LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0811 1211 2112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Peta Interaktif untuk Donasi di Platform KSBB

Peta Interaktif untuk Donasi di Platform KSBB

Nadhif Seto Sanubari

09 Mei 2020

Dalam rangka membantu sesama warga Jakarta pada masa pandemi yang sulit ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan gerakan membantu sesama dari masyarakat untuk masyarakat Jakarta dengan menghubungkan pemberi bantuan dan penerima. Melalui program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB), Pemprov DKI Jakarta berperan sebagai fasilitator. Sedangkan donasi bersumber langsung dari masyarakat. Untuk memudahkanmu, para dermawan yang ingin meringankan beban sesama, Pemprov DKI Jakarta merancang sistem berbasis peta digital yang dapat digunakan oleh semua warga untuk menyalurkan bantuan.

Platform KSBB

Platform KSBB dapat diakses dengan mengunjungi situs Jakarta Tanggap COVID-19. Dengan memilih Platform KSBB pada menu Kolaborasi di atas halaman, kamu akan dibawa ke laman berisi peta ibu kota beserta data jumlah total RW rentan dan yayasan penerima bantuan (panti asuhan, panti jompo, panti disabilitas, dan pesantren) di Jakarta.

Cara Menggunakan Peta KSBB

Saat pertama kali membuka Platform KSBB, peta inilah yang akan menarik perhatian kamu. Serpihan-serpihan biru yang menutupi peta tersebut melambangkan semua RW di Jakarta. Lebih gelap warna birunya berarti semakin banyak jumlah kepala keluarga (KK) rentan di wilayah tersebut. Ketika kamu memilih salah satu petak biru, rincian mengenai RW tersebut akan langsung muncul: wilayah, kecamatan, kelurahan, nomor RW, jumlah KK, serta nama Ketua RW. Terakhir dan terpenting, akan muncul tombol biru berlabel “Beri Bantuan” yang nanti akan kita bahas lebih lanjut.

Mencari RW Tujuan

Untuk langsung menuju RW di wilayah tertentu, gunakanlah menu di sebelah kiri peta. Di menu tersebut kamu bisa mempersempit pencarian RW tujuan dengan memilih wilayah, kecamatan, dan kelurahan. Kamu juga bisa memilih kategori RW yang memiliki jumlah KK tertentu, dari yang ditinggali oleh kurang dari 250 KK hingga melebihi 2.500 KK. RW yang disorot oleh peta akan berubah sesuai dengan pilihanmu. Jumlah total RW di samping kanan peta pun akan disesuaikan dengan wilayah yang dipilih. Gunakan tombol kaca pembesar di atas kanan peta untuk melakukan pencarian alamat spesifik.

Mencari Panti atau Pesantren Tujuan

Kalau kamu lebih tertarik berdonasi untuk panti atau pesantren, kamu bisa menekan tombol di atas kanan peta, lalu mencentang kotak yang bertuliskan “Peta Pesantren Sasaran KSBB” atau “Peta Panti Sasaran PSBB”. 

Titik-titik berwarna-warni pun akan bermunculan pada peta. Titik merah muda melambangkan lokasi panti asuhan, titik ungu panti jompo, titik oranye panti disabilitas, dan titik hijau menunjukkan pesantren. Mirip seperti pencarian RW, ketika kamu memilih salah satu titik berwarna, informasi mengenai yayasan tersebut akan muncul. Informasi yang tertera meliputi alamat lokasi panti atau pesantren yang bersangkutan dan jumlah anak/jompo/disabilitas/santri yang berdiam di sana. 

Selain lokasi-lokasi penerima donasi, kamu juga bisa mencentang kotak “Peta Komitmen KSBB” untuk melihat di mana saja pihak-pihak yang sudah berkomitmen untuk berdonasi. Untuk meningkatkan keamanan di kala pandemi, lokasi RW yang termasuk ODP, PDP, atau positif COVID-19 dapat dilihat dengan mencentang kotak yang sesuai. 

Kalau kamu sudah siap memilih RW atau panti penerima donasi, akan muncul tombol biru “Beri Bantuan” yang bisa kamu tekan bila sudah menemukan tujuan donasimu.

Cara Berdonasi dan Jenis-Jenis Paket Bantuan 

Sudah menekan tombol biru? Bagus! Berarti kamu sudah siap berdonasi. kamu akan dibawa ke laman Formulir Komitmen Penyaluran Paket KSBB di mana kamu harus mengisi beberapa data. Lokasi tujuan penyumbangan akan langsung terisi secara otomatis sesuai dengan RW atau yayasan yang telah kamu pilih di peta. Berikutnya, kamu harus memilih jenis paket bantuan yang ingin disumbangkan.

Kamu juga bisa menambahkan isi paket lainnya sesuai keinginan serta mengisi nominal tunai. Setelah memilih paket bantuan, kamu harus memilih jadwal penyaluran bantuan pada menu kalender yang disediakan. Perlu diingat juga bahwa waktu penyaluran bantuan untuk RW adalah 7 hari dan untuk Panti/Pesantren adalah 1 bulan.

Berikutnya, jangan lupa mengisi nama lengkap (dan nama instansi jika berlaku) serta info kontak berupa nomor telepon dan email. Info inilah yang akan digunakan oleh pihak RW atau yayasan bersangkutan untuk menghubungimu  buat mengkoordinasikan teknis penyaluran bantuan. Terakhir, unggah dokumen pendukung seperti Surat Komitmen atau Surat Keterangan yang sudah ditulis. Format dokumen komitmen juga bisa diunduh dari halaman ini. 

Jika semua data telah terisi, kamu hanya perlu menekan tombol “Kirim” dan data donasimu akan masuk. Tunggulah hingga kamu dihubungi oleh pihak penerima bantuan dan diskusikan metode penyaluran paket bantuan. Mudah, kan? Ayo, Smartcitizen, di bulan Ramadan ini marilah kita bahu membahu saling membantu!

Featured

Bagikan :


Penulis

Nadhif Seto Sanubari

Penulis dan penerjemah alumni Universitas Bina Nusantara, dengan pengalaman internasional di University of Bradford, UK dan Deakin University, Australia.

Artikel Terkait

Melihat Aduan Masyarakat Selama Pandemi Lewat Angka dan Data

09 Mei 2020

Cara Berkontribusi Sebagai Kolaborator dalam Program KSBB UMKM

31 Agustus 2020

Jakarta X Nodeflux: Membangun Kota Cerdas Bervisi AI

13 Mei 2020

PSBB Kedua: Tips Memilih Kategori Masalah di JakLapor

27 September 2020

Cara Menjaga Kesehatan Mental di Kala Pandemi

03 Mei 2020