LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Lihat Daftar Lokasi Vaksinasi Covid-19 Jakarta di Sini

Lihat Daftar Lokasi Vaksinasi Covid-19 Jakarta di Sini

Teresa Simorangkir

06 April 2021

Smartcitizen, vaksinasi di Jakarta sudah berlangsung sejak awal 2021, dimulai dari para tenaga kesehatan. Kini, cakupan vaksinasi Covid-19 semakin meluas, yaitu untuk para warga di atas umur 12 tahun. Beberapa warga yang belum bisa divaksinasi karena ada kondisi khusus, seperti hamil atau memiliki penyakit autoimun dan komorbid, kini sudah masuk sasaran prioritas vaksinasi juga dengan kehadiran jenis vaksin lain yang terbukti aman. Jenis vaksin yang kini ada di Jakarta adalah Sinovac, AstraZeneca, Moderna, dan Pfizer. Dengan ketersediaan berbagai jenis vaksin ini, tentu kamu kian dimudahkan untuk melakukan vaksinasi Covid-19 sesegera mungkin, agar pandemi segera berakhir.

Meski vaksinasi sudah setengah tahun lebih berjalan, kamu bisa jadi belum mendapatkan vaksin Covid-19. Ada berbagai alasan tentunya, seperti baru sembuh dari Covid-19 sehingga kamu harus menunggu tiga bulan sejak dinyatakan sembuh, atau kondisi tubuhmu belum fit untuk vaksinasi. Tapi, setelah siap untuk vaksinasi, kamu mungkin masih bingung mencari lokasi vaksinasi Covid-19 di Jakarta. Nah, berikut ini daftar di mana kamu bisa mengecek lokasi vaksinasi Covid-19, melalui dasbor web corona.jakarta.go.id.

Lokasi Sentra Vaksinasi

Untuk melihat lokasi sentra vaksinasi di Jakarta dengan mudah, kamu bisa mengunjungi situs corona.jakarta.go.id, kemudian pilih menu Vaksinasi dan klik Kuota Vaksinasi JAKI, atau kamu bisa langsung klik di sini.

Kamu akan diarahkan ke laman Dashboard Monitoring Faskes Penjadwalan Vaksinasi melalui JAKI. Di laman ini kamu bisa menyaring informasi lokasi vaksinasi berdasarkan beberapa kategori, di antaranya Nama Lokasi Vaksinasi, Tanggal Vaksinasi, Jenis Faskes, Nama Vaksin, Wilayah, Kecamatan, Kelurahan dan Dosis.

Pada tabel di bawah penyaringan berdasarkan kategori, kamu dapat melihat lokasi vaksin dan berbagai detail lain terkait vaksinasi. Perlu kamu ketahui, total kuota yang dicantumkan di tabel ini adalah kuota pendaftaran melalui aplikasi JAKI ya. Jadi, jika kamu ingin mendaftar vaksinasi, segera unduh JAKI, lalu daftarkan dirimu melalui fitur pendaftaran vaksinasi.

Baca juga: Ada Apa Aja di Fitur Pendaftaran Aplikasi JAKI

Lokasi Mobil Vaksin Keliling dan Sentra Mini Vaksinasi

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berinovasi untuk pemerataan vaksinasi di Ibu Kota. Karena itu dibuatlah kolaborasi berupa Mobil Vaksin Keliling dan Sentra Mini Vaksinasi. Lokasi Mobil Vaksin Keliling dan Sentra Mini Vaksinasi berubah-ubah, sesuai kebutuhan vaksinasi di berbagai wilayah Jakarta. Oleh sebab itu, bagi kamu yang tertarik untuk mengikuti vaksinasi di dua fasilitas ini harus mengecek terlebih dahulu lokasinya, dengan mengakses situs corona.jakarta.go.id, kemudian memilih menu Vaksinasi dan klik Jadwal Mobil Vaksin Keliling.

Pada laman ini, kamu bisa melihat daftar lokasi yang merupakan Sentra Mini Vaksinasi. Di bagian penyaringan, kamu juga dapat menyaring informasi sesuai kebutuhanmu, misalnya mencari sentra mini vaksinasi di kecamatan tempat tinggalmu.

Selain bisa melihat lokasi di Sentra Mini Vaksinasi, jika kamu gulir layar ke bagian bawah laman situs ini, maka kamu akan melihat berbagai lokasi dan jadwal Mobil Vaksin Keliling. Perlu kamu tahu nih Smartcitizen, Mobil Vaksin Keliling ada beberapa jenis sesuai dengan penempatannya, yaitu Mobil Vaksin Keliling Sekolah, Mobil Vaksin Keliling Wilayah, dan Mobil Vaksin Keliling Tempat Ibadah.

Kehadiran Mobil Vaksin Keliling dan Sentra Vaksinasi Mini merupakan kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dengan berbagai kolaborator yang juga dapat kamu lihat informasinya di laman ini.

Untuk mendapatkan kuota vaksinasi di Sentra Vaksinasi Mini dan Mobil Vaksin Keliling, kamu bisa mendaftar secara daring melalui JAKI (kuota terbatas) atau kelurahan/RT/RW setempat. Sebelum kamu menentukan lokasi vaksinasi, perhatikan jenis vaksin yang diberikan. Jenis vaksin Sinovac saat ini diprioritaskan untuk vaksinasi dosis 2, ibu hamil, dan anak usia 12 tahun ke atas. Sedangkan AstraZeneca tengah diprioritaskan buat warga usia 18 tahun ke atas.

Cari Lokasi Vaksinasi lewat Google Maps

Dasbor situs corona.jakarta.go.id bukan satu-satunya cara untuk mengecek lokasi vaksinasi di Jakarta, lho! Sebuah terobosan Pemprov DKI Jakarta melalui kerja sama dengan Google berhasil menghadirkan informasi lokasi vaksinasi di Jakarta, sekaligus fitur pintasan pendaftaran daring yang bisa diakses langsung dari Google Maps. Jakarta juga merupakan kota pertama di Asia Tenggara yang menyediakan vaccination direct booking dari Google Maps. Keren, kan!

Baca juga: Daftar Vaksinasi Bisa Langsung Melalui Google Maps

Nah, cara untuk melihat titik-titik lokasi vaksinasi pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mengetik “Lokasi Vaksinasi Covid-19” di kolom pencarian Google, lalu langsung tersaji daftar lokasi vaksinasi Covid-19 di Jakarta.

Pilih lokasi yang kamu inginkan, perhatikan alamatnya, dan klik “Book Appointment” atau “Buat Janji Temu”. Kemudian kamu akan diarahkan untuk mengisi NIK serta nama lengkap di laman pendaftaran. Jika lokasi yang kamu tuju penuh, cek kuota vaksinasi di qrco.de/kuotavaksinjaki ya!

Pantau Media Sosial JSC dan Notifikasi JakWarta di JAKI

Supaya enggak ketinggalan informasi vaksinasi di Jakarta, kamu perlu up-to-date. Cara yang paling gampang dengan mengikuti media sosial Jakarta Smart City di Instagram, Twitter, dan Facebook. Setiap hari ada informasi vaksinasi yang diunggah di berbagai medsos tersebut. Jika tidak sempat mengecek setiap media sosial satu per satu, kamu juga bisa mendapatkan langsung pengingat jadwal dan lokasi vaksinasi di Jakarta yang masuk ke smartphone-mu, lho! Caranya pun sangat mudah. Jika sudah unduh aplikasi JAKI, kamu hanya tinggal menunggu notifikasi terkait vaksinasi di Jakarta pada smartphone-mu. Jika sudah muncul, klik notifikasi tersebut, kamu akan diarahkan pada informasi lengkap di JakWarta. Mudah, kan?

Pilih Lokasi Vaksinasi Sesuai Kebutuhanmu dengan Bijak

Kini kamu sudah tahu bagaimana mencari lokasi vaksinasi di Jakarta. Saatnya kamu bersiap untuk mendaftarkan dirimu agar bisa divaksinasi Covid-19. Program vaksinasi ini gratis, jadi kamu tidak perlu khawatir soal biaya. Untuk memudahkanmu, pendaftaran vaksinasi bisa lewat smartphone-mu melalui aplikasi JAKI yang dapat kamu unduh di Google Play Store atau Apple App Store.

Jika kamu telah menemukan lokasi yang sesuai dan telah sukses mendaftar vaksinasi, datanglah ke lokasi vaksinasi pada tanggal yang telah terjadwal, ya! Bijaklah dalam memilih waktu dan tanggal yang tepat untuk vaksinasi Covid-19. Kamu memang bisa mengganti jadwal vaksinasimu jika sudah lewat waktu yang terjadwal, namun sayang jika kamu sia-siakan begitu saja. Karena pada hari yang sama, masih banyak orang lain yang ingin mendapatkan kuota vaksinasi di lokasi dan tanggal yang kamu pilih, lho. Jadi, pertimbangkan dengan baik, ya!

Pada hari pelaksanaan vaksinasi, pastikan kamu membawa KTP atau fotokopi Kartu Keluarga (pendaftar usia 12–17 tahun), kartu kendali apabila kamu mendaftar melalui JAKI, dan pulpen. Perhatikan pula jenis vaksin yang digunakan di masing-masing lokasi, ya. Untuk vaksin Pfizer dan Moderna hanya diberikan kepada warga ber-KTP DKI Jakarta atau warga yang telah memiliki surat domisili di DKI Jakarta.

Jangan lupa untuk selalu memantau media sosial Jakarta Smart City, untuk tahu informasi lain terkait vaksinasi di DKI Jakarta. Yuk, sama-sama kita berjuang mengakhiri pandemi Covid-19 ini!

Vaksinasi Covid-19

Bagikan :


Penulis

Teresa Simorangkir

A writer and a lifelong learner.

Artikel Terkait

Kebijakan Vaksinasi di Jakarta untuk Warga KTP Non-DKI

21 Oktober 2021

Perkembangan Vaksinasi Covid-19 Terbaru di Jakarta

16 Juli 2021

Masih Perlukah Scan QR Code PeduliLindungi?

14 April 2022

Covid-19 Varian Delta dan Hal-hal yang Harus Kamu Perhatikan

02 Juli 2021

Membedah Dasbor Statistik Covid-19 Jakarta

09 Agustus 2021