LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0811 1211 2112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Tanggap Corona: Dinkes DKI Jakarta Punya Posko Covid-19 di Command Center

Tanggap Corona: Dinkes DKI Jakarta Punya Posko Covid-19 di Command Center

Aditya Gagat Hanggara

16 Maret 2020

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menerapkan sejumlah langkah untuk menangani pandemi virus corona di ibu kota. Salah satunya dengan kehadiran Posko Tim Tanggap Covid-19 di command center Dinas Kesehatan Jakarta. Selain untuk memantau kondisi dan situasi terkini, posko yang sudah beroperasi sejak 2 Maret ini juga memiliki fungsi untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19.

Di command center ini, tim dari posko Covid-19 berbagi ruangan dan berkolaborasi dengan tim SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu) yang salah satu tugasnya adalah mengirimkan unit AGD (Ambulans Gawat Darurat) ke lokasi pelapor jika dibutuhkan. Agar bisa berjalan optimal, command center dibekali beberapa fasilitas atau perangkat penunjang, apa sajakah itu?

Monitor Raksasa Bantu Pemantauan

Selain perangkat-perangkat standar seperti komputer dan alat komunikasi untuk menerima telepon dari masyarakat, command center juga dilengkapi dengan satu monitor raksasa untuk membantu pemantauan. Monitor tersebut menampilkan beragam informasi, salah satunya adalah status pemantauan Covid-19, baik yang masih berada dalam status ODP (Orang Dalam Pemantauan) maupun PDP (Pasien Dalam Pengawasan). 

Buat informasi kamu nih Smartcitizen, ODP adalah status yang diberikan kepada orang dengan gejala demam atau ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) dan punya riwayat bepergian ke negara terjangkit Covid-19 dalam 14 hari terakhir. ODP juga berlaku untuk orang tanpa gejala yang pernah melakukan kontak dengan orang terkonfirmasi positif Covid-19

Sementara PDP diberikan kepada orang yang mengalami demam atau ISPA dan sudah sampai menunjukkan gejala pneumonia ringan ataupun berat. Data mengenai status ODP dan PDP ini akan diperbarui oleh Dinkes DKI dan dirilis kepada masyarakat setiap satu hari sekali pada jam 6 sore WIB melalui portal resmi pemantauan Covid-19 di Jakarta, corona.jakarta.go.id.

Melihat Posisi Ambulans Melalui GPS

Selain jumlah status pemantauan ODP dan PDP, data GPS dari ambulans yang berpatroli di Jakarta juga ikut ditampilkan secara real-time. Ditambah dengan tayangan langsung kondisi jalanan Jakarta dari kamera CCTV (closed circuit television), data ini memungkinkan petugas untuk merespons lebih cepat jika mendapat panggilan darurat dari masyarakat.

Untuk penanganan pandemi Covid-19, Dinkes DKI sudah menyiapkan satu ambulans khusus dan lima ambulans cadangan sebagai langkah antisipasi. Petugas yang ditugaskan untuk melakukan penjemputan juga dilengkapi dengan pakaian “astronot” atau pakaian APD (Alat Pelindung Diri) untuk mencegah penularan dari pasien yang diduga terjangkit Covid-19

Lampu Tiga Warna di Bilik Petugas

Setiap bilik petugas SPGDT yang ada di command center juga dipasangi lampu tiga warna, merah-kuning-hijau. Tapi ini bukan lampu lalu lintas ya Smartcitizen, melainkan menjadi penanda kegiatan yang sedang dilakukan oleh petugas di bilik tersebut. 

Warna merah berarti petugas meminta bantuan dari dokter jika petugas tersebut menemukan kesulitan dalam menindaklanjuti laporan telepon yang masuk. Selain lampu merah menyala, suara alarm juga akan terdengar untuk menarik perhatian di ruangan. Lampu hijau akan menyala saat petugas sedang melayani telepon dari masyarakat atau ketika sedang melakukan perekapan data. Sementara lampu kuning menjadi tanda bilik sedang kosong, contohnya ketika petugas sedang beristirahat.

Melayani Masyarakat Selama 24 Jam

Posko COVID-19 di command center beroperasi selama 24 jam, dengan pembagian tiga sif yang masing-masing diisi oleh enam petugas. Selain kontak 112 dan 119  Ani Ruspitawati, Penanggung Jawab Posko Covid-19 , mengatakan, masyarakat juga bisa menghubungi nomor posko di 0813-8837-6955 untuk segala kebutuhan informasi mengenai Covid-19 . “Bisa dihubungi lewat telepon dan juga Whatsapp,” terangnya. Simpan nomornya ya Smartcitizen dan nggak usah khawatir kalau misalnya kamu punya pertanyaan meskipun sudah tengah malam. Ayo kita lawan penyebaran virus corona dengan tetap waspada dan menjaga kesehatan!

Layanan Masyarakat
Jakarta Tanggap Covid-19

Bagikan :


Penulis

Aditya Gagat Hanggara

Aditya Gagat adalah lulusan Teknik Informatika dari Binus University yang saat ini menjadi salah satu Content Writer di Jakarta Smart City. Gemar mengamati isu transportasi, olahraga, teknologi dan sains, ia memulai karier Jurnalistik bersama media internasional Motorsport.com pada 2016-2019. Saat ini ia terfokus pada topik kesehatan, khususnya mengenai penanggulangan pandemi Covid-19 di wilayah DKI Jakarta.

Artikel Terkait

Selalu Siaga Pandemi COVID-19 bersama JAKI

07 April 2020

5 Kategori Laporan yang Bisa Dilaporkan melalui JAKI Selama Covid-19

04 Mei 2020

JSC Talks Vol. 3: Mengenal Platform KSBB

20 Mei 2020

Sehari Bersama JAKI: Teman Aktivitas di Jakarta Kala Pandemi

25 Juni 2020

Stigma COVID-19: Apa yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasinya

11 Mei 2020