LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > JSC Talks Vol. 3: Mengenal Platform KSBB

JSC Talks Vol. 3: Mengenal Platform KSBB

Nadhif Seto Sanubari

20 Mei 2020

Dalam rangka menguatkan semangat kebersamaan warga Jakarta pada masa yang sulit ini, JSC Talks hadir kembali dengan topik pembicaraan hangat tentang Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB). Apa sih KSBB? KSBB adalah platform donasi berbasis daring yang disediakan Pemprov DKI Jakarta dan ditujukan untuk warga yang membutuhkan. Semua bantuan pun bersumber dari dermawan yang sukarela memberikan donasinya. Dimoderatori Awidya Firdaus Saharini, Product Trainer JSC, dua pembicara yakni Kepala Satuan Pelaksana Pengembangan Sistem JSC, Rahan Yama Gusta, dan Senior System Analyst Divisi Information Technology Development JSC, Rizky Nuryandi, mengajak kita mengenal metode dan mekanisme pengiriman donasi melalui platform KSBB.

Smartcitizen masih ingat kan topik JSC Talks minggu lalu tentang corona.jakarta.go.id? Platform KSBB ini juga merupakan salah satu fitur yang bisa diakses dari situs ini. 

Bagaimana Cara Kerja KSBB?

Menurut Pak Rama, KSBB berawal dari kebutuhan akan tujuan donasi yang jelas. Kadang warga berniat berdonasi, namun tidak tahu harus ke mana, atau kurang yakin dengan tujuan donasinya. Melalui Platform KSBB, calon pemberi bantuan dapat mengetahui dengan jelas ke mana donasi bakal diberikan serta siapa yang akan menerimanya. Memilih tujuan donasi jadi lebih mudah, karena semua informasi tentang calon penerima, dari RW prioritas, panti, hingga jumlah keluarga yang terdampak, tersaji di situs corona.jakarta.go.id. 

KSBB tidak hanya menerima donasi dalam jumlah besar, bantuan jumlah kecil pun diterima. Berkolaborasi dengan lembaga-lembaga pengelola dana seperti Baznas DKI Jakarta dan Aksi Cepat Tanggap (ACT), KSBB dapat menampung donasi tunai. Dananya akan ditukarkan dengan sembako atau makanan siap saji untuk didistribusikan kepada penerima. Selanjutnya, bantuan yang telah ditampung bakal dikoordinasikan oleh penyalur dana, sehingga dapat membantu distribusinya kepada RW atau panti penerima bantuan. 

Misalnya kamu sebagai donatur berniat mengirim bantuan dalam jumlah tertentu, donasimu kemudian bisa ditampung oleh pengelola dana, lalu penyalur dana akan membantu menemukan RW atau panti yang membutuhkan bantuan dalam jumlah tersebut. Tapi kalau kamu memilih untuk mengkoordinasikan semuanya sendiri, itu juga diperbolehkan. Melalui Platform KSBB, kamu bisa mendapat info kontak pihak bersangkutan yang dapat langsung dihubungi. Terdapat empat jenis paket bantuan yang bisa kamu pilih, masing-masing sudah dihitung sesuai kebutuhan setiap keluarga per minggu atau seorang per hari.

[Hal yang membuat KSBB beda dari yang lain]

“Satu pelajaran yang kita dapatkan [dari mengelola Platform KSBB] adalah masih banyak orang baik di Jakarta. Dan saya harap kita juga bagian dari itu,” kata Pak Rama menutup presentasinya.

Cara Menggunakan Platform KSBB di corona.jakarta.go.id

Berikutnya, Mas Rizky memaparkan cara menggunakan situs Platform KSBB dengan demonstrasi langsung. Seperti disebutkan sebelumnya, Platform KSBB dapat diakses dalam website corona.jakarta.go.id di bawah menu Kolaborasi. Di bawah menu tersebut terbagi menjadi dua sub-menu, yaitu Informasi KSBB dan Platform KSBB. Pada laman informasi, kamu bisa membaca tata cara kolaborasi, referensi jenis paket bantuan, serta daftar informasi aggregator atau pengelola dana. 

Untuk memulai proses donasi, kamu harus membuka laman Platform KSBB. Laman ini berisi peta digital Jakarta, opsi pilihan wilayah dan jumlah target sasaran di sebelah kiri, serta jumlah total target sasaran di sebelah kanan. Dengan kedua fitur ini kamu bisa menyempitkan tujuan donasimu berdasarkan wilayah atau jumlah kepala keluarga (KK). Di atas kanan peta juga ada tombol layer yang jika dicentang bisa memunculkan titik-titik lokasi RW prioritas, panti, atau pesantren sasaran. Ketika ditekan pada peta, rincian mengenai RW, panti, atau pesantren yang dipilih akan segera muncul, dari jumlah KK hingga nama Ketua RW. 

Setelah memilih tujuan donasi, kamu bakal dibawa ke halaman pengisian formulir komitmen. Selain mengisi info kontak dan data diri, kamu juga perlu memilih jenis serta nilai paket bantuan yang akan dikirim. Jadwal penyaluran bakal ditentukan pula di laman ini. Jika kamu mengirim jenis paket sembako atau siap saji ke RW prioritas, penyaluran akan berdurasi 7 hari. Sedangkan untuk panti/pesantren berjangka waktu 1 bulan. Terakhir, kamu harus mengisi dokumen komitmen yang disediakan dan dapat diunduh langsung dari laman ini. Dokumen tersebut untuk memverifikasi info yang sudah disediakan oleh pengirim bantuan. Untuk setiap donasi yang dikirim, kamu bakal mendapat ID kolaborasi unik yang bisa kamu gunakan untuk mengecek perkembangan donasimu.

[Ikut survei kepuasan masyarakat terhadap situs web corona.jakarta.go.id, yuk!]

Smartcitizen, Jakarta membutuhkan bantuanmu! Jangan takut untuk membuka Platform KSBB dan menelusuri fitur-fiturnya sendiri. Pantau terus akun Twitter JSC untuk mendapat update tentang JSC Talks selanjutnya. Kalau kamu terlewat siaran JSC Talks pekan ini atau minggu-minggu sebelumnya, tonton saja rekamannya di kanal YouTube JSC! Sampai jumpa dalam diskusi berikutnya!

KSBB Pangan
JSC Talks

Bagikan :


Penulis

Nadhif Seto Sanubari

Penulis dan penerjemah alumni Universitas Bina Nusantara, dengan pengalaman internasional di University of Bradford, UK dan Deakin University, Australia.

Artikel Terkait

Tips Cegah Kluster Baru Selama Libur Natal dan Tahun Baru

27 Desember 2021

Daftar Vaksin Booster Sekarang Bisa Lewat JAKI!

26 Januari 2022

Tanya Jawab Seputar Vaksin AstraZeneca Bersama dr. Adam Prabata

28 Juni 2021

Begini Langkah Daftar Vaksinasi Lewat JAKI

05 Mei 2021

Vaksin Booster untuk Lansia, Apa yang Perlu Diperhatikan?

08 Februari 2022