KSBB UMKM.

Selain menampung bantuan dari para filantropi dan menyalurkannya kepada pelaku usaha yang membutuhkan, upaya lain yang dilakukan KSBB UMKM adalah mengembangkan UMKM secara terpadu melalui kolaborasi bersama Jakpreneur. Pelaku usaha yang telah menjadi anggota Jakpreneur akan mendapat kesempatan  mengembangkan usahanya melalui program-program Jakpreneur, mulai dari pelatihan, pendampingan, perizinan, pemasaran, pelaporan keuangan, hingga fasilitas pemodalan.

Agar program-program yang diadakan memberikan kemudahan bagi anggotanya, Jakpreneur telah berkolaborasi dengan berbagai start-up hingga lembaga pemerintahan. Kolaborator dari start-up seperti Gojek, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Grab, bersedia memberikan dukungan dalam bentuk pelatihan hingga platform untuk memasarkan produk. Sedangkan kolaborator dari lembaga pemerintah seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI), Bank Indonesia, serta Bank DKI, memberikan dukungan dalam bentuk pelatihan, pembinaan, hingga akses pemodalan untuk UMKM. 

[KSBB UMKM: Bantu Usaha Kecil di Jakarta Kala Pandemi]

Cara Mendapatkan Bantuan KSBB UMKM

Kamu bisa mendapatkan bantuan KSBB UMKM dengan bergabung menjadi anggota Jakpreneur. Syarat untuk menjadi anggota Jakpreneur bagi wirausaha pemula, yaitu memiliki KTP DKI Jakarta serta surat pernyataan rencana membuka usaha (dapat berupa pernyataan secara daring melalui aplikasi Jakpreneur). Sementara untuk wirausaha lanjutan, syaratnya adalah memiliki KTP DKI Jakarta, bukti kepemilikan usaha, serta surat pernyataan rencana mengembangkan usaha (dapat berupa pernyataan secara daring melalui aplikasi Jakpreneur).

Selain bagi pemegang KTP DKI Jakarta, keanggotaan Jakpreneur juga terbuka buat kamu yang tidak memiliki KTP DKI Jakarta. Syaratnya, telah berdomisili dan beraktivitas di Jakarta selama dua tahun atau lebih yang bisa dibuktikan dengan surat keterangan dari lurah, serta mendapat fasilitas kegiatan yang berkolaborasi dengan lembaga atau pihak lainnya. Jika semua persyaratan terpenuhi, kamu bisa melanjutkan proses pendaftaran dengan mengunjungi jakpreneur.jakarta.go.id.

Berikut cara mendaftar melalui situs web Jakpreneur:

  • Pada beranda Jakpreneur, pilih menu Daftar;

  • Lengkapi form registrasi bagi pemilik KTP DKI Jakarta maupun pemilik KTP non-DKI Jakarta (bagi pemilik KTP non-DKI Jakarta akan muncul tambahan data dan berkas yang harus diunggah);

  • Tunggu pendaftaran divalidasi. Jika sudah, kamu akan menerima email balasan yang berisi user akses untuk login;

  • Buka kembali situs jakpreneur.jakarta.go.id, klik menu Masuk;

  • Setelah login, pada form pendaftaran peserta silakan pilih harapan bergabung dan lengkapi setiap form yang dipilih;

  • Pilih pelatihan yang kamu inginkan, kemudian tekan OK;

  • Jika sudah memilih pelatihan, beri centang pernyataan, kemudian klik Simpan;

  • Lakukan pemberkasan sesuai jadwal dan lokasi yang telah ditentukan;

  • Jika sudah, ikuti pelatihan sesuai jadwal yang sudah ditentukan;

  • Tunggu verifikasi hasil pelatihan. Jika sudah, ikuti tahap selanjutnya sesuai kebutuhan.

Selain melalui situs web Jakpreneur, kamu juga bisa mendaftar melalui fitur usaha bareng Jakpreneur di aplikasi JAKI yang bisa diunduh di Google Play Store maupun App Store.

[Cara Berkontribusi Sebagai Kolaborator dalam Program KSBB UMKM]

Setiap program yang diberikan oleh Jakpreneur adalah hasil kolaborasi bersama para kolaborator yang telah disebutkan sebelumnya. Kamu juga bisa mendukung program pengembangan UMKM dengan menjadi kolaborator program KSBB UMKM. Perlu diketahui, pemberian bantuan melalui KSBB UMKM tidak memiliki jumlah minimal. Berapapun donasi yang kamu berikan akan sangat membantu para penggerak ekonomi di ibu kota.

KSBB UMKM

Bagikan :


Penulis

Mike Nafizahni

Menulis segala hal yang berkaitan dengan hiruk pikuk Ibu Kota. Pegiat dan penikmat karya sastra lulusan Universitas Negeri Jakarta. Saat ini menjadi bagian dari Jakarta Smart City sebagai tim Content Writer.

Artikel Terkait

Tips Tetap Patuh Protokol Kesehatan selama Ramadan

21 April 2021

Jakarta Kembali Ke PPKM Level 2, Berikut Aturannya

10 Desember 2021

Tata Cara Mengurus SIKM Wilayah Jakarta

10 Mei 2021

Panduan Vaksinasi Booster Covid-19 di Jakarta

21 Januari 2022

Melatih Mindfulness di Tengah Pandemi

04 Maret 2022