LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Arti di Balik Warna Status Vaksinasi di JAKI

Arti di Balik Warna Status Vaksinasi di JAKI

Syora Alya Eka Putri

14 Juli 2021

Sekarang ini, sedang berjalan program vaksinasi di Jakarta dan dibuka pendaftaran program vaksinasi melalui aplikasi JAKI. Apakah kamu telah mendaftar vaksinasi melalui aplikasi JAKI? Pastinya, kamu akan menemukan warna merah, oranye, dan hijau pada status vaksinasi yang masing-masing menunjukkan arti tersendiri. Lalu apakah makna di balik setiap warna itu? 

Warna Merah

Jika kamu mendapatkan status vaksinasi berwarna merah, artinya kamu belum mendapatkan vaksinasi. Penyebabnya, kamu belum mendaftar program vaksinasi, atau sudah mendapatkan jadwal vaksinasi namun belum datang ke fasilitas kesehatan yang telah ditentukan  untuk divaksin. Pada layar aplikasi JAKI, kamu akan menemukan tampilan status sebagai berikut.  

Tampilan jika kamu belum mendapatkan jadwal vaksinasi

Apabila belum mendapatkan jadwal vaksinasi, kamu bisa mendaftar vaksinasi. Cara untuk mendaftarkannya, kamu bisa mengklik daftar vaksinasi Covid-19. Setelah itu, kamu bisa mengisi data diri dan memilih jadwal vaksinasi di fasilitas kesehatan yang diinginkan. Kamu juga bisa mengecek kuota vaksinasi di setiap fasilitas kesehatan melalui tautan ini

Tampilan jika kamu sudah mendaftar, namun belum divaksin

Setelah kamu mendaftar vaksinasi, warna status vaksin masih berwarna merah. Langkah selanjutnya adalah mengisi pre-screening dan kamu bisa datang ke fasilitas kesehatan yang tertera di JAKI sesuai dengan jadwal. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan saat melakukan vaksinasi dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan menerapkan protokol kesehatan lainnya untuk pembentukan antibodi tubuh. 

Warna Oranye

Tampilan setelah mendapat dosis pertama

Kemudian, ada status yang berwarna oranye seperti di atas. Artinya, kamu sudah mendapatkan vaksin dosis pertama. Nantinya, kamu bisa melihat jadwal vaksin dosis kedua pada surat keterangan vaksin usai dosis pertama atau melalui pesan singkat. Setelah mendapatkan dosis pertama, kamu perlu menjaga kesehatan dan menaati protokol kesehatan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas) agar kamu tidak terjangkit virus Covid-19 sampai mendapatkan vaksin dosis kedua. 

Warna Hijau 

 

Tampilan setelah mendapat vaksin dosis kedua

Terakhir, kamu akan menemukan status vaksinasi berwarna hijau. Warna ini menandakan bahwa kamu sudah mendapatkan vaksin dosis pertama dan dosis kedua di fasilitas kesehatan. Nah, setelah mendapatkan dosis kedua ini, kamu juga tetap perlu menerapkan protokol kesehatan 5M dan menjaga kesehatan diri serta keluarga. 

Nah, itu dia ketiga warna pada status vaksinasi beserta artinya. Setelah ini, kamu tidak perlu merasa bingung jika menemukan warna-warna ini pada status vaksinasi kamu. Untuk mendapatkan informasi mengenai vaksinasi atau mendaftarkan vaksin di Jakarta, kamu bisa mendapatkannya melalui aplikasi JAKI yang bisa diunduh di Google Play Store atau App Store.

Vaksinasi Covid-19

Bagikan :


Penulis

Syora Alya Eka Putri

Seorang content writer di Jakarta Smart City yang sedang menempuh pendidikan Magister Kebijakan Pembangunan Sosial di Universitas Indonesia.

Artikel Terkait

Perhatikan Aturan PPKM Ini Selama Ramadan dan Libur Lebaran

03 Mei 2021

Hal yang Sering Ditanyakan Seputar CLM

01 Agustus 2020

Melapor Lebih Aman di JAKI dengan Fitur Laporan Privat Otomatis

16 Juli 2021

Bagaimana Sistem Safe Entrance by PeduliLindungi di JAKI Bekerja?

25 Agustus 2021

Cek Informasi BST Jakarta di Sini

22 Juli 2021