LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Jakarta Digital Outlook: Menuju Pusat Ekonomi & Bisnis Global

Jakarta Digital Outlook: Menuju Pusat Ekonomi & Bisnis Global

Amira Sofa

09 Maret 2022

Smartcitizen, sudah tahu kan Undang-undang Ibu Kota Negara (UU IKN) telah disahkan? Berdasarkan peraturan tersebut, nantinya Jakarta tak lagi menjadi ibu kota negara, melainkan pusat ekonomi dan bisnis berskala global yang tetap memiliki status kekhususan. Agar visi baru ini dapat terwujud, dibutuhkan percepatan transformasi digital serta pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi yang terbaru. 


Namun, Jakarta masih memiliki banyak hal yang harus dibenahi, yakni mencakup infrastruktur digital, proses bisnis digital, sarana dan prasarana, kebijakan, tata kelola dan kelembagaan, pendanaan, serta sumber daya manusia. Saat ini pun, Pemprov DKI Jakarta sedang mempersiapkan rancangan undang-undang terkait kekhususan Jakarta selepas tak lagi menjadi ibu kota Indonesia. Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta membuka ruang bagi seluruh pemangku kepentingan untuk memberi masukan, analisis, serta solusi terkait pengembangan ekonomi digital, demi mewujudkan Jakarta sebagai pusat ekonomi dan bisnis berskala global. Salah satunya melalui rangkaian webinar Jakarta Digital Outlook: Pengembangan Ekonomi Digital Menuju Jakarta sebagai Pusat Ekonomi dan Bisnis Berskala Global.

Sekilas Mengenai Jakarta Digital Outlook Seri 1 


Jakarta Digital Outlook terdiri atas 2 seri. Seri pertamanya telah dilaksanakan secara daring pada 17 Februari 2022 lalu dengan tema Transformasi Digital Menuju Jakarta sebagai Pusat Ekonomi dan Bisnis Berskala Global. Seri pertama ini bertujuan untuk mengumpulkan masukan dan pandangan seluruh pemangku kepentingan sebagai dasar perumusan konsep perencanaan transformasi digital kota Jakarta. Dengan ini, diharapkan Pemprov DKI Jakarta dapat menyediakan layanan publik yang lebih baik bagi masyarakat, dalam rangka mempersiapkan Jakarta menuju kota pusat ekonomi dan bisnis berskala global. Adapun pemberi sambutan pada webinar seri tersebut Sigit Wijatmoko, selaku Asisten Pemerintahan Sekda Provinsi DKI Jakarta. Sementara itu, keynote speaker yakni Samuel Abrijani (Direktur Jenderal Aplikasi Informatika dari Kementerian Komunikasi dan Informatika).


Sejumlah narasumber yang berpartisipasi yakni:


  1. Dr. Aswin Sasongko (Wantiknas, Mantan Sekjen dan Direktur Jenderal Aptika Kemenkominfo);

  2. Dr. Cahyana Ahmadjayadi (Pendiri CitiAsia, Mantan Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Depdagri dan Direktur Jenderal Aptika Kemenkominfo);

  3. Prof. Kalamullah Ramli (Universitas Indonesia, Mantan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo);

  4. Dr. Alexander Rusli, PhD (Pendiri DigiAsia, Mantan CEO Indosat, dan Staf Khusus Menkominfo);

  5. Yudhistira Nugraha, Kepala BLUD Jakarta Smart City JSC sebagai moderator. 


Mengingat JDO Seri 1 telah berlalu, Smartcitizen dapat menonton kembali webinarnya melalui YouTube JSC, dan mengakses policy brief yang disiapkan oleh masing-masing narasumber di website dan kanal media sosial Pemprov DKI Jakarta. 

Ayo, Ikuti Jakarta Digital Outlook Seri 2!

Jika Jakarta Digital Outlook seri pertama berfokus pada dasar perumusan konsep perencanaan transformasi digital di Jakarta, maka JDO Seri 2 yang akan digelar 10 Maret 2022 nanti berfokus pada pengumpulan masukan dari para pemangku kepentingan, terkait pengembangan ekonomi digital sebagai bagian penting dari visi Jakarta sebagai pusat ekonomi dan bisnis berskala global. Seri ke-2 ini akan diawali dengan sambutan dari Atika Nur Rahmania, selaku Kadis Kominfotik Provinsi DKI Jakarta dan turut menghadirkan satu keynote speech, yakni Mira Tayyiba (Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia).


Adapun narasumber JDO Seri 2 sebagai berikut:


  1. Aldi Haryopratomo (Board of Advisor Halodoc, Komisaris eFishery, Eks CEO Gopay);

  2. Sri Safitri (Deputy EVP Customer Experience & Digitalisation - Chief Digital Business Office - Telkom Indonesia); 

  3. Adrian A. Gunadi (Co-Founder & CEO Investree)

  4. Italo Gani (Venture Partner East Venture & Managing Partner Impactto);

  5. Yudhistira Nugraha, Kepala BLUD Jakarta Smart City, sebagai moderator. 


Melalui JDO Seri 2, kamu tak hanya bisa mendengar diskusi dari stakeholders, tapi juga bisa memberi pertanyaan langsung kepada narasumber mengenai topik terkait. Seperti Seri 1, setelah webinar, tim penyelenggara juga akan membagikan policy brief yang telah disiapkan oleh masing-masing narasumber, melalui website dan kanal media sosial Pemprov DKI Jakarta. 



Tertarik bergabung dan berpartisipasi dalam diskusinya? Yuk, ikuti Jakarta Digital Outlook Seri 2: Pengembangan Ekonomi Digital Menuju Jakarta sebagai Pusat Ekonomi dan Bisnis Berskala Global. Acara ini akan berlangsung secara daring pada Kamis, 10 Maret 2022, Pukul 09.00-12.00 WIB. Untuk mengikuti webinarnya, Smartcitizen dapat mengunjungi bit.ly/DigitalOutlookSeri2. Sampai jumpa di acaranya, ya! 


Pemanfaatan Teknologi
Warga Jakarta

Bagikan :


Penulis

Amira Sofa

Seorang penulis lulusan Sastra Inggris dari Universitas Padjadjaran. Menggemari musik, puisi, film, dan isu sosial dan kesehatan mental. Saat ini, bergabung dengan tim Jakarta Smart City sebagai Content Writer.

Artikel Terkait

Punya Tampilan Baru, Begini Cara Baca Data di corona.jakarta.go.id

10 Agustus 2020

Fitur-Fitur JAKI Selama Masa Pandemi

28 Juli 2021

Yuk, Kenalan dengan Vaksin Pfizer!

27 Agustus 2021

Cerita Pengalaman Orang Tua Vaksinasi Covid-19 Anak-anaknya

08 April 2022

Daftar Vaksinasi Bisa Langsung Melalui Google Maps

02 Agustus 2021