LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Cara Cari Lokasi Vaksin Booster di Jakarta

Cara Cari Lokasi Vaksin Booster di Jakarta

Teresa Simorangkir

08 Februari 2022

Sejak minggu lalu, pendaftaran vaksin booster sudah bisa Smartcitizen lakukan lewat aplikasi JAKI. Tapi, kamu mungkin masih bertanya: kapan dan di mana saja vaksin booster tersedia? Tenang, lokasi dan jadwal vaksinasi booster di Jakarta bisa kamu pantau lewat situs corona.jakarta.go.id! Yuk, simak cara mencari lokasi dan jadwal vaksin booster lewat artikel berikut!

Pastikan Sudah Memenuhi Syarat Vaksinasi Booster

Menurut Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/252/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Lanjutan, untuk mendapat vaksin booster, seseorang harus memenuhi syarat berikut:

  1. menunjukkan NIK dengan membawa KTP atau Kartu Keluarga;
  2. berusia 18 tahun ke atas;
  3. sudah mendapatkan vaksin primer lengkap minimal 6 bulan sebelumnya.

Selain itu, vaksin booster diberikan dengan memprioritaskan warga lanjut usia dan penderita masalah kekebalan tubuh (immunocompromised).

Mencari Jadwal dan Lokasi Vaksin Booster

Jadwal dan lokasi vaksin booster bisa Smartcitizen temukan lewat corona.jakarta.go.id/id/kuota-vaksinasi-jaki. Sementara itu, untuk pendaftaran vaksin booster dapat dilakukan lewat aplikasi JAKI dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Lalu, bagaimana cara mencari jadwal dan lokasi vaksinasi booster sesuai keinginan? Inilah langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi corona.jakarta.go.id/id/kuota-vaksinasi-jaki.
  2. Gulir hingga kamu menemukan ‘Detail Data Lokasi Vaksinasi’. Di bagian ini, kamu bisa menyortir fasilitas kesehatan yang menyediakan vaksin berdasarkan lokasi vaksinasi, tanggal vaksinasi, serta dosis.
3. Untuk melihat fasilitas kesehatan yang menyediakan vaksin booster, klik pada bagian ‘Dosis’, dan centang ‘Ketiga’. Kamu akan melihat sederet fasilitas kesehatan yang menyediakan vaksin booster.

4. Kemudian, untuk mengecek lokasi vaksinasi, klik pada tombol ‘Nama Lokasi Vaksinasi’. Daftar yang tertera adalah lokasi-lokasi yang melayani vaksinasi booster. Bila kamu hanya ingin melihat satu lokasi, misalnya The Kasablanka, pilih tombol ‘Only’.

5. Ingin melihat pelayanan vaksin booster berdasarkan tanggal? Cukup klik ‘Tanggal Vaksinasi’ dan klik ‘Only’ pada tanggal yang ingin kamu lihat. Contoh, kamu ingin vaksinasi di The Kasablanka pada 3 Februari 2022, maka jadwal yang terlihat adalah sebagai berikut:

6. Saat mengecek jadwal dan lokasi vaksinasi booster, perhatikan juga sisa kuota yang ada. Bila sisa kuota sudah 0, maka kamu harus memilih jadwal atau lokasi yang lain saat hendak mendaftar melalui JAKI. Nah, kalau kuota vaksin masih tersedia di lokasi dan jadwal yang kamu inginkan, segera lakukan daftar ulang lewat JAKI supaya segera terjadwal di lokasi vaksinasi yang kamu inginkan, ya.

Apa Jenis Vaksin Booster yang Digunakan?

Mengutip Kementerian Kesehatan, masyarakat yang mendapat dosis primer (dosis pertama dan dosis kedua) Sinovac, maka diberikan vaksin AstraZeneca (separuh dosis, 0,25 ml), atau vaksin Pfizer (separuh dosis, 0,15 ml). Jika kamu mendapat dosis primer AstraZeneca, maka kamu akan diberikan vaksin Moderna (separuh dosis, 0,25 ml), atau vaksin Pfizer (separuh dosis, 0,15 ml), atau vaksin AstraZeneca (dosis penuh, 0,5 ml).

Baca juga: Panduan Vaksinasi Booster Covid-19 di Jakarta

Seperti itulah cara mencari jadwal dan lokasi vaksinasi booster di Jakarta. Yuk, cek aplikasi JAKI kamu sekarang dan segera lakukan daftar ulang vaksinasi booster bila sudah memenuhi kriteria. Kalau belum punya JAKI, unduh aplikasinya secara gratis lewat Play Store atau App Store. Ajak pula teman serta kerabat untuk mendaftar vaksinasi booster lewat JAKI agar lebih gampang. Terakhir, meski sudah vaksin booster, kita harus tetap disiplin menjalankan 6M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, menghindari makan dan minum bersama) untuk memutus penyebaran virus Corona. Semangat!

Vaksinasi Covid-19
JAKI

Bagikan :


Penulis

Teresa Simorangkir

A writer and a lifelong learner.

Artikel Terkait

Akses Ruang Publik di Jakarta dengan Status Vaksinasi Digital

19 Agustus 2021

Sehari Bersama Petugas Ambulans Gawat Darurat DKI Jakarta

20 Agustus 2021

Jakarta Wakili Indonesia di Ajang IDC Awards 2022

25 Maret 2022

Tips Tetap Patuh Protokol Kesehatan selama Ramadan

21 April 2021

Info Penting Tentang Vaksinasi Covid-19 Jakarta

15 Maret 2021