LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0811 1211 2112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Waspada Klaster Keluarga, Ini Tips Praktis Biar Rumah Tetap Aman

Waspada Klaster Keluarga, Ini Tips Praktis Biar Rumah Tetap Aman

Teresa Simorangkir

11 Mei 2021

Idulfitri tanpa keramaian bersama keluarga besar bukan berarti Lebaran kita tidak bermakna. Di tengah pandemi Covid-19, mencegah klaster keluarga tentu menjadi hal yang kita inginkan saat menyongsong hari kemenangan. Rasa khawatir pasti akan muncul, karena wujud virus ini yang tak kasat mata. Sebagai warga yang cerdas, kita harus tetap awas menjaga diri sendiri dan keluarga supaya terhindar dari klaster keluarga. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini tips simpel untuk mencegah klaster keluarga yang bisa Smartcitizen aplikasikan saat hari raya. Simak, yuk!

Wajib Cuci Tangan atau Menggunakan Hand Sanitizer dan Memakai Masker

Masker dan hand sanitizer adalah kunci! Kedua benda ini harus selalu ada dalam jangkauan, baik saat kamu bertamu ke rumah saudara maupun sebaliknya ya, Smartcitizen. Ketika menggunakan masker, pastikan kita dan keluarga sudah menggunakan masker dengan benar, yaitu dengan menutupi mulut dan hidung. Selain itu, akan lebih baik apabila akses menuju tempat cuci tangan dipermudah. Jangan lupa sediakan sabun cuci tangan dan air yang mengalir.

Tidak Bersalaman dan Bersentuhan

Tangan berpotensi menjadi sumber penyakit. Makanya, demi mencegah klaster keluarga, sangat tidak disarankan bersentuhan atau berjabat tangan ketika Lebaran nanti. Selama silaturahmi, pastikan juga untuk menjaga jarak minimal 1,5 meter. Tenang, walaupun tidak bisa melakukan kontak fisik, esensi silaturahmi kita tidak akan berkurang, kok.

Membungkus Kue Lebaran yang Bisa Dibawa Pulang

Kue-kue kering menjadi makanan yang senantiasa menghiasi meja di ruang tamu saat Lebaran. Hampir tidak mungkin rasanya berlebaran tanpa kehadiran kue kering, teman sempurna untuk menemani obrolan bersama keluarga. Berhubung kita masih harus menjaga jarak satu sama lain, maka akan lebih bijak untuk menyediakan kue Lebaran yang sudah dibungkus cantik untuk dibawa pulang sanak saudara. Jika selama ini kue Lebaranmu hanya disajikan di meja ruang tamu, kali ini kamu bisa sekalian upgrade skill membuat bingkisan kue Lebaran yang cantik!

Terima Tamu di Luar Rumah

Jika rumahmu memiliki halaman atau taman yang luas, kamu bisa mendekorasinya sedemikian rupa agar bisa menerima tamu dengan aman. Situasi di luar ruangan dengan udara alami bisa menjadi pilihan ideal untuk mencegah klaster keluarga. Seperti yang kita tahu, virus lebih mudah menyebar di ruangan yang sirkulasi udaranya tidak baik. Oleh karena itu, usahakan menerima tamu atau bertamu di luar rumah saja. Tetap ingat untuk terus menerapkan protokol kesehatan dan jangan berlama-lama, ya.

Perhatikan Waktu Kunjungan

Tak jarang kita jadi lupa waktu saat melepas rindu bersama yang tersayang. Namun, dengan keadaan pandemi seperti ini, salah satu cara terbaik untuk menjaga diri kita adalah dengan membatasi waktu pertemuan. Yang penting kita telah melihat wajah bahagia keluarga dan sudah menyampaikan niat silaturahmi kita.

Berkomunikasi dengan Keluarga Lewat Video Call

Teknologi membuat segalanya lebih mudah. Silaturahmi virtual menjadi alternatif sempurna untuk kita yang tidak mudik. Kita tetap bisa mengikat tali persaudaraan dengan kerabat yang jauh rumahnya lewat video call. Berkomunikasi dengan cara ini pun menjadi pilihan minim risiko dalam menyebarkan klaster keluarga. Kita bisa bertukar cerita secara leluasa tanpa dirundung rasa cemas.

[Catat Poin-poin Penting Selama Masa Peniadaan Mudik]

Itulah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk merayakan Idulfitri dengan aman untuk mencegah klaster keluarga. Meskipun dilakukan dengan terbatas, semoga kegembiraan kita tak berbatas, ya! Selamat menyambut Lebaran, Smartcitizen!

Tips

Bagikan :


Penulis

Teresa Simorangkir

A writer and a lifelong learner.

Artikel Terkait

Keamanan Covid-19 di Perkantoran: Cara Mencegah Penyebaran Virus Antar Karyawan

03 September 2020

Strategi Dinkes DKI Memutus Rantai Pandemi Covid-19

09 Juli 2020

Tiga Program Bantuan Pemprov DKI Jakarta Selama Pandemi Covid-19

30 Agustus 2020

Tangani Kasus Covid-19 di Jakarta dengan Testing, Tracing, dan Fencing

05 Agustus 2020

Daftar Vaksinasi Covid-19 Lebih Gampang dengan JAKI

20 Mei 2021