LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Tiga Program Bantuan Pemprov DKI Jakarta Selama Pandemi Covid-19

Tiga Program Bantuan Pemprov DKI Jakarta Selama Pandemi Covid-19

Mike Nafizahni

30 Agustus 2020

Pandemi Covid-19 membawa banyak perubahan bagi kita. Salah satunya, budaya saling membantu yang kembali mencuat. Pemprov DKI Jakarta menyadari pentingnya bahu-membahu dalam menghadapi pandemi ini. Oleh karena itu, tiga program bantuan dibuat untuk membantu warga terdampak Covid-19 di Jakarta.

Bansos PSBB: Bantu Keluarga yang Membutuhkan

Bantuan Sosial Pembatasan Sosial Berskala Besar atau Bansos PSBB merupakan program bantuan dari Pemprov DKI Jakarta kepada keluarga rentan terdampak Covid-19 di Jakarta. Bantuan ini disalurkan selama masa PSBB dengan sumber dana yang berasal dari APBD DKI Jakarta dan Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Bantuan yang diberikan berupa paket sembako senilai Rp275.000,00 per paket. Berisi 2 karung beras (5 kg per karung), 4 kaleng sarden (155 gram per kaleng), 1 kaleng biskuit, 2 bungkus minyak goreng  (0,9 liter per bungkus), 1 kantong kecap (520 ml), tepung terigu (1 kg), 2 bungkus bihun (320 gram per bungkus), dan 1 batang sabun mandi.

Hingga 6 Agustus 2020, Bansos PSBB telah disalurkan kepada 2,4 juta Kepala Keluarga (KK) di Jakarta dan akan terus bertambah hingga penghujung 2020. Kamu bisa menemukan informasi lengkap mengenai Bansos PSBB, mengecek apakah kamu termasuk penerimanya, atau memantau proses distribusinya melalui Platform Bantuan Sosial PSBB.

Program KSBB Pangan: dari Masyarakat untuk Masyarakat

Berbeda dengan Bansos PSBB, program Kolaborasi Sosial Berskala Besar Pangan atau KSBB Pangan merupakan sebuah platform yang difasilitasi oleh Pemprov DKI Jakarta untuk membantu sesama. Bantuan yang diberikan melalui program KSBB Pangan bersumber dari masyarakat untuk diberikan kepada masyarakat. Sasarannya adalah yayasan atau komunitas yang membutuhkan bantuan, seperti RW prioritas, pesantren, panti asuhan, panti jompo, panti disabilitas, dan lokasi prioritas lainnya.

Kamu bisa menjadi kolaborator program KSBB Pangan dengan memberikan bantuan melalui mitra penyalur resmi KSBB Pangan, yaitu Palang Merah Indonesia, Baznas DKI Jakarta, Yayasan Rumah Zakat, Aksi Cepat Tanggap, Human Initiative, serta Yayasan Dompet Dhuafa Republika. Jika ingin memberikan bantuan secara langsung, kamu bisa mengunjungi Platform KSBB Pangan untuk menentukan lokasi penyaluran bantuan serta memilih paket bantuan.

Paket bantuan yang disediakan terdiri dari:

  • Paket Siap Saji senilai Rp45.000,00 per orang;

  • Paket Sembako senilai Rp200.000,00 per KK/minggu;

  • Paket Lebaran senilai Rp85.000,00 sebanyak 1 kali;

  • Paket THR senilai Rp50.000,00 per orang sebanyak 1 kali.

Hingga 17 Juli 2020, lebih dari 350.000 paket sembako telah didistribusikan melalui program KSBB Pangan. Kamu bisa menemukan informasi mengenai KSBB Pangan, mengecek apakah kamu termasuk penerima bantuan, atau bergabung menjadi kolaborator melalui Platform KSBB Pangan.

[KSBB: Bantuan dari Masyarakat untuk Masyarakat]

Program KSBB UMKM: Bantu Pelaku Penggerak Ekonomi Ibu Kota

Jika KSBB Pangan ditujukan bagi warga terdampak Covid-19, KSBB UMKM dikhususkan  untuk membantu pelaku usaha kecil dan menengah di Jakarta.

Ada tiga alternatif paket referensi pada program KSBB UMKM:

  • Paket Sarana Prasarana

Terdiri dari paket UMKM Pangan senilai Rp200.000,00 per UMKM, berupa sarana penunjang seperti masker, face shield, apron, dan sebagainya. Selain itu, Paket Hawker Center senilai Rp5.000.000,00 per lokasi, berupa prasarana penunjang seperti wastafel portabel, tempat sampah besar, disinfektan beserta alat semprotnya, dan lain-lain.

  • Paket Pinjaman Modal

Berupa uang tunai sebagai pinjaman modal yang terdiri dari Paket 1 senilai Rp5.000.000,00 per usaha, Paket 2 senilai Rp7.500.000,00 per usaha, dan Paket 3 senilai Rp10.000.000,00 per usaha.

  • Paket Pelatihan

Berupa pelatihan hard skill dan soft skill seputar wirausaha. Pelatihan hard skill seperti Pelatihan Fashion/Kerajinan Kreatif senilai Rp5.800.000,00 per 40 peserta (sudah termasuk narasumber dan bahan peraga), atau pelatihan hard skill lainnya. Sementara pelatihan soft skill seperti motivasi kewirausahaan, strategi pemasaran, pengelolaan keuangan, dan branding senilai Rp5.000.000,00 per 40 peserta.

Kamu bisa menemukan informasi lengkap mengenai KSBB UMKM melalui situs corona.jakarta.go.id. Kamu juga bisa memberikan bantuan dan membangkitkan ekonomi kerakyatan di Jakarta melalui Platform KSBB UMKM. Jika kamu wirausahawan yang membutuhkan bantuan KSBB UMKM, daftarkan usahamu ke Jakpreneur melalui situs Jakpreneur.

[KSBB UMKM: Bantu Usaha Kecil di Jakarta Kala Pandemi]

Kita tidak bisa melewati pandemi ini seorang diri. Oleh karena itu, bahu-membahu dalam membantu sesama adalah kunci. Berikan bantuanmu dengan mendukung, memantau, atau menjadi kolaborator program bantuan yang disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta. Sehingga setiap bantuan yang diberikan dapat tepat sasaran dan berdaya guna bagi mereka yang membutuhkan.

Jakarta Tanggap Covid-19
Bantuan Sosial PSBB

Bagikan :


Penulis

Mike Nafizahni

Menulis segala hal yang berkaitan dengan hiruk pikuk Ibu Kota. Pegiat dan penikmat karya sastra lulusan Universitas Negeri Jakarta. Saat ini menjadi bagian dari Jakarta Smart City sebagai tim Content Writer.

Artikel Terkait

5 Fakta Mobil Vaksin Keliling di Jakarta

23 Juli 2021

Mengenal Vaksin Moderna Lebih Dekat

26 Agustus 2021

5 Kegiatan Seru Selama Lebaran di Rumah

11 Mei 2021

Kiat-Kiat Mengurangi Sampah pada Masa Pandemi

12 Maret 2021

Sehari Bersama JAKI: Teman Aktivitas di Jakarta Kala Pandemi

25 Juni 2020