LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Tips Aman Rekreasi di Jakarta Saat Pandemi

Tips Aman Rekreasi di Jakarta Saat Pandemi

Amira Sofa

21 Mei 2021

Smartcitizen, sudah berapa kali kamu bepergian ke tempat umum selama pandemi? Memang, saat ini hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk memutus rantai penularan Covid-19 adalah dengan berada di rumah saja. Namun, tak bisa dipungkiri, bahwa saat ini, roda perekonomian sudah kembali berputar dan sebagian masyarakat mulai bekerja serta berkegiatan di luar rumah.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun sudah membuka kembali sejumlah tempat umum beberapa waktu lalu. Meskipun ada baiknya untuk kita tetap berada di rumah, barangkali ada sebagian dari Smartcitizen yang ingin sejenak berekreasi untuk meringankan beban pikiran setelah setahun lamanya lebih banyak  berada di rumah. Tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, ya.

Nah, untuk kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata di Jakarta selama masa pandemi, ada rekomendasi dari para ahli nih terkait pemilihan tempat rekreasi yang aman dan aspek lainnya yang harus diperhatikan selama berwisata. Yuk, baca penjelasannya!

Rekreasi Aman pada Masa Pandemi 

Tempat rekreasi outdoor dengan ruang gerak yang luas seperti taman, playground, atau tempat camping mungkin menjadi pilihan Smartcitizen untuk bersantai dan melepas penat. Selain itu, tempat rekreasi outdoor bisa jadi pilihan tepat di masa pandemi karena sirkulasi udaranya yang lancar mampu mengurangi potensi penyebaran virus Corona. Ada beberapa kriteria taman, playground, maupun tempat camping yang bisa kamu pilih untuk berekreasi selama masa pandemi.

1. Taman

Pilihlah taman yang dekat dengan rumahmu. Tempat yang jauh dari rumah memerlukan perjalanan yang jauh dan lama pula. Dalam perjalanan seperti ini, ada kemungkinan kamu akan beristirahat di rest area serta bersentuhan dengan benda-benda tidak steril maupun orang asing. Karena itu, lebih baik pilih taman yang dekat dengan rumah untuk mengurangi kemungkinan terinfeksi virus Covid-19.

Penting juga untuk kamu memilih taman yang tak terlalu ramai agar kamu bisa menjaga jarak. Menjaga jarak sejauh dua meter sebaiknya kamu lakukan selama berekreasi, karena kamu bertemu dengan orang-orang yang tidak tinggal serumah denganmu. Selain itu, jangan lupa untuk selalu memakai masker. Masker wajib digunakan bila bukan anak di bawah usia dua tahun, tidak memiliki kesulitan bernapas, dan mampu melepas masker sendiri tanpa bantuan orang lain.

Selama berada di taman, mungkin kamu pun akan makan atau pergi ke toilet. Biasakanlah untuk mencuci tangan dengan air dan sabun selama minimal 20 detik sebelum makan, setelah bersin maupun batuk. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan hand sanitizer jika memang tidak ada air di sekitarmu. Tapi, ingat ya, gunakan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60% alkohol.

2. Tempat Bermain

Foto: cdc.gov



Kalau kamu bepergian bersama anak kecil, playground atau tempat bermain mungkin ada dalam daftar destinasi rekreasimu. Sebab, di playground, anak-anak dapat bermain dengan bebas. Namun, pada masa pandemi seperti ini, aktivitas di playground harus diiringi dengan aturan ketat. Kamu pun sebagai orang dewasa sebaiknya membantu anak-anak agar mematuhi protokol kesehatan.

Sebenarnya, sama seperti jika berkunjung ke taman, kamu perlu menjaga jarak sejauh dua meter dengan orang yang tak serumah denganmu, memakai masker, serta mencuci tangan dengan air dan sabun atau memakai hand sanitizer selama bermain di playground. Hanya saja, sebagai tambahan, anak-anak perlu diingatkan dan dipantau agar tidak berkontak fisik dengan teman mainnya, tidak memegang wajah setelah menyentuh peralatan umum, serta selalu mencuci tangan setelah bermain.

3. Tempat camping 

Foto: kompas.com



Jika kamu ingin sedikit ke luar kota untuk berkemah, usahakan untuk berkemah dengan orang-orang yang serumah denganmu saja. Barangkali di tempat camping, kamu pun akan menemui keluarga lain yang sedang berkemah. Jagalah jarak dua meter dari mereka. Tapi, jika kamu harus berkemah dengan orang yang tak serumah, sebaiknya kamu tidur di tenda berbeda yang berjarak dua meter dan hindari menggunakan barang-barang yang sama, termasuk makanan serta minuman.

Untuk menjaga higienitas tempat camping, kamu pun perlu membawa perkakas dan alat kesehatan sendiri, seperti hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60% alkohol serta disinfektan. Karena di tempat camping kamu mungkin akan berbagi kamar mandi dengan orang lain, jangan lupa untuk menyemprotkan disinfektan pada permukaan yang belum tentu steril, seperti gagang pintu dan gagang shower. Setelah menggunakan fasilitas umum, jangan lupa juga untuk cuci tanganmu, ya.

Hal-hal Lain yang Perlu Diperhatikan di Tempat Umum


Selain pemilihan tempat, ada hal-hal lain pula yang harus kamu perhatikan saat berekreasi di tengah pandemi.

1. Orang-orang yang Berkontak denganmu

Virus Covid-19 dapat menular dari kontak yang erat dan intens dengan orang lain. Oleh sebab itu, selama berwisata, kamu dianjurkan untuk hanya berkontak dengan orang yang serumah denganmu saja ataupun orang-orang yang sudah mendapatkan dua dosis vaksin Covid-19. 

2. Transportasi

Jika kamu melakukan perjalanan darat, pilihlah destinasi yang dekat dengan rumah, agar tak perlu beristirahat di rest area dan memperbesar kemungkinan tertular virus. Begitu pula dengan perjalanan udara. Ada baiknya untuk memilih destinasi yang tidak perlu transit serta tak membutuhkan waktu terbang lama. 

3. Akomodasi 

Kamu bisa menyewa rumah atau cabin untuk bermalam dengan orang-orang yang serumah denganmu atau orang yang sudah divaksin dua dosis. Hindari menginap di rumah teman, hotel, ataupun guest house yang memungkinkan kamu berbagi ruang dan fasilitas bersama orang lain.

4. Makanan

Ada baiknya untuk kamu dan keluargamu membawa makanan serta minuman dari rumah. Jika ingin membeli makanan restoran, kamu bisa membawanya pulang agar tak perlu makan di ruang yang sama dengan pengunjung lain. Kamu juga bisa memilih restoran dengan sistem drive-thru agar tak perlu turun dari mobil untuk memesan makanan. Tapi, jangan lupa untuk selalu pakai masker ketika berinteraksi dengan pelayan restoran, ya. 

Itu tadi tips memilih destinasi rekreasi di Jakarta beserta hal-hal yang harus kamu perhatikan ketika berekreasi. Sebagai pengingat buatmu, pandemi Covid-19 belum berakhir. Kita masih harus mengurangi mobilitas dan lebih baik tidak pergi ke luar rumah jika tak perlu. Namun, tips di atas bisa membantu kamu yang memang ingin berekreasi bersama keluarga, agar dapat berkegiatan lebih aman dengan mematuhi protokol kesehatan.

Buat kamu yang menemukan pelanggaran protokol kesehatan di tempat umum, kamu bisa banget melaporkannya melalui JAKI. Tak perlu ragu, sebab JAKI punya fitur sembunyikan laporan yang membuat kamu melapor secara anonim. Belum punya aplikasinya? Tenang! Kamu bisa download JAKI melalui Google Play Store dan App Store. Semoga dengan kemudahan untuk melapor pelanggaran protokol kesehatan dan adanya aturan ketat selama berekreasi di Jakarta, pandemi bisa cepat berakhir. Amin.

Warga Jakarta

Bagikan :


Penulis

Amira Sofa

Seorang penulis lulusan Sastra Inggris dari Universitas Padjadjaran. Menggemari musik, puisi, film, dan isu sosial dan kesehatan mental. Saat ini, bergabung dengan tim Jakarta Smart City sebagai Content Writer.

Artikel Terkait

Hal-hal yang Dilakukan Setelah Vaksinasi Covid-19

17 Maret 2021

Rangkuman Solusi untuk Kendala Vaksinasi Booster Covid-19

03 Februari 2022

KSBB UMKM: Bantu UMKM Jakarta Bersama Jakpreneur

27 Mei 2021

Rangkuman Solusi untuk Kendala Pendaftaran Vaksinasi

29 November 2021

Mencegah Klaster Keluarga Pasca Libur Panjang

20 Mei 2021