LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Kolaborasi PCare, PeduliLindungi, dan JAKI untuk Percepatan Vaksinasi

Kolaborasi PCare, PeduliLindungi, dan JAKI untuk Percepatan Vaksinasi

Siti Sarah S.

21 September 2021

Sebagai aplikasi super milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, JAKI sudah banyak membantu permasalahan warga Ibu Kota selama ini, dari fitur JakLapor untuk mengadukan masalah, JakPantau untuk memantau banjir, hingga JakAmbulans yang dapat membantumu untuk memanggil ambulans gawat darurat dengan cepat. Pada masa pandemi ini, JAKI juga menghadirkan fitur Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 yang mudah dan efektif. Sudahkah kamu mencobanya, Smartcitizen?

Fitur-fitur JAKI hadir berkat kolaborasi dengan berbagai pihak. Fitur Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 merupakan hasil kerja sama Jakarta Smart City (JSC) dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui aplikasi PeduliLindungi dan sistem PCare milik Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS).

Apa itu PCare dan PeduliLindungi?

PCare atau Primary Care adalah sebuah aplikasi website milik BPJS Kesehatan yang digunakan untuk pendataan, registrasi, skrining, verifikasi sasaran, serta pencatatan vaksinasi Covid-19. Selain itu, penentuan lokasi, jadwal pelayanan, alokasi, dan monitoring logistik vaksin juga dapat dipantau dengan aplikasi PCare. Sedangkan PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Aplikasi ini juga membantu proses tracing serta tracking vaksinasi Covid-19 yang terintegrasi dengan PCare untuk mendapatkan data vaksinasi seperti jadwal, status vaksinasi, sertifikat, dan lain-lain.

Integrasi PCare, PeduliLindungi (PL), dan JAKI

Ketika kamu mendaftarkan diri lewat JAKI, maka data yang kamu input ke JAKI akan dimasukkan pula ke sistem PCare melalui Smart Checking. Smart Checking akan mengecek data pendaftar vaksinasi seperti nama, NIK, umur, serta kelompok masyarakat (lansia, tenaga kesehatan, dan lain-lain). Data tersebut juga akan diintegrasikan ke PeduliLindungi. Ketika kamu mendaftarkan diri, statusmu adalah calon penerima vaksin. Jika datamu valid, maka tampilan statusmu di JAKI adalah “Siap Divaksinasi”.

Nah, di sinilah terkadang muncul kendala. Jika datamu yang dimasukkan ke PCare ternyata tidak valid, maka statusmu belum bisa diubah menjadi “Siap Divaksinasi” dan kamu tidak bisa mengunduh Kartu Kendali Vaksinasi. Selain itu, bisa jadi ketika vaksinasi, sertifikatmu tidak kunjung muncul. Apa yang membuat datamu tidak valid? Hal ini terjadi jika NIK dan nama yang kamu masukkan tidak sesuai dengan data yang ada di PCare. Data yang ada di PCare merupakan data dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Pusat. Bisa jadi nama yang terdaftar menggunakan gelar, sedangkan data yang kamu input tidak menggunakan gelar, atau kesalahan lainnya.

Jika statusmu tidak kunjung berubah menjadi “Siap Divaksinasi”, segera adukan ke kanal pengaduan DKI Jakarta seperti melalui email [email protected]. Jika sertifikatmu tidak kunjung keluar meski sudah divaksinasi, ajukan aduan melalui email [email protected].

Jika datamu sudah valid dan statusmu di JAKI sudah berubah menjadi “Siap Divaksinasi”, maka kamu bisa segera mendatangi sentra vaksinasi pilihanmu pada tanggal yang sudah kamu tentukan.

Setelah kamu divaksinasi, datamu akan dimasukkan kembali ke sistem PCare, agar kamu bisa mendapatkan sertifikat vaksinasi dan statusmu di JAKI akan berubah menjadi “Sudah Divaksinasi”.

Kendala-Kendala Vaksinasi Lainnya

Selain kendala di atas, mungkin kamu menemukan kendala lainnya ketika ingin mendaftarkan diri untuk vaksinasi lewat JAKI, seperti tidak bisa mendaftar karena kuota selalu penuh. Tentang hal ini, kamu perlu tahu bahwa kuota vaksinasi lewat JAKI diperbarui seminggu sekali oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Ketika kuota baru ditambahkan, orang-orang banyak yang mendaftarkan diri, sehingga kuota bisa langsung habis dalam hitungan menit.

Jika kamu belum bisa mendaftarkan diri, coba lagi secara berkala setelah melihat kuota vaksinasi di corona.jakarta.go.id/id/kuota-vaksinasi-jaki.

Jika sudah terdaftar, pastikan kamu datang sesuai jadwal di lokasi yang kamu pilih. Sangat diimbau agar kamu tidak membatalkan jadwal yang sudah kamu pilih, karena kuota pilihanmu juga dinanti banyak orang. Jadi, gunakan dengan bijak ya!

Yuk, Segera Daftarkan Diri untuk Vaksinasi Lewat JAKI

Keuntungan mendaftarkan diri untuk vaksinasi lewat JAKI adalah kamu bisa mendaftar di mana saja dan kapan saja. Jika mendaftar vaksinasi dengan langsung mendatangi fasilitas kesehatan (faskes) terdekatmu, kamu bisa jadi tidak mendapat kuota karena sudah penuh. Namun, dengan mendaftar melalui JAKI, kamu sudah mengamankan kuotamu untuk divaksinasi. Jadi, jangan ragu unduh JAKI sekarang melalui Google Play Store atau Apple App Store, lalu daftarkan dirimu untuk vaksinasi!

Kolaborasi
Jakarta Tanggap Covid-19
Featured

Bagikan :


Penulis

Siti Sarah S.

A content writer for Jakarta Smart City who loves engaging in meaningful works that makes a good impact for society even in a simple and subtle way. She is also a linguistics enthusiast and an avid reader who loves prose and poetry. Say hi to her on Twitter and IG: @sarafizaa or email to [email protected]

Artikel Terkait

Cara Membaca Dasbor dan Peta Vaksinasi di Situs corona.jakarta.go.id

30 Juni 2021

Kenalan dengan Vaksin-vaksin Covid-19, Yuk!

26 Maret 2021

Alasan Mengapa Harus Ikut Vaksinasi Covid-19

11 Maret 2021

Apa Perbedaan PSBB Pertama dan PSBB Kedua?

23 September 2020

5 Fakta Mobil Vaksin Keliling di Jakarta

23 Juli 2021