LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Yuk, Kenalan dengan Vaksin Pfizer!

Yuk, Kenalan dengan Vaksin Pfizer!

Siti Sarah S.

27 Agustus 2021

Perjuangan melawan pandemi belum usai. Kita masih terus berupaya mengurangi penyebaran virus Covid-19 sampai sekarang. Selain mematuhi protokol kesehatan dan melacak kasus Covid-19, usaha yang sangat efektif pada masa pandemi adalah vaksinasi Covid-19.

Seperti sudah kita ketahui, vaksinasi di Jakarta telah berlangsung secara bertahap sejak awal 2021. Kini, vaksin yang diberikan semakin bervariasi, agar warga kian terlindungi. Setelah Sinovac, AstraZeneca, dan Moderna, sekarang vaksin Pfizer pun tersedia.

Apa Itu Vaksin Pfizer?

Vaksin Pfizer merupakan merupakan vaksin Covid-19 berbasis mRNA (messenger RNA) yang diproduksi perusahaan bioteknologi Jerman, BioNTech, dengan perusahaan farmasi Amerika Serikat, Pfizer.

Berbeda dengan Sinovac yang dikembangkan dari virus yang dilemahkan (inactivated viruses), platform mRNA bekerja dengan mengajari sel tubuh cara membuat protein untuk memicu respons imun yang akan menghasilkan antibodi. Antibodi inilah yang akan melindungi tubuh dari infeksi virus SARS-CoV-2. Meski berbasis teknologi genetik, kamu tidak perlu khawatir, karena vaksin ini tidak akan mempengaruhi DNA manusia dengan cara apapun.

Untuk penyimpanannya, vaksin Pfizer memerlukan ultra-low temperature, yakni minus 90 sampai minus 60 derajat Celcius. Vaksin ini diberikan dengan cara injeksi sebanyak 2 (dua) dosis, dengan interval dosis 1 ke 2 adalah 21 hari.

Aman dan Ampuh

Vaksin Pfizer telah disetujui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan sudah mendapatkan WHO EUL (Emergency Use Listing) sejak Desember 2020. Di Indonesia, vaksin ini juga telah mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Vaksin ini sudah pula melewati proses quality control dari BioFarma dan BPOM, sebelum digunakan.

Efikasi vaksin Pfizer mencapai 95% terhadap varian awal virus SARS-Cov-2, dan bahkan tetap efektif melawan varian Covid-19 lain. Dalam sebuah kajian yang diterbitkan di The New England Journal of Medicine (NEJM), vaksin Pfizer efektif menghadapi varian Alpha dan Beta serta mencegah keparahan yang ditimbulkan infeksi virus kedua varian hingga 97,4%. Kajian lain yang diterbitkan PHE (Public Health England) Publishing pun menunjukkan, vaksin ini menurunkan risiko dirawat di rumah sakit karena varian Delta.

Terkait keamanan dan efikasi vaksin Pfizer, BPOM telah mengkajinya bersama Tim Ahli Komite Nasional Penilai Vaksin COVID-19 dan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI). Penilaian yang mengacu pada pedoman evaluasi mutu vaksin secara internasional ini menunjukkan bahwa Pfizer telah memenuhi standar persyaratan mutu vaksin.

Efek Samping

Sejumlah hasil uji klinis menghasilkan efek samping berupa Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang ditimbulkan vaksin Pfizer di antaranya nyeri pada tempat suntikan, kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, menggigil, nyeri sendi, serta demam. Reaksi tersebut cenderung ringan dan biasa terjadi pasca-imunisasi jenis vaksin lain pada umumnya.

Pemantauan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dilakukan sesuai dengan Surat Edaran Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Nomor 48/SE/2021 tentang Antisipasi Kejadian Pasca Vaksinasi Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta. Jadi kamu tidak perlu khawatir ya, Smartcitizen.

Negara Lain yang Menggunakan Vaksin Pfizer

Uni Emirat Arab dan Inggris merupakan negara yang telah berhasil menggunakan vaksin Pfizer untuk meredam penularan pandemi Covid-19. Sebagai negara pertama yang menerima vaksin ini, Inggris masih menyediakan suntikan Pfizer hingga kini. Jumlah warga yang telah divaksin cukup tinggi di negara-negara ini, sehingga tempat-tempat publik sudah dapat diakses oleh warga secara bebas. Di Uni Emirat Arab, rata-rata kasus Covid-19 selama sepekan telah turun dari 3.755 yang merupakan rekor tertinggi pada 30 Januari 2021 ke 1.324,57 pada 20 Mei 2021.

Kelompok Prioritas Penerima Vaksin Pfizer

Vaksin Pfizer di Jakarta dialokasikan untuk masyarakat umum usia 12 tahun ke atas yang belum pernah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis 1 dan 2. Selain itu, untuk penggunaan di Jakarta, vaksin ini hanya diberikan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) ber-KTP DKI Jakarta atau WNI yang berdomisili di DKI Jakarta.

Kelompok prioritas yang dapat menerima vaksin Pfizer adalah ibu hamil, ibu menyusui, sasaran yang memiliki kondisi immunocompromised seperti autoimun, komorbid berat, penyakit kronis, dan gangguan imunologi lain, yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter yang membolehkan vaksinasi.

Bagi yang tidak ber-KTP DKI Jakarta, namun berdomisili di DKI Jakarta, maka kamu memerlukan surat domisili yang dikeluarkan minimal oleh RT setempat dan surat tersebut diarsipkan oleh fasilitas kesehatan penyuntik.

Bagaimana Cara Mendapatkan Vaksin Pfizer di Jakarta

Vaksin Pfizer hanya tersedia di fasilitas kesehatan tertentu saja.Terdapat 16 fasilitas kesehatan di Jakarta yang melayani pemberian vaksin Pfizer, yaitu:

1. Puskesmas Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat.

2. Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

3. RSIA Family, Jakarta Utara.

4. RSUD Tugu Koja, Jakarta Utara.

5. RSPI Puri Indah, Jakarta Barat.

6. RS Prikasih, Jakarta Selatan.

7. Puskesmas Kelurahan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

8. Puskesmas Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan.

9. RSUD Jati Padang, Jakarta Selatan.

10. Puskesmas Kelurahan Pancoran, Jakarta Selatan.

11. UPK Kemenkes Rasuna Said, Jakarta Selatan.

12. BPSDM Kemenkes Hang Jebat, Jakarta Selatan.

13. Puskesmas Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur.

14. RSKD Duren Sawit, Jakarta Timur.

15. RS Tk. IV Kesdam Cijantung, Jakarta Timur.

16. RS Islam Pondok Kopi, Jakarta Timur.

Segera Vaksinasi Untuk Lindungi Diri

Dengan pemberian berbagai jenis vaksin yang semakin masif di Jakarta, sudah saatnya kita bergerak untuk melindungi diri dan orang-orang di sekitar kita dari Covid-19. Kian banyak warga yang divaksinasi, herd immunity atau kekebalan kelompok akan lebih lekas tercapai di Ibu Kota. Yuk, daftarkan dirimu untuk vaksinasi sekarang juga. Agar memudahkanmu, daftar vaksinasi di Jakarta cukup dengan sentuhan jari berkat aplikasi JAKI. Ayo, unduh JAKI di Google Play Store dan Apple App Store.

Vaksinasi Covid-19

Bagikan :


Penulis

Siti Sarah S.

A content writer for Jakarta Smart City who loves engaging in meaningful works that makes a good impact for society even in a simple and subtle way. She is also a linguistics enthusiast and an avid reader who loves prose and poetry. Say hi to her on Twitter and IG: @sarafizaa or email to [email protected]

Artikel Terkait

JSC Talks Vol. 08: Memahami Data Covid-19 di Jakarta

08 Agustus 2020

Mengupas KIPI dan Efek Samping Vaksin Covid-19

25 Juni 2021

 Hal yang Perlu Dilakukan Untuk Mencegah Gelombang Ketiga Covid-19

07 Oktober 2021

Apa Perbedaan PSBB Pertama dan PSBB Kedua?

23 September 2020

Cara Membantu Tetangga yang Terdampak COVID-19

04 Mei 2020