LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Tanya Vaksinasi? Cek Chatbot Baru di JAKI

Tanya Vaksinasi? Cek Chatbot Baru di JAKI

Syora Alya Eka Putri

13 Oktober 2021

Smartcitizen, pernahkah kamu, saat mencoba mengakses layanan informasi terbaru terkait vaksinasi atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jakarta, kamu menghadapi kendala. Kamu juga terkadang merasa bingung untuk bertanya atau kesulitan mencari tempat yang bisa memberikan informasi tersebut dengan cepat. Nah, tenang saja, karena ada asisten baru bernama JAVA yang dapat membantumu untuk memberikan informasi terkait layanan publik melalui apliaksi JAKI. Lalu, hal apa yang bisa dilakukan oleh asisten baru di JAKI ini?

JAVA, Asisten yang Siap Membantu

JAVA atau Jakarta Virtual Assistant merupakan chatbot yang bisa membantumu untuk menyediakan informasi dan solusi tentang kendala yang kamu temukan selama mengakses layanan masyarakat di Jakarta. Cara mengakses bantuan dari JAVA ini bisa dilihat pada aplikasi JAKI di bagian pojok kanan atas. Setelah mengetuk ikon bergambar headset tersebut, lalu akan muncul tombol “Yuk Ngobrol” untuk bisa mengobrol dengan JAVA. Kemudian, kamu bisa bertanya tentang solusi atas kendala yang kamu temui saat mengakses layanan di Jakarta ataupun mencari informasi terkait program dari Pemprov DKI Jakarta.

JAVA atau Jakarta Virtual Assistant merupakan chatbot yang bisa membantumu untuk menyediakan informasi dan solusi tentang kendala yang kamu temukan selama mengakses layanan masyarakat di Jakarta. Cara mengakses bantuan dari JAVA ini bisa dilihat pada aplikasi JAKI di bagian pojok kanan atas. Setelah mengetuk ikon bergambar headset tersebut, lalu akan muncul tombol “Yuk Ngobrol” untuk bisa mengobrol dengan JAVA. Kemudian, kamu bisa bertanya tentang solusi atas kendala yang kamu temui saat mengakses layanan di Jakarta ataupun mencari informasi terkait program dari Pemprov DKI Jakarta.

Yang Baru dalam JAVA

Sesuai dengan berkembangnya kebutuhan masyarakat, fitur asisten ini mengalami beberapa pembaruan. Tentunya agar para pengguna JAKI bisa mendapatkan layanan yang lebih spesifik dan akurat. Pembaruan yang akan ditemukan saat kamu mengobrol dengan JAVA adalah informasi yang lebih terfokus pada kendala dan informasi mengenai vaksinasi, PPKM, ataupun layanan terkait pajak. Lalu, informasi apa saja yang bisa kamu dapat nanti? Misalnya, jika kamu mengalami kendala seputar vaksinasi seperti kuota vaksinasi, status pendaftaran vaksinasi yang tidak berubah, ataupun tak bisa mengunduh hasil pre-screening, semua itu bisa kamu tanyakan dengan mudah di JAVA. Nanti, JAVA akan memberikan respons cepat serta jawaban yang akurat sehingga kamu bisa mengetahui solusi atas kendala yang kamu alami dan segera mengetahui langkah apa yang bisa kamu lakukan selanjutnya.

Adanya pembaruan ini bisa menjadi alternatif untukmu dalam mendapatkan jawaban yang lebih cepat atas kendala yang kamu hadapi. Kamu nggak perlu lagi kebingungan dalam mencari informasi yang ingin kamu ketahui. Kamu cukup memberi tahu informasi apa yang ingin kamu tanyakan kepada JAVA dan JAVA siap memberikan informasi sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Nah, sekarang kamu sudah tak perlu merasa bingung lagi kala memiliki kendala seputar vaksinasi atau aturan yang berlaku selama masa PPKM di Jakarta. JAVA akan membantumu memberikan setiap jawaban melalui pengalaman digital yang baru di JAKI. Dapatkan aplikasi kebanggaan Jakarta ini via Google Play Store atau App Store.


Pemanfaatan Teknologi

Bagikan :


Penulis

Syora Alya Eka Putri

Seorang content writer di Jakarta Smart City yang sedang menempuh pendidikan Magister Kebijakan Pembangunan Sosial di Universitas Indonesia.

Artikel Terkait

Catatan Penting Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 12-17 Tahun

09 Juli 2021

Arti di Balik Warna Status Vaksinasi di JAKI

14 Juli 2021

Kolaborasi Jakarta dengan Startup Menghadapi COVID-19

06 Mei 2020

Melihat Dasbor Jadwal Mobil Vaksin Keliling dan Sentra Mini Vaksinasi

20 Agustus 2021

Begini Alur Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia

23 Maret 2021