LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Perkembangan dan Capaian Program Vaksinasi Covid-19 di Jakarta

Perkembangan dan Capaian Program Vaksinasi Covid-19 di Jakarta

Syora Alya Eka Putri

07 Desember 2021

Program vaksinasi Covid-19 di Jakarta telah berjalan hampir satu tahun sejak Maret 2021. Mulanya, program vaksinasi diperuntukkan bagi kelompok tenaga medis dan warga lanjut usia (lansia). Lalu, secara bertahap, program ini diperluas aksesnya kepada masyarakat umum dengan kelompok usia tertentu. Sampai akhirnya, vaksinasi kini juga bisa dilakukan untuk masyarakat lainnya, seperti penderita penyakit komorbid, remaja usia 12-17 tahun, serta ibu hamil. Hal tersebut menunjukkan perkembangan dari capaian program vaksinasi yang berlangsung di Jakarta. 


Capaian Vaksinasi di Jakarta



Sampai dengan 7 Desember 2021, capaian vaksinasi di Jakarta untuk dosis 1 dan dosis 2 telah melewati target, masing-masing 124,5% dan 101,8%. Total warga yang sudah divaksin dosis 1 sebanyak 11.132.691 orang. Sementara, vaksin dosis 2 sudah diberikan kepada 9.103.420 orang. Dari proporsi masyarakat dilihat berdasarkan KTP-nya, pada dosis 1, sekitar 67% merupakan warga DKI dan sisanya, 33%, warga ber-KTP non-DKI. Pada dosis 2, sekitar 70% warga DKI dan 30% warga non-DKI. Hal ini menunjukkan mayoritas masyarakat di Jakarta telah mengikuti vaksinasi. 


Kamu juga bisa melihat capaian vaksinasi di Jakarta berdasarkan faktor usia. Jika melihat infografik di atas, terlihat capaian vaksinasi berdasarkan kelompok usia 12-17 tahun, 18-59 tahun, serta 60 tahun ke atas. Untuk usia 12-17 tahun, capaian vaksinasi dosis 1 sudah 137,8% dan dosis 2 sebesar 113,7%. Lalu, vaksinasi kelompok usia 18-59 tahun untuk dosis 1 sudah mencapai 125,0% dan dosis 2 sebesar 101,3%. Adapun untuk usia 60 tahun ke atas, vaksinasi dosis 1 mencapai 102,0% dan dosis 2 sebesar 91,6%. Selain itu, ada pula capaian program vaksinasi gotong royong, yakni dosis 1 untuk  226.962 orang dan dosis 2 untuk 221.259 orang. 



Perkembangan capaian vaksinasi di Jakarta juga bisa dilihat per wilayah. Misalnya, pada data di atas, kamu bisa melihat penyebaran cakupan vaksin dosis 1 di tingkat kota. Dalam infografik tersebut, kamu dapat melihat Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat menjadi wilayah yang telah melewati target capaian. Hal tersebut ditandai wilayah yang berwarna biru gelap. Berikutnya, Jakarta Utara yang hampir mencapai target capaian vaksinasi, dengan warna biru agak gelap untuk menyimbolkan perkembangan vaksinasi di wilayah tersebut. Wilayah lainnya Jakarta Timur dan Jakarta Barat yang sampai saat ini masih belum melewati target capaian vaksinasi, disimbolkan dengan pemberian warna biru muda. Nah, dari data capaian tersebut, kamu bisa mengetahui apakah masyarakat yang tinggal di daerah sekitarmu sudah divaksinasi atau justru masih banyak yang belum divaksinasi. 


Jika masih penasaran detail capaian vaksinasi di wilayah kecamatan, kelurahan, dan RT, kamu bisa melihatnya dari dasbor vaksinasi dalam situs corona.jakarta.go.id, persisnya pada bagian cakupan vaksinasi atau peta vaksinasi. 


Tetap Waspada dan Jaga Protokol Kesehatan

Meskipun kita sudah melihat capaian vaksinasi di Jakarta telah melebihi target, bukan berarti kita boleh lengah dalam mencegah penyebaran kasus Covid-19. Terlebih baru-baru ini ditemukan varian baru virus Corona, yakni Omicron, yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan. Omicron ditetapkan World Health Organization (WHO) sebagai varian yang diwaspadai (variant of concern), karena mutasinya lebih mengkhawatirkan daripada varian Delta. Oleh karena itu, kita perlu waspada dengan mengikuti program vaksinasi dan tetap menjaga protokol kesehatan 6M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, menghindari makan bersama, dan mengurangi mobilitas). 


Selain mengantisipasi varian baru, menjaga protokol kesehatan setelah mengikuti vaksinasi juga bertujuan untuk mencegah kenaikan kasus Covid-19 menjelang akhir tahun, berkaca dari pengalaman serupa yang pernah terjadi pada tahun lalu. Untuk itu, mari kita jaga capaian vaksinasi ini dengan saling menaati protokol kesehatan, demi mencegah lonjakan kasus Covid-19 yang baru. Jadi, bagi kamu yang belum divaksin, yuk segera daftarkan diri lewat aplikasi JAKI yang bisa kamu unduh melalui Google Play Store atau Apple App Store.  


Vaksinasi Covid-19

Bagikan :


Penulis

Syora Alya Eka Putri

Seorang content writer di Jakarta Smart City yang sedang menempuh pendidikan Magister Kebijakan Pembangunan Sosial di Universitas Indonesia.

Artikel Terkait

Jakarta X Harvard CLM Team: Kolaborasi Ciptakan Cek Mandiri COVID-19

03 Juni 2020

Cek Lokasi Vaksinasi Covid-19 di Jakarta Lewat Google Maps

29 April 2021

Kelebihan Daftar Vaksinasi Covid-19 Lewat JAKI

18 Juni 2021

Apa yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Selama Pengetatan PPKM

30 Juni 2021

Lihat Informasi Bantuan Sosial Tahap 2 Jakarta di Sini

22 Mei 2020