LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0811 1211 2112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Kolaborasi Jakarta Smart City dan Sekolah.mu Membantu Siswa Belajar dari Rumah

Kolaborasi Jakarta Smart City dan Sekolah.mu Membantu Siswa Belajar dari Rumah

Nadhif Seto Sanubari

21 April 2020

Proses pembelajaran merupakan bahan pokok dari masyarakat yang cerdas. Sejak lahir, otak kita terus diasah dan merekam pengetahuan untuk menumbuhkan kemahiran dalam berbagai hal. Selama bertahun-tahun orang-orang bersikeras untuk terus mencari ilmu, walaupun menghadapi masalah atau bencana besar. Proses pembelajaran tak pernah berhenti, bahkan di tengah pandemi dan karantina di dalam rumah, belajar tetap ada jalannya.

[Hal-hal penting selama pelaksanaan PSBB Jakarta]

Pada awal April 2020, Gubernur Anies Baswedan menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk seluruh warga Jakarta. Masyarakat dianjurkan tidak meninggalkan rumah masing-masing, untuk mengurangi risiko penularan COVID-19. Kantor-kantor mengizinkan karyawannya untuk bekerja dari rumah, begitu pun sekolah dan kampus yang mengadakan kelas online. Dalam rangka mendukung berlanjutnya pembelajaran seiring pelaksanaan physical distancing, Pemprov DKI Jakarta melalui Jakarta Smart City beserta Dinas Pendidikan DKI Jakarta, dan sejumlah asosiasi pendidikan lainnya mengadakan kolaborasi besar dengan Sekolah.mu, sistem blended learning berbasis aplikasi.

Apa itu Belajar Tanpa Batas?

Kerja sama ini menghasilkan program Belajar Tanpa Batas. Sesuai dengan judulnya, program ini bertujuan untuk melampaui batas ruang antara guru dan murid yang dianjurkan untuk tetap  di rumah masing-masing. Dengan kontribusi lebih dari seratus sekolah dan guru relawan di Jakarta, Belajar Tanpa Batas ingin menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan produktif untuk guru serta murid. Kurikulum dan topik pembelajaran tersedia secara terbuka serta gratis untuk semua tingkat pendidikan, dari TK hingga SMA. Kelas untuk umum, orang tua, dan karyawan pun disediakan.

[Layanan online persembahan Pemprov DKI Jakarta]

Beragam topik seperti matematika, IPA, serta bahasa Inggris tidak hanya tersedia dalam bentuk tertulis, tapi diadakan juga kelas harian yang di-live stream via YouTube untuk ditonton secara langsung oleh siswa. Setiap kelas live dijadwalkan pada jam tertentu, namun hasil rekaman videonya akan tetap bisa diakses dari kanal YouTube Sekolah.mu, jadi tidak perlu khawatir terlewat. 

Mau Ikut Berkontribusi? 

Sekolah.mu masih mencari guru relawan dan sekolah-sekolah yang ingin berkontribusi dalam program Belajar Tanpa Batas. Kalau kamu tertarik menjadi guru kelas online, kamu bisa hubungi nomor 0856-8402-400 atau 0857-9572-5418. Jika sekolah kamu ingin berkontribusi dengan menyediakan pelajaran dan kurikulum, hubungi nomor 0813-1756-4416 atau kirim email ke [email protected]. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Belajar Tanpa Batas, atau untuk melihat jadwal kelas online, kunjungi website Sekolah.mu di https://www.sekolah.mu/tanpabatas/. Ayo, para pelajar Jakarta butuh bantuanmu, jangan segan-segan untuk berbagi ilmu!

 

Kolaborasi

Bagikan :


Penulis

Nadhif Seto Sanubari

Penulis dan penerjemah alumni Universitas Bina Nusantara, dengan pengalaman internasional di University of Bradford, UK dan Deakin University, Australia.

Artikel Terkait

JakAPD: Sistem Canggih untuk Penegakan Aturan PSBB

22 September 2020

Melihat Pandemi Jakarta Melalui Data

02 Juni 2020

JSC Talks Vol. 08: Memahami Data Covid-19 di Jakarta

08 Agustus 2020

Belajar Bersama Jakarta: Fasilitasi Riset Covid-19 di Jakarta

09 Juli 2020

Tanggap Corona: Dinkes DKI Jakarta Punya Posko Covid-19 di Command Center

16 Maret 2020