LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Daftar Vaksin Booster Sekarang Bisa Lewat JAKI!

Daftar Vaksin Booster Sekarang Bisa Lewat JAKI!

Teresa Simorangkir

26 Januari 2022

Setelah pemerintah resmi menyetujui pemberian vaksin booster untuk masyarakat, kini warga Jakarta akhirnya bisa mendaftar vaksinasi booster melalui JAKI. Sasaran vaksin booster adalah masyarakat berusia 18 tahun ke atas, dengan memprioritaskan masyarakat lanjut usia dan penderita masalah kekebalan tubuh (immunocompromised). Yuk, simak penjelasan selanjutnya!


Mengapa Harus Vaksin Booster?

Vaksin booster merupakan vaksin tambahan yang diberikan setelah seseorang mendapatkan vaksin primer lengkap (dosis pertama dan dosis kedua). Vaksin booster diberikan untuk mempertahankan tingkat kekebalan tubuh kita, sebab kekebalan vaksin primer secara alami berkurang seiring perjalanan waktu. Sebagaimana vaksinasi primer, vaksinasi booster berpotensi menimbulkan efek samping seperti nyeri dan bengkak di daerah suntikan, demam, meriang, dan sakit kepala. Hal ini merupakan respons alami tubuh yang menandakan vaksin sedang bekerja, sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Di Indonesia, jenis vaksin booster yang digunakan adalah AstraZeneca (separuh dosis, 0,25 ml), Pfizer (separuh dosis, 0,15 ml), dan Moderna (separuh dosis, 0,25 ml). Hingga 24 Januari 2022, 313.382 warga Jakarta sudah mendapat vaksin booster. Simak penjelasan lebih lanjut vaksin booster di bawah ini.

Cara Mengecek Jadwal Vaksin Booster di JAKI

Seseorang boleh diberi vaksin booster enam bulan setelah vaksinasi dosis kedua. Jadi, sebelum melewati enam bulan, kamu tidak akan bisa melihat jadwal vaksin booster-mu. Untuk mengecek jadwal vaksin booster di JAKI, ikuti langkah ini:

  1. buka aplikasi JAKI dan klik banner ‘Pendaftaran Vaksinasi Covid-19’;

  2. masukkan NIK, nama lengkap sesuai KTP, dan klik ‘Periksa’;

  3. baca syarat dan ketentuan, lalu klik ‘Ya, saya mengerti’;

  4. bila kamu sudah boleh mendapatkan dosis booster, maka akan terlihat keterangan ‘Siap divaksinasi dosis 3’. Silakan klik ‘Daftar Ulang Vaksinasi Dosis 3’ untuk memilih jadwal dan lokasi vaksinasi yang Smartcitizen inginkan.



Namun, jika kamu belum boleh mengikuti vaksin booster, tampilan yang muncul adalah seperti berikut:

Bisa Pilih Jadwal dan Lokasi Vaksin Booster

Serupa dengan pendaftaran vaksinasi sebelumnya, Smartcitizen bisa pilih tanggal dan lokasi vaksin booster lewat aplikasi JAKI. Jadi, kamu tidak perlu keluar rumah dan antre. Untuk memilih jadwal dan lokasi vaksinasi, Smartcitizen bisa melanjutkan proses pendaftaran seperti yang dijelaskan di atas hingga selesai. Jangan lupa unduh dan cetak Kartu Vaksinasi dan Kendali untuk ditunjukkan kepada petugas di lokasi vaksinasi.

Tampilan aplikasi JAKI saat kamu sudah berhasil daftar vaksin booster


Lalu, apa saja syarat untuk menerima vaksin booster? Ini penjelasannya berdasarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/252/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Lanjutan:

  1. menunjukkan NIK dengan membawa KTP atau Kartu Keluarga;

  2. berusia 18 tahun ke atas;

  3. sudah mendapatkan vaksin primer lengkap minimal 6 bulan sebelumnya.

Pantau Informasi Covid-19 Terkini Lewat JakWarta

Selain vaksinasi booster, vaksinasi primer juga masih terus bergulir di Jakarta, Smartcitizen. Seluruh informasi resmi dari Pemprov DKI Jakarta terkait Covid-19 bisa kamu dapatkan lewat fitur JakWarta di aplikasi JAKI. Mulai dari jadwal vaksinasi hingga data harian Covid-19, semuanya akan dikirim melalui notifikasi smartphone kamu! Jadi, jangan lupa untuk pantau JakWarta, supaya kamu enggak ketinggalan informasi seputar Jakarta ya, Smartcitizen!


[Sebelum Vaksin Booster, Cobain Fitur-fitur JAKI Ini, Yuk!]


Inilah informasi tentang pendaftaran vaksinasi booster melalui JAKI. Yuk, Smartcitizen, sebarkan informasi ini kepada keluarga dan teman-temanmu yang membutuhkan! Jangan lupa ajak mereka mendaftar lewat JAKI untuk proses pendaftaran vaksinasi yang ringkas dan instan. Kalau belum punya aplikasinya, JAKI bisa diunduh secara gratis lewat Google Play Store atau Apple App Store. Stay safe dan tetap 6M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama), Smartcitizen!

Vaksinasi Covid-19

Bagikan :


Penulis

Teresa Simorangkir

A writer and a lifelong learner.

Artikel Terkait

Bagaimana Prosedur Swab Test di Jakarta?

18 September 2020

5 Mitos Vaksin dan Faktanya yang Harus Kamu Tahu

06 April 2021

Cerita Pengalaman Orang Tua Vaksinasi Covid-19 Anak-anaknya

08 April 2022

Begini Cara Teknologi Machine Learning CLM Bekerja

28 Juli 2020

Punya Tampilan Baru, Begini Cara Baca Data di corona.jakarta.go.id

10 Agustus 2020