LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0811 1211 2112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Cek Lokasi Vaksinasi Covid-19 di Jakarta Lewat Google Maps

Cek Lokasi Vaksinasi Covid-19 di Jakarta Lewat Google Maps

Mike Nafizahni

29 April 2021

Apakah kamu termasuk tipe pengendara yang suka menanyakan arah jalan melalui Google Maps? Jika iya, berarti kamu termasuk Smartcitizen yang memanfaatkan teknologi dengan baik. Adanya pemanfaatan teknologi dan data memang membuat hidup kita jadi lebih mudah. Contohnya, saat Jakarta Smart City berkolaborasi dengan Google dalam menambahkan data jalan besar dan jalan kecil di aplikasi Google Maps. Dengan begitu, kita dapat menelusuri jalan-jalan di Jakarta sesuai dengan kendaraan yang digunakan.

Kolaborasi Apik Data dan Teknologi

Baru-baru ini, Jakarta Smart City kembali berkolaborasi dengan Google dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk menampilkan lokasi vaksinasi Covid-19 di Google Maps. Berkat kolaborasi ini, jika kamu mencari lokasi vaksinasi Covid-19 pada Maps, maka akan terlihat titik-titik lokasi vaksinasi baik di Puskesmas maupun RSUD seluruh Jakarta. Hal ini tentunya akan memudahkan kita untuk mengetahui informasi Puskesmas dan RSUD mana saja yang menyediakan pelayanan vaksinasi Covid-19.

Dalam kolaborasi kali ini, setiap kolaborator menjalankan perannya dengan baik. Sebagai pihak yang berwenang dalam penyelenggaraan vaksinasi di Jakarta, Dinkes DKI Jakarta menyediakan berbagai data seperti daftar nama, nomor telepon, serta alamat Puskesmas maupun RSUD yang melayani vaksinasi. Sementara itu, Jakarta Smart City bertugas untuk mengisi data dan titik koordinat lokasi vaksinasi. Kemudian, setelah semua data yang dibutuhkan terkumpul, Google dengan teknologi yang dimilikinya mulai mengeksekusi, sehingga lokasi vaksinasi dapat ditampilkan di Google Maps.

Lokasi Vaksinasi dan Informasi Lainnya

Untuk mengetahui lokasi vaksinasi di Jakarta, kamu hanya perlu mengetik kata kunci seperti “Vaksinasi Covid-19” pada Google Maps. Selain menampilkan titik-titik lokasi vaksinasi Covid-19, Google Maps juga menampilkan informasi pengingat, bahwa pelayanan vaksinasi di setiap RSUD atau Puskesmas hanya dapat dilakukan dengan janji temu dan dibatasi untuk pasien tertentu (pasien yang sudah terdaftar).

Tapi, kamu jangan khawatir. Di Google Maps juga ditampilkan informasi mengenai petunjuk untuk cek jadwal atau daftar vaksinasi, sebelum berkunjung ke lokasi vaksinasi. Kamu bisa mengecek jadwal atau mendaftar vaksinasi Covid-19 melalui aplikasi JAKI yang bisa diunduh melalui Google Play Store atau App Store. Agar lebih lengkap, dicantumkan juga situs web Jakarta Tanggap Covid-19 bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut mengenai program vaksinasi Covid-19 di Jakarta.

Penerapan data dan teknologi dalam kehidupan sehari-sehari memang benar-benar memberikan manfaat nyata. Melalui kolaborasi semacam ini, masyarakat bisa dengan mudah mengetahui lokasi vaksinasi yang ada di Jakarta. Harapannya, program vaksinasi dapat lebih mudah dilakukan, sehingga bisa membantu mengakhiri pandemi Covid-19 dengan segera.

Vaksinasi Covid-19

Bagikan :


Penulis

Mike Nafizahni

Menulis segala hal yang berkaitan dengan hiruk pikuk Ibu Kota. Pegiat dan penikmat karya sastra lulusan Universitas Negeri Jakarta. Saat ini menjadi bagian dari Jakarta Smart City sebagai tim Content Writer.

Artikel Terkait

Punya Tampilan Baru, Begini Cara Baca Data di corona.jakarta.go.id

10 Agustus 2020

Lihat Data Ketersediaan Tempat Tidur RS Rujukan Covid-19 di JAKI

17 Februari 2021

Hal yang Sering Ditanyakan Seputar CLM

01 Agustus 2020

Masa Transisi Jakarta: Tips Aman Beraktivitas di Ibu Kota

11 Juni 2020

Ngobrol Jakarta #20: Kebijakan Vaksinasi Dorong Perlindungan Warga Jakarta

04 Mei 2021