LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0811 1211 2112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Siapkan Hal-hal Ini Sebelum Ramadan Saat Pandemi

Siapkan Hal-hal Ini Sebelum Ramadan Saat Pandemi

Siti Sarah S.

08 April 2021

Bulan Ramadan yang ditunggu-tunggu sudah di depan mata. Berpuasa, berbuka, salat tarawih, makan sahur, serta berzakat merupakan ibadah yang pahalanya berlipat ganda, sehingga Ramadan menjadi momen yang ditunggu-tunggu jutaan muslim di dunia. Meski kita harus kembali merasakan Ramadan di tengah pandemi yang belum kunjung usai, semangat beribadah dan berbagi pada bulan suci ini jangan sampai pudar. 

Ramadan di tengah pandemi membuat kita harus beradaptasi untuk tetap beribadah, sekaligus tidak lengah menjaga diri. Berikut ini hal-hal yang bisa kamu siapkan untuk menjalani bulan Ramadan kala pandemi.

Rohani dan Jasmani yang Sehat

Ramadan bukan hanya momen menahan lapar dan dahaga saja, namun juga bulan di mana kebaikan diganjar pahala berlipat ganda. Ini adalah momen di mana umat Islam berlomba-lomba dalam kebaikan. Karena itu rohani kita harus siap untuk berbagai ibadah seperti salat tarawih, bersedekah, berzakat, dan mengisi hari dengan hal-hal baik. Agar dapat beribadah dengan optimal dan bisa berpuasa dengan baik di tengah pandemi, tentunya fisik kita haruslah sehat. Kita bisa menyiapkan asupan makanan yang bergizi serta tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Selain itu, agar lebih waspada serta berjaga-jaga, kita bisa cek risiko terpapar Covid-19 di JAKI melalui fitur JakCLM dan cek status keamanan di sekitar melalui fitur zonasi. 

Kebutuhan Pangan 

Meski Ramadan bulan berpuasa, kebutuhan pangan untuk sahur dan berbuka tetaplah perlu diperhatikan. Kita harus menyiapkan makanan sehat dan bergizi untuk melewati hari-hari pada bulan Ramadan. Di Jakarta, kita bisa mengecek harga kebutuhan pangan melalui fitur JakPangan di aplikasi JAKI, lho. Dengan ini kamu bisa melihat pasar terdekat dengan lokasimu serta mengetahui harga komoditas pangan di pasar dengan mudah. 

Kebutuhan Finansial

Keuangan merupakan hal yang krusial. Bulan Ramadan dengan berbagai kebutuhan tentunya memerlukan kondisi finansial yang mencukupi. Kita harus siap-siap mengatur keuangan agar bisa memenuhi berbagai kebutuhan pada bulan Ramadan. Di tengah pandemi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga ikut memberikan bantuan sosial untuk warga yang membutuhkan. Pada bulan Ramadan ini, pastikan kita tetap up-to-date dengan perkembangan distribusi bansos di Jakarta dengan cek fitur Informasi Bansos di JAKI.

[Tengok Cara Mudah Cek Penerima BST dengan JAKI]

Saling Jaga untuk Tetap Aman

Di tengah pandemi yang belum usai, imbauan menjaga jarak dan menjauhi kerumunan haruslah tetap dipatuhi agar pandemi ini cepat berakhir. Ramadan kala pandemi seperti sekarang ini belum saatnya kita berdesak-desakan untuk ngabuburit, berbelanja, serta beraktivitas lain yang menimbulkan kerumunan. Lalu bagaimana jika ada kerumunan ketika kita membeli takjil atau berbelanja di pasar? Kita bisa saling menjaga dengan melaporkan kerumunan tersebut melalui fitur JakLapor di JAKI. Kita bisa memotret kerumunan dan mengisi deskripsi yang sesuai, sehingga petugas dapat menindaklanjuti kerumunan itu. Dengan demikian, kita sudah membantu meminimalisasi penyebaran Covid-19. 

Pandemi memang belum pergi, tapi kekhusyukan ibadah kita pada bulan Ramadan semoga tetap ada di hati. Kita mungkin sudah menyiapkan diri untuk berpuasa, bersedekah, serta melakukan berbagai kebaikan lain untuk meraih keberkahan Ramadan. Namun, ingat juga, menjaga diri dan orang lain di tengah pandemi dengan apa yang kita bisa merupakan kebaikan yang tidak ternilai harganya. Yuk, sama-sama saling jaga diri pada bulan Ramadan ini. Unduh JAKI di Google Play Store dan Apple App store.

Tips

Bagikan :


Penulis

Siti Sarah S.

A content writer for Jakarta Smart City, a linguistics enthusiast, also an avid reader who loves prose and poetry. Have a passion for volunteering and connecting with people. Twitter and IG: @sarafizaa.

Artikel Terkait

Inilah Tahapan Vaksinasi Covid-19 di Jakarta

16 Maret 2021

Keamanan Covid-19 di Perkantoran: Cara Mencegah Penyebaran Virus Antar Karyawan

03 September 2020

Ini Arti Status Jadwal Vaksinasi Kamu di JAKI

05 April 2021

Selalu Siaga Pandemi COVID-19 bersama JAKI

07 April 2020

Jakarta X Harvard CLM Team: Kolaborasi Ciptakan Cek Mandiri COVID-19

03 Juni 2020