LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel >  Hal yang Perlu Dilakukan Untuk Mencegah Gelombang Ketiga Covid-19

 Hal yang Perlu Dilakukan Untuk Mencegah Gelombang Ketiga Covid-19

Syora Alya Eka Putri

07 Oktober 2021


Di tengah penurunan kasus Covid-19 di Indonesia, muncul kewaspadaan akan datangnya gelombang ketiga (third wave), seperti dialami negara-negara lain semisal Malaysia dan Jepang. Dari pengalaman gelombang kedua lalu, terjadi peningkatan kembali kasus Covid-19 saat aktivitas masyarakat sudah dibuka lagi. Sebagai langkah antisipasi untuk menghadapi kemungkinan munculnya gelombang ketiga, ada tiga hal yang bisa dilakukan. 




Mengikuti Vaksinasi


Langkah pertama untuk mencegah gelombang ketiga Covid-19 yaitu dengan mengoptimalkan program vaksinasi. Dalam Soriano, et.al (2021), vaksinasi merupakan salah satu upaya pencegahan untuk memaksimalkan perlindungan kesehatan dan meminimalkan penyebaran kasus Covid-19. Apalagi untuk menunjang aktivitas di luar rumah, setiap orang wajib mengikuti vaksinasi demi membentuk kekebalan dalam masyarakat. Hal tersebut membutuhkan partisipasi masyarakat untuk mendukung efektivitas program vaksinasi yang dijalankan pemerintah. Alasannya, dengan partisipasi masyarakat dalam vaksinasi, terutama pada kelompok yang diperbolehkan divaksin berdasarkan usia dan kondisi kesehatan tertentu, akan memudahkan pencapaian herd immunity. Hal ini juga akan diperkuat dengan ketersediaan berbagai jenis vaksin dalam program vaksinasi yang diadakan pemerintah. 


Menjaga Protokol Kesehatan Selama Berkegiatan

Berikutnya, langkah yang dapat dilakukan sebagai pencegahan gelombang ketiga adalah menjaga protokol kesehatan. Seiring dengan kembali berjalannya aktivitas ekonomi, penerapan protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, menghindari makan bersama, dan mengurangi mobilitas. Berdasarkan pengalaman gelombang kedua lalu, varian baru virus Corona menyebar teramat cepat, namun tidak diiringi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Potensi lonjakan kasus Covid-19 memang sulit diprediksi. Namun, melihat negara-negara tetangga, seperti Malaysia yang saat ini tengah mengalami lonjakan kasus yang signifikan, kita semestinya mewaspadai risiko datangnya tren serupa. Alhasil, menerapkan protokol kesehatan menjadi kunci pencegahan untuk meminimalkan penyebaran virus di tengah aktivitas yang sedang berlangsung. 


Upaya Lain Memutus Penyebaran Virus Corona 


Selain penerapan protokol kesehatan yang ketat, juga diperlukan upaya lain untuk memutus penyebaran virus Corona, seperti mempelajari pola terjadinya gelombang Covid-19 serta mengetahui bagaimana virus bisa bermutasi. Misalnya memahami pembentukan varian Delta  yang menyebar cepat dan mendominasi gelombang kedua kasus Covid-19 lalu. Melihat pola tersebut, pengoptimalan social distancing untuk mengendalikan mobilitas masyarakat dapat menjadi langkah efektif dalam memutus rantai kasus Covid-19. Selain itu, kita juga perlu mengingat ada kelompok rentan yang belum bisa mengikuti program vaksinasi, sehingga menjadi terdampak infeksi virus Covid-19, akibat pergerakan yang tidak terkendali. Upaya pencegahan ini perlu dilakukan agar kita lebih mewaspadai kemungkinan gelombang berikutnya yang tidak bisa diprediksi waktunya. 



Pada intinya, kedatangan gelombang ketiga Covid-19 dapat dicegah melalui kesadaran bersama untuk mengikuti vaksinasi, menerapkan protokol kesehatan secara ketat, dan melakukan upaya lain sebagai penguat pertahanan kesehatan. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui perkembangan terbaru tentang kasus Covid-19 di Jakarta dengan mengakses informasinya di corona.jakarta.go.id atau fitur Jakarta Tanggap Covid-19 di JAKI. Kamu bisa mendapatkan super-app Pemprov DKI Jakarta tersebut melalui Google Play Store dan Apps Store. 



Featured

Bagikan :


Penulis

Syora Alya Eka Putri

Seorang content writer di Jakarta Smart City yang sedang menempuh pendidikan Magister Kebijakan Pembangunan Sosial di Universitas Indonesia.

Artikel Terkait

Tanggap Corona: Dinkes DKI Jakarta Punya Posko Covid-19 di Command Center

16 Maret 2020

Protokol Kesehatan di Berbagai Sektor Selama PSBB Transisi

03 Agustus 2020

Alasan Kamu Harus Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua

26 Juli 2021

Cara Membaca Dasbor dan Peta Vaksinasi di Situs corona.jakarta.go.id

30 Juni 2021

Kolaborasi Jakarta Smart City dan Sekolah.mu Membantu Siswa Belajar dari Rumah

21 April 2020