LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Menjelajahi Menu Vaksinasi Booster Covid-19 di corona.jakarta.go.id

Menjelajahi Menu Vaksinasi Booster Covid-19 di corona.jakarta.go.id

Amira Sofa

18 Februari 2022

Sudahkah kamu divaksin booster Covid-19? Jakarta sudah memasuki fase vaksinasi dosis ketiga (booster) nih, Smartcitizen. Seiring dengan kebutuhan masyarakat untuk divaksin booster, Pemprov DKI Jakarta mulai mengintensifkan penyebaran informasi terkait vaksinasi booster Covid-19. Salah satunya melalui pembaruan menu Vaksinasi di website corona.jakarta.go.id. Lalu, apa saja informasi yang bisa kamu dapatkan dalam menu ini? Mari simak penjelasan berikut.

Pusat Informasi dan Pendaftaran Vaksinasi Booster dan Primer Covid-19 

Pada bagian header website, kamu akan membaca judul Informasi Terpadu Vaksinasi Covid-19 DKI Jakarta. Seperti judul tersebut, laman ini akan memberikan kamu informasi dan layanan yang terintegrasi mengenai Covid-19, dari syarat penerima vaksin Covid-19 hingga kriteria vaksin. 


Secara garis besar, laman ini terbagi dua kategori, yakni Vaksin Booster dan Vaksin Primer. Sebab, meskipun diperlukan informasi intensif terkait vaksinasi booster, Smartcitizen tetap memerlukan informasi terkini tentang vaksinasi primer. Sebagai informasi tambahan, Vaksinasi Booster merujuk kepada vaksinasi dosis 3 atau booster Covid-19 yang dibutuhkan untuk meningkatkan proteksi dari vaksinasi primer dosis 1 dan 2. Sementara, Vaksinasi Primer merupakan vaksinasi dosis 1 dan 2 dengan jenis vaksin yang sama (homolog) dan berfungsi untuk memberikan imunitas tubuh terhadap virus Covid-19 dalam jangka waktu tertentu. 




Untuk melihat informasi terkait Vaksinasi Booster, kamu dapat klik tab Vaksin Booster. Lalu akan muncul beberapa bagian informasi. Di bagian pertama, yakni pengenalan vaksinasi booster, kamu akan mendapat penjelasan tentang mengapa kamu butuh divaksin booster dan apa manfaatnya bagi tubuh. 


Gulir ke bawah sedikit, kamu akan menemukan bagian kedua yang menjelaskan tentang syarat penerima vaksin booster Covid-19. Bagian tersebut juga dilengkapi dengan landasan peraturan bagi pelaksanaan vaksinasi booster Covid-19. Kemudian, di bagian bawahnya, kamu akan menemukan informasi terkait syarat dan kriteria vaksin booster. Melalui informasi di dalam tabel, kamu dapat mengetahui jenis vaksin booster apa yang berpotensi kamu terima berdasarkan jenis vaksin primer kamu. 




Jika kamu gulir lagi ke bagian bawahnya, terdapat informasi cek tiket vaksinasi booster melalui JAKI. Informasi ini dapat berguna buat kamu yang belum mengetahui apakah kamu sudah bisa divaksin booster. Sebab, kamu hanya dapat divaksin booster jika memenuhi syarat penerima vaksin, termasuk memiliki tiket vaksinasi booster yang dapat dicek di JAKI. Nah, ada dua skenario yang kemungkinan akan muncul ketika kamu cek tiket vaksinasi booster melalui JAKI. Kedua skenario tersebut beserta penjelasannya sudah tercantum di bagian menu vaksinasi ini. Jangan terlewat pula untuk membaca catatan di bawah skenario untuk mendapat arahan jika kamu mengalami kendala dalam status vaksinasi. 



Tak hanya mendapatkan informasi, kamu pun bisa langsung mendaftar vaksinasi booster Covid-19 di menu ini. Kamu tinggal gulir ke bawah dan akan menemukan tombol pendaftaran. Jika ingin mendaftar vaksinasi, klik tombol. Setelah itu, kamu akan diarahkan ke laman pendaftaran. Jika sudah pernah mendaftar vaksinasi, kamu dapat mengabaikan tombol dan gulir ke bawah lagi. Sampailah kamu di bagian yang menampilkan video Gubernur DKI Jakarta. Melalui video ini, Pak Anies Baswedan mengimbau masyarakat untuk mendaftar vaksinasi dari rumah melalui JAKI agar lebih aman. 


Kemudian, kamu juga bisa mengetahui informasi tentang efek samping Covid-19 di bagian selanjutnya. Membaca bagian ini tak hanya akan membuat kamu lebih sadar terhadap Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang mungkin dapat dialami setelah divaksin booster Covid-19, tetapi kamu juga bisa mengetahui apa yang harus dilakukan jika mengalami efek samping tertentu, kontak, dan situs pelaporan yang dapat dihubungi. Sangat bermanfaat, bukan? 


Agar kamu bisa lebih terarah dalam menghadapi kendala-kendala yang dapat terjadi saat pendaftaran vaksinasi, di bagian akhir menu juga dilengkapi dengan rubrik pertanyaan yang sering ditanyakan atau FAQ. Solusi yang bisa kamu temukan pada bagian ini meliputi jadwal dan lokasi vaksinasi yang tak tersedia di JAKI, kendala mengunduh hasil pre-screening/kendali atau kartu vaksinasi, dan masih banyak lagi.


Buat kamu yang akan divaksin booster tapi masih ingin mengetahui informasi mengenai vaksinasi primer, atau baru akan divaksin dosis 1 atau 2, kamu dapat mengklik tab Vaksin Primer di awal laman Vaksinasi. Informasi terkait akan muncul, diawali dengan pengenalan vaksin primer dan kegunaannya. Dilanjutkan dengan syarat penerima vaksin primer di bagian bawahnya. Di sini kamu pun bisa melihat sumber peraturan yang mendasari pelaksanaan vaksinasi primer. Terakhir di laman Vaksin Primer, kamu akan menemukan informasi mengenai syarat dan kriteria vaksin primer. Informasi dalam tabel akan membantu kamu untuk mengecek vaksin jenis apa yang aman buat kamu, sesuai dengan usia dan kondisi tertentu seperti kehamilan. Informasi ini akan sangat berguna saat kamu melihat kuota di lokasi vaksinasi, karena melalui laman kuota vaksin website Jakarta Tanggap Covid-19 kamu bisa melakukan filtering berdasarkan kategori jenis vaksin untuk memudahkan pencarian. 


Menu Vaksinasi: Bantu Masyarakat Dapat Info Akurat Vaksin Booster

Pada fase vaksinasi booster seperti sekarang, Smartcitizen memang perlu edukasi mengenai vaksin booster Covid-19, dari manfaat, syarat penerima vaksin, hingga cara mengatasi kendala yang dialami. Namun, ada hal yang tak kalah penting, yakni memperoleh informasi yang akurat dan saintifik. Menu vaksinasi di website Jakarta Tanggap Covid-19 ini dapat menjadi sumber andalan dan terpercaya untuk mencari informasi akurat, sampai mendaftarkan diri untuk vaksinasi, baik booster ataupun primer. Tak sabar menggunakan menu ini? Tenang, sejak 9 Februari 2021, menu Vaksinasi sudah rilis dan dapat kamu akses melalui web dan mobile.


Itu tadi seluk-beluk menu Vaksinasi yang menyediakan kamu informasi mengenai vaksin booster maupun primer Covid-19. Semoga bisa membantu kamu untuk mendapatkan informasi, hingga mendaftarkan diri untuk vaksinasi booster, ya. Jika ingin mendaftar sembari menggunakan fitur Covid-19 terintegrasi lainnya, kamu juga bisa loh mendaftar vaksinasi booster melalui JAKI. Aplikasi JAKI bisa kamu unduh melalui Google Play Store atau Apple App Store secara gratis. Yuk, manfaatkan kemudahan ini untuk melengkapi proteksi imunmu dengan divaksin booster Covid-19!

Vaksinasi Covid-19
Pemanfaatan Teknologi

Bagikan :


Penulis

Amira Sofa

Seorang penulis lulusan Sastra Inggris dari Universitas Padjadjaran. Menggemari musik, puisi, film, dan isu sosial dan kesehatan mental. Saat ini, bergabung dengan tim Jakarta Smart City sebagai Content Writer.

Artikel Terkait

Melapor Lebih Aman di JAKI dengan Fitur Laporan Privat Otomatis

16 Juli 2021

Seluk-beluk Pendaftaran Vaksinasi Dosis 2 Pfizer dan Moderna

22 September 2021

Peta Interaktif untuk Donasi di Platform KSBB

09 Mei 2020

Yang Perlu Kamu Tahu tentang Peraturan Baru PPKM Level 2

27 Oktober 2021

Tangani Kasus Covid-19 di Jakarta dengan Testing, Tracing, dan Fencing

05 Agustus 2020