LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Menjelajah Dasbor Vaksinasi Milik Jakarta

Menjelajah Dasbor Vaksinasi Milik Jakarta

Syora Alya Eka Putri

30 Juli 2021

Pernah enggak sih kamu penasaran tentang bagaimana perkembangan vaksinasi di Jakarta hari ini? Kamu mungkin pernah bertanya dalam hati, datanya dapat dilihat dari mana sih? Nah, daripada penasaran, Smarticitizen sebenarnya sudah dapat melihat data tentang perkembangan vaksinasi melalui dasbor vaksinasi yang telah disediakan Pemprov DKI Jakarta. Dasbor ini dapat diakses melalui situs Jakarta Tanggap Covid-19 di corona.jakarta.go.id. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, simak ya penjelasannya. 

 

Beragam Informasi yang Tersedia dalam Dasbor

Bentuk visualisasi informasi pada dasbor vaksinasi Jakarta cukup beragam, seperti bentuk tabel, grafik, dan peta. Kalau dilihat secara sekilas, kamu mungkin sedikit kewalahan. Tapi, bila kita lihat lebih dalam lagi, penyajian data tersebut sebenarnya berguna banget untuk memudahkan dan mendukung program vaksinasi. Contohnya berikut ini. 

Informasi yang terkandung dalam dasbor juga begitu lengkap, mulai dari informasi tentang vaksinasi, cakupan wilayah vaksinasi, kuota vaksinasi di Jakarta, hingga pemetaan vaksinasi berdasarkan wilayah. Masing-masing informasi tersebut memiliki beberapa hal yang dimuat. Berikut di antaranya.

Informasi tentang Vaksinasi

Bagian ini bisa ditemukan di fitur pendaftaran vaksinasi. Informasi yang disediakan mulai dari pendaftaran vaksin, apa itu vaksin, alasan vaksinasi, pihak mana yang boleh divaksin, tahapan vaksinasi, sampai penjelasan efek vaksinasi. Semua informasi tersaji secara singkat dan jelas. 

Cakupan Wilayah Vaksinasi

Dalam dasbor ini, tersedia informasi mengenai distribusi tren tentang cakupan vaksin dosis pertama pada tingkat kecamatan. Data yang disajikan pada dasbor ini berupa peta cakupan wilayah, tabel akumulasi vaksin dosis pertama per wilayah, grafik mengenai cakupan vaksin, serta target ketercapaian vaksin per wilayah kecamatan di Jakarta. Alhasil, Smartcitizen bisa memantau perkembangan vaksinasi berdasarkan wilayah kecamatan kamu. 

Kuota Vaksinasi JAKI

Dalam dasbor ini, tersedia informasi mengenai monitoring pelayanan fasilitas kesehatan untuk vaksinasi melalui pendaftaran di JAKI. Pada dasbor tersebut, terlihat tabel mengenai lokasi vaksinasi, jumlah kuota, sisa kuota, tanggal dan jam vaksinasi, serta lokasi kecamatan dan kelurahan. Dasbor ini memudahkan kamu untuk melihat ketersediaan kuota vaksinasi berdasarkan lokasi dan jadwal yang ingin kamu pilih saat mendaftar lewat JAKI. 

Peta Vaksinasi berdasarkan Wilayah

Terakhir, adalah dasbor mengenai peta vaksinasi berdasarkan wilayah per RT dan kelurahan. Dalam dasbor ini, kamu akan menemukan peta wilayah per kelurahan dan RT serta informasi lainnya, seperti ketercapaian jumlah dosis vaksin pertama dan dosis vaksin kedua serta  jumlah penerima vaksinasi per kategori prioritas (tenaga kesehatan, lansia, pegawai publik, dan lain-lain). Peta vaksinasi yang rinci ini memudahkan pengendalian penyebaran Covid-19 di wilayah masing-masing. 

Demikian penjelasan tentang beberapa informasi yang tersedia dalam dasbor vaksinasi Pemprov DKI Jakarta. Informasi tersebut dapat membantu kamu untuk mengetahui perkembangan vaksinasi dan pengendalian wilayah dalam pelaksanaan vaksinasi. Dasbor ini dilengkapi dengan visualisasi berbentuk peta dan tabel, sehingga dapat memudahkan kamu untuk memahami data yang disajikan. Lebih lengkapnya, Smarticitizen dapat mengakses dasbor vaksinasi melalui situs corona.jakarta.go.id.

Featured

Bagikan :


Penulis

Syora Alya Eka Putri

Seorang content writer di Jakarta Smart City yang sedang menempuh pendidikan Magister Kebijakan Pembangunan Sosial di Universitas Indonesia.

Artikel Terkait

Tips Aman Naik Transportasi Umum di Jakarta

21 Mei 2021

Lihat Jadwal dan Lokasi Vaksinasi di Jakarta

04 Agustus 2021

Melihat Dasbor Jadwal Mobil Vaksin Keliling dan Sentra Mini Vaksinasi

20 Agustus 2021

Catatan Penting Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 12-17 Tahun

09 Juli 2021

Ini Arti Status Jadwal Vaksinasi Kamu di JAKI

05 April 2021