LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0811 1211 2112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Cara Berkontribusi Sebagai Kolaborator dalam Program KSBB UMKM

Cara Berkontribusi Sebagai Kolaborator dalam Program KSBB UMKM

Aditya Gagat Hanggara

31 Agustus 2020

Pada 23 April 2020, Pemprov DKI Jakarta menginisiasi program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) sebagai sebuah sarana untuk menampung bantuan dari masyarakat untuk masyarakat yang terdampak pada masa pandemi Covid-19. Melalui platform ini, kamu dapat berpartisipasi secara aktif dalam membantu sesama lewat bantuan peta interaktif yang bisa diakses di situs corona.jakarta.go.id. Manfaat dari program KSBB pun sudah dirasakan oleh lebih dari 80 ribu kepala keluarga (KK) yang membutuhkan.

Sampai sekarang, program ini masih terus berjalan. Bahkan fungsi KSBB diperluas pada akhir Juli lalu, dengan peluncuran platform donasi baru bernama KSBB UMKM. Berbeda dari program penyaluran paket sembako yang kini disebut sebagai KSBB Pangan, KSBB UMKM ditujukan untuk membantu pengusaha yang termasuk dalam kategori Usaha Mikro Kecil Menengah di Jakarta.

[KSBB UMKM: Bantu Usaha Kecil di Jakarta Kala Pandemi]

Meskipun begitu, secara garis besar, prinsip yang diterapkan tetap sama. Seperti KSBB Pangan, semua bantuan yang disalurkan melalui KSBB UMKM berasal dari masyarakat umum, bukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dalam hal ini hanya berperan sebagai fasilitator. Cara untuk memberikan donasi juga tidak jauh berbeda. Yuk, kita simak.

Bagaimana Cara Berdonasi di KSBB UMKM?

Mengingat kontribusi besar yang diberikannya, UMKM sering dianggap sebagai tulang punggung perekonomian Jakarta. Namun, kemunculan wabah Covid-19 membuat UMKM menjadi kelompok ekonomi yang paling rentan di tengah pandemi. 

Agar bisa bertahan, mereka harus menghadapi berbagai tantangan dan keterbatasan yang timbul pada masa sulit ini. Bentuk rintangannya pun beragam, dari kesulitan mendapatkan dana hingga pemenuhan standar higienitas. 

Bila kamu merasa tergerak dan ingin berkontribusi untuk meringankan beban pengusaha UMKM yang selama ini telah membantu memenuhi kebutuhan kita sehari-hari, kamu dapat segera mengunjungi laman utama KSBB UMKM

Di dalamnya kamu bisa mengetahui tiga alternatif jenis paket bantuan yang diberikan, yaitu Paket Sarana dan Prasarana, Paket Pinjaman Modal, serta Paket Pelatihan. Nah, berikut ini adalah cara untuk mengikuti program KSBB UMKM, sesuai dengan paket yang dipilih:

Paket Sarana dan Prasarana

Paket ini meliputi pemberian peralatan atau fasilitas tambahan yang dapat menunjang operasional UMKM di tengah pandemi seperti disinfektan, wastafel atau tempat cuci tangan portable, sarung tangan, serta masker kain. Adapun cara pemberian bantuan untuk paket ini adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi peta KSBB UMKM untuk melihat lokasi, profil, dan foto UMKM;

  2. Pilih UMKM yang ingin kamu bantu;

  3. Tekan tombol ‘Beri Bantuan’ dan isi secara lengkap formulir komitmen yang diberikan;

  4. Koordinasikan dan realisasikan bantuan yang akan diberikan dengan UMKM yang kamu bantu;

  5. Setelah bantuan diterima oleh UMKM yang kamu tuju, laporkan penyaluran donasi dengan memasukkan nomor ID kolaborasi pada bagian atas laman utama KSBB UMKM.

Paket Pinjaman Modal

Paket ini ditujukan untuk membantu pembiayaan sebuah UMKM yang penyalurannya melalui dua lembaga Fintech (financial technology) yang telah bermitra dengan Pemprov DKI Jakarta. Untuk pemberian bantuan paket pinjaman modal, ikuti cara berikut ini:

  1. Isi secara lengkap formulir komitmen untuk bantuan permodalan di sini;

  2. Pilih lembaga Fintech untuk penyaluran donasi;

  3. Lakukan e-contract pada platform Fintech dan salurkan donasi sesuai mekanisme Fintech;

  4. Pantau UMKM yang kamu bantu. Setelah pinjaman dikembalikan oleh UMKM, dana akan didonasikan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan.

Paket Pelatihan

Paket ini mencakup dua jenis pelatihan (hard skills dan soft skills) yang dapat dimanfaatkan oleh para pegiat UMKM, untuk menambah wawasan serta meningkatkan keahlian dalam menjalankan bisnis. Jika kamu ingin membantu mengadakan sebuah pelatihan, ikuti cara-cara di bawah ini:

  1. Tentukan jenis pelatihan yang ingin diberikan;

  2. Isi secara lengkap informasi terkait pelatihan pada formulir komitmen pelatihan;

  3. Lakukan koordinasi dan realisasi pelatihan dengan UMKM yang ingin kamu bantu;

  4. Setelah dilaksanakan, informasikan kegiatan pelatihan pada platform KSBB UMKM.

Proses transfer dana dan pendistribusian bantuan KSBB UMKM dapat dilakukan melalui lembaga atau instansi yang telah bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta. Saat ini, terdapat dua lembaga Fintech untuk membantu penyaluran pinjaman modal serta lembaga-lembaga kemanusiaan lain, seperti Baznas Bazis DKI dan Yayasan Rumah Zakat, untuk distribusi paket bantuan lainnya.

Untuk melihat daftar lengkap lembaga, nomor rekening, serta kontak yang diperlukan dalam koordinasi bantuan, kembali kunjungi laman KSBB UMKM dan tekan tombol ‘Ikut Berdonasi’. Yuk, bersama-sama kita saling bahu-membahu dalam menggairahkan kembali kegiatan UMKM, guna membangkitkan ekonomi kerakyatan Jakarta!

KSBB UMKM
Jakarta Tanggap Covid-19

Bagikan :


Penulis

Aditya Gagat Hanggara

Aditya Gagat adalah lulusan Teknik Informatika dari Binus University yang saat ini menjadi salah satu Content Writer di Jakarta Smart City. Gemar mengamati isu transportasi, olahraga, teknologi dan sains, ia memulai karier Jurnalistik bersama media internasional Motorsport.com pada 2016-2019. Saat ini ia terfokus pada topik kesehatan, khususnya mengenai penanggulangan pandemi Covid-19 di wilayah DKI Jakarta.

Artikel Terkait

Menyambut Uji Coba Sekolah Tatap Muka di Jakarta

16 April 2021

Lihat Informasi Bantuan Sosial Tahap 2 Jakarta di Sini

22 Mei 2020

Pak Gatra dan Satpol PP: Pengalaman Berpatroli Selama Pandemi

06 Mei 2020

JSC Talks Vol.13: Kaleidoskop Setahun Jakarta Tanggap Covid-19

10 Maret 2021

5 Manfaat Vaksinasi Covid-19 yang Wajib Diketahui

25 Maret 2021