LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Rute dan Jam Operasional Transjakarta Selama PPKM

Rute dan Jam Operasional Transjakarta Selama PPKM

Siti Sarah S.

28 Mei 2021

Pada masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di Jakarta, mobilitas masyarakat mulai bergerak di sekitar ibu kota dengan menerapkan protokol kesehatan. Warga kembali ramai menggunakan transportasi umum, bus Transjakarta salah satunya. Dengan harga relatif murah dan banyak rute, Transjakarta memungkinkan warga mencapai lokasi tujuan dengan nyaman. Di tengah pandemi ini, tetap di rumah saja masih menjadi pilihan terbaik, apalagi kalau tidak ada keperluan mendesak. Tapi, jika harus terpaksa keluar rumah dan ingin menaiki Transjakarta, kamu perlu memperhatikan informasi rute, jadwal operasional, serta protokol kesehatan yang diterapkan di dalam bus Transjakarta, ya.

Jam Operasional Transjakarta Selama PPKM

Pada masa PPKM ini, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali melakukan penyesuaian jam operasional. Layanan Transjakarta beroperasi pukul 05:00-21:30 WIB. Sedangkan, layanan khusus tenaga rumah sakit dan puskesmas beroperasi pukul 21:30-23:00 WIB.

Hal ini menindaklanjuti Keputusan Dishub Provinsi DKI Jakarta No. 196 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Petunjuk Teknis Pembatasan Kapasitas Angkut dan Waktu Operasional Sarana Transportasi dalam Rangka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro.

Rute Transjakarta Selama PPKM

Dengan jangkauan yang luas di ibu kota, bus Transjakarta melayani begitu banyak rute yang dapat digunakan oleh siapa saja. Per Juli 2020, jumlah armada Transjakarta mencapai 4.079 unit tipe bus besar, bus sedang, hingga bus kecil. Transjakarta juga telah memiliki 13 koridor dengan 247 rute serta rata-rata penambahan lima rute setiap bulan. Namun, pada masa PPKM ini, tidak semua rute beroperasi. Rute-rute tersebut dapat dilihat melalui Peta Rute di situs webtransjakarta.co.id. Dengan sejumlah rute yang telah disebutkan, kamu mau diantar ke mana oleh bus Transjakarta?

Jika kamu ingin melihat rute lengkap di jalur-jalur tertentu, baik yang beroperasi atau tidak selama masa PPKM, kamu dapat mengaksesnya dengan lebih mudah melalui aplikasi TiJe. Ketika kamu membuka aplikasinya, pilih fitur Sahabat tije, kemudian pilih Informasi Rute. Selanjutnya akan muncul daftar rute Transjakarta. 

Selain untuk mengecek daftar rute, di aplikasi Tije kamu juga dapat melihat halte dan jam keberangkatan terdekat. 

Tetap Aman Naik TransJakarta pada Masa Pandemi

Ingat, kita semua masih berada di tengah pandemi. Jadi, meskipun mobilitas sudah diperbolehkan, kita tetap harus menjaga protokol kesehatan, khususnya di transportasi umum, termasuk bus Transjakarta.

Pastikan kamu membawa hand sanitizer di dalam tasmu, agar bisa secara reguler menggunakannya. Selain itu, pastikan kamu memakai masker dengan benar, supaya kamu terhindar dari berbagai virus di tempat umum. Pada masa PPKM ini, Transjakarta memberlakukan pembatasan jumlah penumpang, yakni 50 persen dari kapasitas normal. Dengan ketentuan bus gandeng hanya boleh diisi maksimal 60 penumpang, bus sedang maksimal 30 penumpang, bus kecil maksimal 15 penumpang, dan maksimal 5 penumpang untuk angkutan mikrolet JakLingko. Meski begitu, kamu tetap harus menjaga dan memperhatikan jarakmu dengan penumpang lain, ya.

[Tips Aman Naik Transportasi Umum di Jakarta]

Yuk, kita menerapkan adaptasi kebiasaan baru dengan menjaga protokol kesehatan dimulai dari diri sendiri, untuk dapat saling melindungi satu sama lain dari ancaman Covid-19.

Warga Jakarta

Bagikan :


Penulis

Siti Sarah S.

A content writer for Jakarta Smart City who loves engaging in meaningful works that makes a good impact for society even in a simple and subtle way. She is also a linguistics enthusiast and an avid reader who loves prose and poetry. Say hi to her on Twitter and IG: @sarafizaa or email to sitisarahs.11c@gmail.com

Artikel Terkait

Mengenal Lebih Dekat Vaksin AstraZeneca

17 Juni 2021

JakCLM: Tetap Sehat Meski Belajar dari Rumah

17 Juli 2020

Begini Langkah Daftar Vaksinasi Lewat JAKI

05 Mei 2021

Status Pendaftaran Vaksinasi yang Perlu Kamu Tahu

20 September 2021

Hal yang Sering Ditanyakan Seputar Pendaftaran Dosis 2

05 Agustus 2021