LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 Dosis 2 Lewat JAKI

Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 Dosis 2 Lewat JAKI

Teresa Simorangkir

28 Juli 2021

Kalau kamu membaca artikel ini, kemungkinan kamu sudah ikut vaksinasi Covid-19 tahap pertama dan sedang siap-siap untuk pendaftaran dosis 2. Hore! Terima kasih, ya! Dengan imun tubuh yang semakin kuat, kita kian terlindungi untuk memerangi pandemi ini. Sejak program vaksinasi Covid-19 berlangsung di Ibu Kota, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Jakarta Smart City sudah memfasilitasi pendaftaran vaksinasi lewat aplikasi JAKI dan website Jakarta Tanggap Covid-19. Tak hanya itu, supaya bisa segera menjangkau warga Jakarta sebanyak-banyaknya, vaksinasi diadakan di fasilitas kesehatan, sentra vaksinasi, serta mobil vaksin keliling.

Di tengah pelaksanaan vaksinasi yang masif digelar, mungkin kamu menghadapi kendala yang agak merepotkan saat hendak mendapatkan dosis kedua. Contohnya, lokasi vaksinasi yang terlalu jauh dari rumah, atau jadwal yang tidak sesuai dengan kegiatanmu. Namun, jangan risau. Untuk menjawab masalah ini, JAKI sekarang sudah memfasilitasi daftar ulang untuk dosis 2. Smartcitizen bisa menentukan sendiri lokasi dan waktu vaksinasi dosis 2 sesuai keinginan, lho!

[Panduan Lengkap Vaksinasi Covid-19 di Jakarta]

AstraZeneca untuk Pendaftaran Dosis 2

Di Indonesia, penggunaan vaksin AstraZeneca memang tidak sebanyak vaksin Sinovac. Kamu yang sudah divaksin menggunakan AstraZeneca mungkin akan sedikit bertanya-tanya perihal ketersediaan AstraZeneca di faskes untuk pendaftaran dosis 2. Namun, jangan risau, jika dosis 1 kamu disuntik vaksin AstraZeneca, maka saat akan mendaftar dosis 2, kamu hanya akan melihat faskes yang menyediakan AstraZeneca. 

Lalu, bila seseorang ingin vaksinasi dosis 1, apakah dia bisa memilih faskes sesuai jenis vaksin yang diinginkan? Jawabannya tidak. Pemilihan faskes penyedia AstraZeneca hanya bisa dilakukan untuk pendaftaran dosis 2. Jadi, kalau kamu belum vaksinasi sama sekali dan mencari vaksin AstraZeneca, kamu tidak bisa memilih faskes penyedia AstraZeneca.

Mekanisme Pendaftaran Dosis Kedua

Mekanisme pendaftaran ulang dosis 2 tidak berbeda jauh dengan pendaftaran dosis pertama. Tapi, satu hal yang wajib diperhatikan, kamu hanya punya satu kesempatan untuk daftar ulang vaksinasi kedua. Jadi, sebelum memilih lokasi dan waktu untuk vaksinasi dosis 2, pastikan seluruh informasi yang kamu berikan sudah benar-benar sesuai. Yuk, ikuti langkah-langkah ini untuk pendaftaran dosis kedua:

  1. Buka aplikasi JAKI dan ketuk banner Pendaftaran Vaksinasi Covid-19.

  1. Masukkan NIK dan nama lengkap sesuai KTP. Pendaftar usia 12-17 tahun dapat melihat NIK pada Kartu Keluarga.

  2. Gulir ke bawah hingga kamu menemukan tombol Daftar Ulang Vaksinasi Kedua.

  3. Pilih jadwal dan lokasi vaksinasi. Pastikan kamu sudah memilih jadwal yang sesuai dengan waktu luang serta lokasi yang dekat dengan domisilimu ya, Smartcitizen!

  4. Lengkapi informasi data diri.

  5. Isi pre-screening, kemudian unduh dan cetak Kartu Kendali Pelayanan Vaksinasi Covid-19 dan Kartu Vaksinasi Covid-19.

Interval Pemberian Dosis 1 dan Dosis 2

Ketentuan interval pemberian dosis 2 sudah diatur Kementerian Kesehatan melalui KMK No. HK.01.07-MENKES-4638-2021. Untuk mendapatkan dosis kedua, kamu harus memastikan bahwa kamu telah melewati batas minimal 28 hari sejak vaksinasi pertama (vaksin Sinovac) dan 12 minggu untuk jenis vaksin AstraZeneca. Perhatikan betul-betul hal ini saat hendak mengatur ulang jadwal vaksinasi dosis 2,  ya!

Apabila setelah dosis pertama kamu terinfeksi Covid-19, maka dosis 1 vaksinasi tidak perlu diulang, dan kamu boleh mengikuti vaksinasi dosis 2 dengan interval tiga bulan sejak dinyatakan sembuh.

Waktu Terbaik Melakukan Pendaftaran Dosis 2

Kuota vaksinasi di JAKI dibuka untuk jadwal seminggu ke depan. Kamu sangat diimbau untuk cek kuota tersedia terlebih dahulu di qrco.de/kuotavaksinjaki sebelum mendaftar dosis 2. Jika jadwal tidak muncul, silakan cek lagi tanggal yang kamu pilih. Kamu tidak bisa melihat tanggal sebelum jadwal dosis 2 yang seharusnya (hal ini berhubungan dengan interval pemberian dosis pertama dan dosis kedua). Contohnya, jika kamu dijadwalkan vaksinasi dosis 2 pada 1 Agustus 2021, maka tidak akan ada tanggal yang tersedia untuk kamu pilih sebelum 1 Agustus 2021, meskipun kuota vaksinasi JAKI masih tersedia.

Kabar terkini mengenai kuota vaksinasi di berbagai lokasi vaksinasi, seperti fasilitas kesehatan, sentra vaksinasi, maupun mobil vaksin, juga bisa dipantau melalui JAKI di menu JakWarta. Informasi disertai dengan e-Poster yang memuat daftar fasilitas kesehatan per wilayah Jakarta, sentra vaksinasi yang tersedia beserta kuota per harinya, dan lokasi mobil vaksinasi yang beroperasi setiap hari di wilayah Jakarta.  

Persiapan Saat Vaksinasi Dosis 2

Sebelum berangkat untuk vaksinasi dosis 2, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan, nih! Pertama, bawa hasil cetak Kartu Kendali Pelayanan Vaksinasi Covid-19 dan Kartu Vaksinasi Covid-19 yang kamu dapatkan setelah mengisi pre-screening pada aplikasi JAKI. Kamu juga wajib membawa KTP asli saat vaksinasi nanti. Bagi peserta usia 12-17 tahun yang belum memiliki KTP, bisa menggunakan fotokopi Kartu Keluarga.

Selain mempersiapkan kepentingan administratif tadi, jangan lupa untuk selalu jaga jarak ketika vaksinasi dosis 2 nanti. Gunakan masker dobel dan siapkan selalu hand sanitizer. Terakhir, pastikan kondisi tubuh kamu sehat dan jangan lupa untuk istirahat yang cukup sehari sebelum berangkat ke lokasi vaksinasi.

[Lihat Jadwal dan Lokasi Vaksinasi di Jakarta]

Yuk, segera ikuti vaksinasi dosis 2 sesuai jadwal yang sudah ditentukan! Jangan lupa ajak keluarga dan teman-teman terdekatmu bila mereka belum ikut vaksinasi Covid-19. Supaya lebih mudah, gunakan aplikasi JAKI yang bisa didapatkan di Play Store dan App Store, atau kunjungi corona.jakarta.go.id untuk mendapatkan informasi vaksinasi resmi dan terbaru dari Pemprov DKI Jakarta!

Vaksinasi Covid-19

Bagikan :


Penulis

Teresa Simorangkir

A writer and a lifelong learner.

Artikel Terkait

KSBB UMKM: Bantu UMKM Jakarta Bersama Jakpreneur

27 Mei 2021

Stigma COVID-19: Apa yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasinya

11 Mei 2020

JSC Talks Vol. 15: Cek Jadwal Vaksinasi Lansia melalui JAKI

01 April 2021

Laporkan Pelanggaran PPKM Ini Lewat JakLapor di JAKI

17 September 2021

Cek Lokasi Vaksinasi Covid-19 di Jakarta Lewat Google Maps

29 April 2021