LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Rangkuman Solusi untuk Kendala Vaksinasi Booster Covid-19

Rangkuman Solusi untuk Kendala Vaksinasi Booster Covid-19

Siti Sarah S.

03 Februari 2022

Kabar baik untuk kamu yang sedang menunggu kabar vaksin booster di Jakarta. Kini, vaksin booster sudah bisa diberikan kepada masyarakat umum secara gratis sejak 12 Januari 2012. Sasaran vaksinasi booster adalah warga berusia 18 tahun ke atas, dengan prioritas lansia dan penderita imunokompromais. Pemberian vaksin booster ini dapat memberikan perlindungan tubuh lebih optimal, setelah pemberian dosis primer (dosis 1 dan 2).

Meski pendaftaran vaksin booster sudah dibuka, masih banyak yang bertanya-tanya tentang kendala yang dihadapi sebelum mendaftar. Berikut ini adalah rangkuman solusi dari berbagai kendala vaksin booster yang mungkin kamu temui.

Tidak Tahu Pentingnya E-Ticket untuk Vaksin Booster

E-ticket vaksin booster merupakan syarat penting untuk mendapatkan vaksin booster, setelah kamu mendapatkan vaksin dosis 1 dan 2. Hanya warga yang mempunyai e-ticket yang bisa mendaftarkan diri untuk vaksin booster. E-ticket dapat kamu akses melalui aplikasi PeduliLindungi. 

Sudah Lebih dari 6 Bulan dari Vaksinasi Dosis 2, tapi Belum Dapat E-Ticket

Pemberian e-ticket dilakukan secara bertahap kepada warga yang sudah mendapatkan vaksinasi primer dosis 1 dan 2. Pihak PeduliLindungi terus memperbarui e-ticket setiap hari, sehingga kamu harus cek akun PeduliLindungi milikmu secara berkala, ya.

Vaksin Booster di Jakarta untuk KTP Non-DKI Jakarta

Baik pemilik KTP DKI Jakarta maupun Non-DKI Jakarta dapat mendaftarkan diri untuk menerima vaksin booster di berbagai fasilitas kesehatan di Jakarta, selama memiliki e-ticket vaksin booster dari PeduliLindungi

Bingung dengan Jenis Vaksin Booster yang Cocok

Menurut Surat Edaran Kementerian Kesehatan tentang pemberian vaksin booster, jika vaksin primer (dosis 1 dan 2) yang kamu dapatkan Sinovac, maka kamu menerima setengah dosis booster vaksin Pfizer atau AstraZeneca. Sedangkan jika kamu mendapat vaksin primer AstraZeneca, maka kamu akan memperoleh setengah dosis booster vaksin Moderna atau Pfizer. 

Bingung tentang Syarat Daftar Vaksin Booster lewat JAKI

Untuk memudahkan kamu vaksinasi booster, kamu bisa mendaftarkan diri lewat aplikasi JAKI. Syaratnya kamu harus memiliki KTP Indonesia, berusia 18 tahun ke atas, telah melakukan vaksinasi dosis 1 dan 2 minimal 6 bulan setelah penyuntikan dosis 2, serta sudah memiliki e-ticket di PeduliLindungi. Segera cek JAKI untuk pendaftaran, dengan mengetuk banner “Pendaftaran Vaksinasi Covid-19” di laman utama JAKI. 

Perkembangan kasus Covid-19 kini mulai meningkat kembali, jangan lengah dan berikan perlindungan diri yang ekstra dengan vaksin booster dan tetap menerapkan 6M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama). Ajak juga orang terdekatmu untuk mendaftar vaksin booster lewat JAKI. Dengan apikasi super ini, kamu dan orang terdekatmu bisa mendaftarkan diri untuk vaksinasi booster kapan pun dan di mana pun.  Pastikan kamu sudah unduh JAKI di Google Play Store atau di Apple App Store ya!


Vaksinasi Covid-19

Bagikan :


Penulis

Siti Sarah S.

A content writer for Jakarta Smart City who loves engaging in meaningful works that makes a good impact for society even in a simple and subtle way. She is also a linguistics enthusiast and an avid reader who loves prose and poetry. Say hi to her on Twitter and IG: @sarafizaa or email to sitisarahs.11c@gmail.com

Artikel Terkait

Rapid Testing COVID-19: Bagaimana Cara Kerjanya?

31 Maret 2020

Lebih Aman Berwisata di Jakarta dengan Jejak

03 Juni 2021

Protokol Kesehatan yang Tak Boleh Kendur Selama PPKM Level 1

11 November 2021

Tips Aman Rekreasi di Jakarta Saat Pandemi

21 Mei 2021

Cara Memilih Vaksin Booster yang Tepat!

03 Februari 2022