LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Status Pendaftaran Vaksinasi yang Perlu Kamu Tahu

Status Pendaftaran Vaksinasi yang Perlu Kamu Tahu

Syora Alya Eka Putri

20 September 2021

Apakah kamu ingin mendaftar untuk vaksinasi? Saat mendaftarkan vaksinasi lewat JAKI, kamu akan menemukan status ketika mendaftar. Status tersebut menjadi penanda penting yang perlu kamu ketahui artinya. Jadi, daripada bingung, ada pengingat penting yang perlu kamu perhatikan dulu, nih.

Status Pendaftaran Vaksinasi

Proses pendaftaran melalui JAKI akan terlebih dahulu melewati beberapa tahap. Pada aplikasi JAKI, kamu bisa melihatnya di bagian Jakarta Tanggap Covid-19, lalu pilih Vaksinasi Covid-19. Saat kamu memasukkan nama dan NIK, kamu perlu mengetahui arti dari status saat kamu mendaftar vaksinasi. Status ini menunjukkan kondisi, apakah kamu masih dalam proses penjadwalan atau sudah bisa divaksin. Status vaksinasi terbagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

Status Dalam Proses Penjadwalan


Jika kamu menemukan status ini, artinya data calon peserta vaksin sedang diinput dan diverifikasi dalam sistem PeduliLindungi dan PCare. Hal ini dilakukan untuk memastikan, apakah data yang dimasukkan sudah valid dan sebagai kebutuhan pencatatan data secara nasional. Nah, proses verifikasi ini perlu dilakukan untuk mencegah pemalsuan data dan mengintegrasikan data vaksinasi provinsi dengan data nasional. Sebagai informasi tambahan, proses verifikasi ini akan berlangsung minimal selama 1x24 jam. Selama statusnya masih dalam proses penjadwalan, lakukan cek statusnya secara berkala, ya!

Status Siap Divaksinasi

Jika kamu mendapatkan status ini, itu tandanya kamu sudah bisa mencetak Kartu Vaksinasi dan Kartu Kendali. Lalu, kamu dapat mendatangi sentra vaksinasi yang dipilih untuk menerima suntikan vaksin. Jangan lupa siapkan dirimu dan tetap menaati protokol kesehatan, baik sebelum maupun setelah mendapatkan vaksin, ya!

Sekarang, kamu sudah lebih paham dengan status pendaftaran vaksinasi, kan? Jadi, kamu tidak perlu merasa bingung lagi saat mendaftar vaksinasi di JAKI. Kamu tak perlu khawatir mengalami kesulitan saat mencetak kartu kendali dan kartu vaksinasi, selama menggunakan nama lengkap dan NIK yang benar saat mendaftar, karena proses verifikasi akan dilakukan secara tepat waktu. Sebelum mendaftar, kamu bisa mengecek ketersediaan vaksin di sentra vaksinasi dan nama vaksinnya yang tersedia dengan mengunjungi tautan ini. Nah, yang paling penting, lindungi diri dan orang sekitarmu dengan mendaftar vaksinasi lewat JAKI, ya. Kamu bisa mengunduh aplikasi super kebanggaan warga Jakarta ini lewat Google Play Store atau App Store.

Vaksinasi Covid-19

Bagikan :


Penulis

Syora Alya Eka Putri

Seorang content writer di Jakarta Smart City yang sedang menempuh pendidikan Magister Kebijakan Pembangunan Sosial di Universitas Indonesia.

Artikel Terkait

‘Flatten the Curve’: Apa Maksudnya dan Kenapa Perlu Dilakukan?

28 Maret 2020

Ini Arti Status Jadwal Vaksinasi Kamu di JAKI

05 April 2021

Tips Aman Rekreasi di Jakarta Saat Pandemi

21 Mei 2021

Tren Kasus Covid-19 di Jakarta Selama Pekan Awal Februari 2022

11 Februari 2022

Seluk-beluk Pendaftaran Vaksinasi Dosis 2 Pfizer dan Moderna

22 September 2021