LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Siapkan Ini Sebelum Naik Transportasi Umum Selama PPKM Level 3

Siapkan Ini Sebelum Naik Transportasi Umum Selama PPKM Level 3

Teresa Simorangkir

09 September 2021

Adakah Smartcitizen yang sudah kembali berkegiatan di Jakarta? Sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 pada akhir Agustus 2021, warga Jakarta dan sekitarnya mulai kembali berkomuter untuk bekerja atau sekolah. Sejumlah regulasi diterapkan di tengah kondisi ini, contohnya penumpang transportasi umum sebanyak 50% dari kapasitas normal, serta sertifikat vaksinasi yang wajib ditunjukkan saat menggunakan transportasi umum. Selain membawa sertifikat vaksinasi, kamu sudah tahu belum, apa saja yang harus kamu siapkan sebelum naik transportasi di Jakarta?

Status Vaksinasi Digital di Aplikasi JAKI

Status vaksinasi digital JAKI

Selain sertifikat vaksinasi, status vaksinasi yang tersedia di aplikasi JAKI juga valid lho, untuk digunakan sebelum naik transportasi umum! Hal ini sesuai dengan Keputusan Gubernur №1055 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3. Transjakarta dan MRT mewajibkan penumpang armadanya untuk menunjukkan sertifikat vaksin minimal dosis satu, baik dalam bentuk digital maupun cetak. Nah, daripada ribet harus cetak sertifikat vaksinasi, tunjukkan saja status vaksinasi kamu di aplikasi JAKI. Kalau belum punya aplikasinya, download dulu lewat Play Store atau App Store.

[Akses Ruang Publik di Jakarta dengan Status Vaksinasi Digital]

Jadwal Operasional Tiap Transportasi Publik

Nah, ini enggak kalah penting untuk diperhatikan, Smartcitizen! Selama PPKM Level 3, transportasi publik di Jakarta menyesuaikan jam operasional. Contohnya Transjakarta, beroperasi pukul 05.00–21.30 WIB. Sedangkan LRT, jam operasionalnya pukul 05.30–21.30 WIB dengan jarak waktu keberangkatan 10 menit. Supaya tak terlambat ke tempat tujuan, cari tahu terlebih dahulu informasi jam operasional transportasi yang kamu pilih lewat website atau akun media sosial resmi.

Masker dan Hand Sanitizer

Dua barang ini pasti sudah jadi penghuni tetap tas kamu. Sebelum keluar rumah, pastikan keduanya masih cukup untuk melindungimu selama berkegiatan di luar, supaya enggak panik karena tiba-tiba kehabisan!

[Tips Aman Naik Transportasi Umum di Jakarta]

Walau peraturan mulai longgar, protokol kesehatan harus tetap ketat ya, Smartcitizen. Ajak orang-orang terdekatmu untuk ikut vaksinasi dan daftar lewat aplikasi JAKI.

Vaksinasi Covid-19

Bagikan :


Penulis

Teresa Simorangkir

A writer and a lifelong learner.

Artikel Terkait

Siapkan Ini Sebelum Naik Transportasi Umum Selama PPKM Level 3

09 September 2021

Mengenal Vaksin Moderna Lebih Dekat

26 Agustus 2021

Tiga Program Bantuan Pemprov DKI Jakarta Selama Pandemi Covid-19

30 Agustus 2020

Peraturan Terbaru PPKM Level 1 di Jakarta

12 November 2021

Kebijakan Vaksinasi di Jakarta untuk Warga KTP Non-DKI

21 Oktober 2021