LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Daftar Vaksinasi Bisa Langsung Melalui Google Maps

Daftar Vaksinasi Bisa Langsung Melalui Google Maps

Siti Sarah S.

02 Agustus 2021

Berbagai inovasi hasil dari kolaborasi antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan berbagai kolaborator terus dilakukan untuk menangani pandemi Covid-19 yang masih belum usai. Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) merupakan salah satu program kolaborasi DKI Jakarta dengan berbagai kolaborator untuk memberikan bantuan pangan bagi warga, bantuan kepada UMKM, Pendidikan, Permukiman, hingga Tenaga Kerja.

Kini, di tengah percepatan vaksinasi Covid-19 untuk melindungi warga DKI Jakarta sesegera mungkin, Pemprov DKI Jakarta, melalui Jakarta Smart City dan Dinas Kesehatan, berkolaborasi dengan Google untuk menghadirkan titik-titik lokasi vaksinasi serta tombol untuk mendaftarkan diri langsung di lokasi vaksinasi. Jakarta merupakan kota pertama di Asia Tenggara yang menyediakan vaccination direct booking dari Google Maps, lho!

Kolaborasi Membanggakan yang Terus Berkembang

Kolaborasi Jakarta Smart City dengan Google kali ini bukanlah kali pertama. Sebelumnya, Jakarta Smart City berkolaborasi dalam menambahkan data jalan besar dan jalan kecil di aplikasi Google Maps. 

Kemudian, ketika vaksinasi Covid-19 digencarkan, Jakarta Smart City dan Google Maps berkolaborasi untuk menghadirkan titik-titik lokasi vaksinasi di Jakarta pada Mei 2021 lalu. Seiring dengan antusiasme warga dan untuk membantu percepatan vaksinasi Covid-19, kolaborasi tersebut dilanjutkan kembali dengan menghadirkan pendaftaran vaksinasi langsung melalui Google Maps atau Vaccination Direct Booking

Bagaimana Cara Mendaftar Vaksinasi Covid-19 melalui Google Maps?

Karena bertujuan untuk memudahkan warga, cara pendaftaran vaksinasi melalui Google sangat gampang. Kamu cukup memasukkan kata kunci “Lokasi Vaksinasi Covid-19” di kolom pencarian Google. Setelah itu, pilih “Lihat semua” yang  kemudian akan menampilkan daftar lokasi vaksinasi lebih lengkap seperti ini:

Pilih lokasi vaksinasi yang kamu inginkan, kemudian akan muncul rinciannya di sebelah kanan seperti pada gambar di atas. Kamu dapat melihat alamat lokasi vaksinasi, jam buka, serta nomor telepon. Yang paling penting, ditampilkan juga bahwa di lokasi vaksin Covid-19 yang kamu pilih perlu janji temu. 

Untuk mendaftarkan diri, pilih “Buat Janji Temu” atau “Book an appointment”. Selanjutnya, kamu akan diarahkan untuk mengisi NIK dan nama lengkap di laman pendaftaran seperti ini:

Selanjutnya, kamu cukup mengikuti langkah-langkah pendaftaran, hingga kamu bisa memilih lokasi dan waktu vaksinasi Covid-19 yang sesuai denganmu. Kamu juga akan diarahkan untuk mengisi formulir pre-screening, yang hasilnya berupa kartu kendali perlu kamu cetak dan bawa bersamaan dengan kartu vaksinasi ke lokasi vaksinasi. 

Jika kamu ingin mengecek kuota vaksinasi yang tersedia, kamu bisa mengakses lewat qrco.de/kuotavaksinjaki.

Kolaborasi dan Inovasi untuk Memajukan Jakarta

Langkah kolaborasi ini merupakan contoh dari penerapan data lokasi vaksinasi yang disediakan oleh Dinas Kesehatan, pengolahan data dan penyediaan platform pendaftaran oleh Jakarta Smart City, serta Google dengan teknologinya yang dapat memunculkan data dan tombol pendaftaran pada Google Maps. 

Hasil kolaborasi ini dapat memudahkan warga yang kebingungan untuk mencari lokasi vaksinasi dan mendaftarkan diri untuk divaksinasi. Semoga hasil kolaborasi ini dapat mendukung percepatan vaksinasi di Jakarta, sehingga kekebalan kelompok (herd immunity) dapat tercapai dan pandemi segera berakhir.


Vaksinasi Covid-19

Bagikan :


Penulis

Siti Sarah S.

A content writer for Jakarta Smart City who loves engaging in meaningful works that makes a good impact for society even in a simple and subtle way. She is also a linguistics enthusiast and an avid reader who loves prose and poetry. Say hi to her on Twitter and IG: @sarafizaa or email to [email protected]

Artikel Terkait

Cara Pendaftaran Vaksinasi Anak 6–11 Tahun Lewat JAKI

28 Desember 2021

Panduan Pengisian JakCLM untuk Siswa

07 Juni 2021

Peraturan Ganjil Genap di Jakarta Selama PPKM

03 November 2021

Masih Perlukah Kamu Mengurus SIKM pada 2021?

10 Mei 2021

Perkembangan Vaksinasi Covid-19 Terbaru di Jakarta

16 Juli 2021