LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Melihat Dasbor Jadwal Mobil Vaksin Keliling dan Sentra Mini Vaksinasi

Melihat Dasbor Jadwal Mobil Vaksin Keliling dan Sentra Mini Vaksinasi

Mike Nafizahni

20 Agustus 2021

Demi meningkatkan angka capaian vaksinasi di Jakarta, mobil vaksin keliling dan sentra mini vaksinasi menawarkan akses vaksinasi yang lebih mudah kepada masyarakat. Jika ingin memanfaatkan layanan ini, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui, seperti cara membaca Dasbor Jadwal Mobil Vaksin Keliling dan Sentra Mini Vaksinasi. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini, ya!

Mobil Vaksin Keliling dan Sentra Mini Vaksinasi

Adanya mobil vaksin keliling dan sentra mini vaksinasi merupakan hasil kolaborasi Pemprov DKI Jakarta bersama beberapa pihak eksternal. Mobil vaksin keliling beroperasi dari pagi hingga sore hari, mengunjungi lokasi-lokasi dengan tingkat capaian vaksinasi yang masih relatif rendah di Jakarta. Begitu juga dengan sentra mini vaksinasi. Bedanya, sentra mini vaksinasi berbentuk sentra mini yang diadakan bersama kolaborator dengan kapasitas yang tidak terlalu banyak. Untuk memanfaatkan kedua layanan ini, kamu bisa mendaftar langsung melalui JAKI.

Jenis Mobil Vaksin Keliling yang Beroperasi

Saat ini, ada tiga jenis mobil vaksin keliling yang beroperasi di Jakarta. Mobil Vaksin Keliling Wilayah, Mobil Vaksin Keliling Tempat Ibadah, dan Mobil Vaksin Keliling Sekolah. Ketiganya dibedakan berdasarkan wilayah operasi. Mobil Vaksin Keliling Wilayah beroperasi di wilayah-wilayah kelurahan di Jakarta. Sementara Mobil Vaksin Keliling Tempat Ibadah beroperasi di tempat-tempat ibadah, seperti masjid dan gereja. Sedangkan Mobil Vaksin Keliling Sekolah beroperasi di sekolah-sekolah.

Jadwal Mobil Vaksin Keliling dan Sentra Mini Vaksinasi

Dalam sehari, ada banyak mobil vaksin keliling dan sentra mini vaksinasi yang beroperasi di Jakarta. Tentu, jadwalnya berbeda-beda di setiap lokasi. Nah, jika ingin mengetahui semua jadwal tersebut, kamu bisa memanfaatkan Dasbor Jadwal Mobil Vaksin Keliling dan Sentra Mini Vaksinasi. Untuk melihatnya, kamu dapat mengunjungi corona.jakarta.go.id, lalu klik menu “Vaksinasi”, kemudian pilih “Jadwal Mobil Vaksin Keliling”. Ada banyak informasi jadwal yang bisa kamu pilih, di antaranya Jadwal Sentra Mini Vaksinasi, Jadwal Mobil Vaksin Keliling Sekolah, Jadwal Mobil Vaksin Keliling Wilayah, serta Jadwal Mobil Vaksin Keliling Tempat Ibadah.

Untuk mencari jadwal yang lebih spesifik, kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di dalam dasbor. Misalnya, jika kamu ingin mencari jadwal Sentra Mini Vaksinasi pada tanggal tertentu, kamu bisa menggunakan fitur Tanggal dengan memberi centang di tanggal yang ingin kamu lihat. Begitu pula jika ingin melihat jadwal tertentu berdasarkan kota, lokasi vaksin, kelurahan, kecamatan, hingga kolaborator. Hal ini juga berlaku pada jadwal Mobil Vaksin Keliling. Jadwal yang ada di dasbor diperbarui tiap 15–30 menit sekali oleh Biro Kerja Sama Daerah Provinsi DKI Jakarta yang mendapatkan informasi langsung dari para kolaborator.

Perhatikan Ketentuan yang Berlaku

Selain jadwal operasional, Dasbor Jadwal Mobil Vaksin Keliling dan Sentra Mini Vaksinasi juga menyisipkan informasi jenis vaksin yang tersedia beserta ketentuan yang perlu jadi perhatian. Misalnya, untuk Mobil Vaksin Keliling Sekolah pada tanggal tertentu, hanya menyediakan vaksin Sinovac dosis 2 untuk ibu hamil dan anak usia 12 tahun ke atas, serta vaksin AstraZeneca untuk usia 18 tahun ke atas. Jadi, selain jadwal, kamu harus memperhatikan pula apakah ketentuan yang berlaku di lokasi vaksinasi sudah sesuai atau belum. Ketentuan-ketentuan tersebut dapat kamu lihat di bagian bawah tabel tiap jadwal vaksinasi.

Kolaborator yang Terlibat

Selain kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta dan para tenaga kesehatan, keberadaan Mobil Vaksin Keliling dan Sentra Mini Vaksinasi juga tidak terlepas dari kolaborasi yang terjalin bersama berbagai pihak. Di Dasbor Jadwal Mobil Vaksin Keliling dan Sentra Mini Vaksinasi, kamu bisa melihat siapa saja kolaborator yang ikut bergabung untuk mengantarkan vaksin lebih dekat lagi kepada masyarakat.

Untuk mendapatkan notifikasi Mobil Vaksin Keliling dan Sentra Mini Vaksinasi, kamu dapat mengunduh JAKI melalui Google Play Store maupun App Store. Jangan lupa ajak kerabat dekatmu untuk segera melakukan vaksinasi dosis 1 maupun dosis 2, agar pandemi dapat segera berakhir.

Vaksinasi Covid-19

Bagikan :


Penulis

Mike Nafizahni

Menulis segala hal yang berkaitan dengan hiruk pikuk Ibu Kota. Pegiat dan penikmat karya sastra lulusan Universitas Negeri Jakarta. Saat ini menjadi bagian dari Jakarta Smart City sebagai tim Content Writer.

Artikel Terkait

Tanggap Corona: Dinkes DKI Jakarta Punya Posko Covid-19 di Command Center

16 Maret 2020

Tanya Vaksinasi? Cek Chatbot Baru di JAKI

13 Oktober 2021

Membedah Dasbor Statistik Covid-19 Jakarta

09 Agustus 2021

Status Pendaftaran Vaksinasi yang Perlu Kamu Tahu

20 September 2021

Membandingkan Tingkat Perlindungan Vaksin Primer dan Booster

04 Maret 2022