LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0811 1211 2112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Cara Cek Jadwal Vaksinasi Covid-19 di JAKI

Cara Cek Jadwal Vaksinasi Covid-19 di JAKI

Ary Chynthia Y

15 Maret 2021

Proses vaksinasi di Jakarta sudah berjalan sejak 15 Januari 2021 lalu. Pelaksanaannya dibagi menjadi  empat tahapan berdasarkan skala prioritas penerima vaksin Covid-19. Tiap penerima vaksin akan mendapatkan dua kali suntikan. Selang waktu antara pemberian suntikan vaksin dosis pertama dengan suntikan dosis kedua adalah 14 hari. Meskipun demikian, masih banyak masyarakat yang belum tahu apakah mereka sudah terdaftar sebagai penerima vaksin atau belum.

Tidak perlu khawatir, sekarang kamu bisa cek dan pilih jadwal vaksinasi lewat menu vaksinasi di situs web corona.jakarta.go.id atau melalui super-app Jakarta Kini (JAKI). Dengan menu dan fitur baru ini, kamu bisa melihat apakah nama kamu sudah terdaftar untuk suntik imunisasi vaksin Covid-19 atau belum. Selain itu, kamu juga bisa cek jadwal vaksinasi di unit pelayanan kesehatan terdekat. 

Siapa Saja Penerima Vaksinasi?

Dengan mempertimbangkan ketersediaan dan waktu kedatangan vaksin, pelaksanaan vaksinasi dibagi menjadi beberapa tahap. Saat ini, Jakarta sudah memasuki tahap kedua atau yang dikhususkan untuk kelompok lansia dan golongan prioritas, seperti petugas pelayanan publik. Perlu diperhatikan juga bahwa ada beberapa kelompok yang tidak boleh disuntik vaksin Covid-19, salah satunya bagi orang yang memiliki penyakit penyerta yang tidak terkontrol seperti diabetes atau hipertensi.

[Info Penting Tentang Vaksinasi Covid-19 Jakarta]

Cara Cek Jadwal Vaksinasi Kamu

Cara untuk melihat apakah kamu sudah terdaftar sebagai calon penerima vaksinasi Covid-19 sangat mudah. Begini caranya:

1. Unduh JAKI lewat Google Play Store atau App Store di gawaimu.
2. Buka aplikasi JAKI.
3. Kemudian pilih banner cek jadwal vaksinasi Covid-19.
4. Masukkan NIK dan nama lengkap kamu. Setelah itu, klik Periksa.


5. Jika nama kamu masih belum terdaftar pada tahap ini, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa langsung hubungi RT di lingkungan setempat untuk informasi lebih lanjut. Silakan tunggu tahap berikutnya dan cek informasinya secara berkala. 

 

Jika kamu sudah terdaftar, maka akan muncul jadwal dan tempat pelaksanaan vaksinasi. Kemudian, kamu harus melalui menjawab pertanyaan kesehatan dengan cara klik Mulai Pre-Screening. Jangan lupa cantumkan nomor telepon agar petugas kesehatan dapat menghubungimu terkait jadwal vaksinasi.

6. Dalam proses pre-screening ini, kamu akan diberikan beberapa pertanyaan untuk mempercepat proses antrean di lokasi vaksinasi.

7. Setelah kamu selesai menjawab, kamu bisa meninjau kembali jawaban-jawaban yang kamu berikan sebelum dikirim. Kemudian, klik Kirim Jawaban Pre-screening untuk mengirim jawaban kamu.

8. Jika sudah, kamu dapat melihat jadwal dan tempat pelaksanaan vaksinasi. Jangan lupa untuk screenshot kode QR untuk ditunjukkan kepada petugas vaksinasi pada hari pelaksanaan.

Informasi Vaksinasi Terkini di JAKI

Aplikasi JAKI selalu menyediakan informasi-informasi terbaru terkait pandemi Covid-19, termasuk pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat DKI Jakarta. Fitur yang baru diluncurkan ini diharapkan dapat melayani masyarakat agar bisa divaksinasi secepat mungkin. Meskipun sudah mendapatkan vaksinasi, jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan dan melakukan 3M: Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga Jarak. Demi memutus rantai penyebaran Covid-19, warga Jakarta siap untuk vaksinasi!

Tunggu apa lagi? Ayo unduh JAKI dan cek nama kamu di daftar penerima vaksin sekarang!

Featured

Bagikan :


Penulis

Ary Chynthia Y

Ary Chynthia is a Content Writer in Jakarta Smart City. She loves reading and has an interest in learning languages. She likes to express her emotions through her writings.

Artikel Terkait

Selalu Siaga Pandemi COVID-19 bersama JAKI

07 April 2020

Tiga Program Bantuan Pemprov DKI Jakarta Selama Pandemi Covid-19

30 Agustus 2020

Sepuluh Hoaks Seputar Covid-19 yang Perlu Kamu Ketahui

11 September 2020

Cara Cek Jadwal Vaksinasi Covid-19 di JAKI

15 Maret 2021

Hal yang Sering Ditanyakan Seputar CLM

01 Agustus 2020