LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > 5 RTH di Jakarta yang Sudah Buka Untuk Tamasya

5 RTH di Jakarta yang Sudah Buka Untuk Tamasya

Teresa Simorangkir

28 Oktober 2021

Kabar gembira untuk kita semua! Ruang Terbuka Hijau (RTH) seperti taman dan hutan kota sudah kembali dibuka per 23 Oktober 2021. Pembukaan RTH di Jakarta sejalan dengan level PPKM di Jakarta yang menurun menjadi level 2 berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 1245 Tahun 2021. Agar tetap aman, pembukaan RTH di Ibu Kota memiliki sejumlah aturan, seperti jam operasional 07.00-17.00 WIB dan kapasitas maksimal 25%. Selain itu, kamu juga wajib sudah divaksin dan check in melalui Safe Entrance di aplikasi JAKI sebelum masuk area publik. Meski demikian, tak perlu diragukan lagi, pembukaan RTH sudah pasti disambut dengan suka cita oleh warga Jakarta. Lewat artikel ini, yuk lihat RTH di Jakarta yang bisa kamu kunjungi untuk bermain atau sekadar bersantai menikmati alam terbuka! Tapi, jangan lupa ya, tetap harus menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan.

Taman Suropati

Sumber: Instagram @temantaman.jkt


Terletak di daerah Menteng, Jakarta Pusat, Taman Suropati sering kali menjadi pilihan orang-orang yang ingin melepas penat karena suasananya yang hijau. Belakangan ini, Taman Suropati banyak menarik perhatian warga karena kehadiran Bookhive Jakarta. Di spot ini, Smartcitizen bisa duduk santai sambil membaca buku ditemani pemandangan asri. Kamu bisa jogging, bersepeda, atau menikmati area refleksiologi di Taman Suropati, setelah bosan di rumah saja. Pilihan pas untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Taman Lapangan Banteng

Sumber: Instagram @lapangan_banteng


Sejak lonjakan kasus Covid-19 di Jakarta pada Juni 2021 lalu, Taman Lapangan Banteng ditutup sementara. Untungnya, sejalan dengan PPKM Level 2 di Jakarta, RTH di Jakarta Pusat ini kembali diizinkan untuk menyambut pengunjung. Di taman yang memiliki Monumen Pembebasan Irian Barat ini, Smartcitizen bisa bersantai di area amphitheater untuk menikmati pemandangan atau berolahraga di sekitarnya.

Hutan Kota Penjaringan

Sumber: Instagram @temantaman.jkt


Ada sekitar 4.500 pohon pelindung yang tumbuh menjulang di area RTH ini. Tak heran, walaupun terletak di tengah kota, Hutan Kota Penjaringan di Jakarta Utara tetap terasa sejuk. Pada awal pembangunannya, area Hutan Kota Penjaringan memang diperuntukkan sebagai sentra rekreasi keluarga dan interaksi masyarakat. Jadi, kalau kamu dan keluargamu merindukan pemandangan hijau yang terhampar luas, Hutan Kota Penjaringan bisa menjadi pilihan utama. Jangan lupa siapkan bekal pribadi seperti air mineral, sebab tidak ada pedagang yang berjualan di area ini.

Taman Cattleya

Sumber: Instagram @temantaman.jkt


Taman Cattleya yang terletak di Jakarta Barat adalah satu RTH yang dikelola oleh Pemprov DKI Jakarta. Lokasi yang strategis membuat Taman Cattleya bisa diakses dengan bus Transjakarta, transportasi online, hingga kendaraan pribadi. Jadi, bisa dipastikan, taman ini mudah ditemukan, bahkan bila kamu baru pertama kali mengunjunginya. Taman Cattleya dipenuhi tumbuhan rimbun dan cantik, sehingga banyak orang yang berkunjung untuk berfoto. Dilengkapi area sepeda, sepatu roda, dan jogging track, Taman Cattleya menjadi kawasan yang asyik untuk berolahraga.

Hutan Kota Srengseng

Sumber: Instagram: @tamanhutandki


Selain untuk berolahraga, Hutan Kota Srengseng biasa dimanfaatkan warga untuk memancing. Tak hanya ditumbuhi pepohonan rindang, hutan kota di Jakarta Barat ini juga rumah bagi beberapa jenis burung dan reptil seperti kadal dan biawak. Jalan setapak di sepanjang hutan kota ini dibangun dengan paving block, sehingga nyaman untuk dijejaki. Ada juga guiding blocks, untuk membantu teman-teman difabel menelusuri RTH ini.


Bagaimana, Smartcitizen? Pasti kamu sudah membayangkan ingin menghabiskan waktu di area RTH tersebut, bukan? Kalau kamu punya kesempatan untuk berkunjung, jangan lupa untuk selalu menjaga keselamatan diri dengan menggunakan masker, rajin membersihkan tangan, serta menjauhi kerumunan. Selain itu, jagalah taman-taman kesayangan kita ini, supaya tetap bersih dan indah, ya!


Warga Jakarta

Bagikan :


Penulis

Teresa Simorangkir

A writer and a lifelong learner.

Artikel Terkait

Bagaimana Prosedur Swab Test di Jakarta?

18 September 2020

Fitur-Fitur JAKI Selama Masa Pandemi

28 Juli 2021

Kata Warga Tentang Fitur Jejak di JAKI

04 Juni 2021

Program KSBB: Kolaborasi Bantu Warga Jakarta Kala Pandemi

21 Mei 2021

Ngobrol Jakarta #17: Bantu Sesama dengan Program KSBB Jakarta

26 Mei 2020