Tahun 2020 ini, bulan Ramadan kebetulan jatuh pada masa di
mana warga dunia, termasuk Indonesia, menghadapi masalah berat berupa
pandemi COVID-19. Dampak wabah korona ini menuntut uluran tangan
masyarakat untuk membantu sesama. Beragam sarana donasi bermunculan,
salah satu di antaranya platform Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB)
yang difasilitasi Pemprov DKI Jakarta. KSBB merupakan platform bagi
warga yang ingin membantu sesama, dengan fokus mempererat hubungan
antarwarga. Donasi yang disalurkan bersumber dari masyarakat dan
bertujuan untuk masyarakat. Dari sekian banyak platform donasi yang ada,
apa sih yang membuat KSBB lain daripada yang lain?
Peta Data KSBB Lengkap
Sebagai sarana donasi berbasis daring, Platform KSBB dapat diakses melalui situs resmi Jakarta Tanggap COVID-19.
Dengan membuka laman ini, kamu akan menemukan peta digital Jakarta
berisi informasi mengenai semua penerima donasi serta data lainnya,
seperti jumlah kasus ODP, PDP, atau positif di setiap RW. Penerima
donasi yang berupa RW prioritas, panti asuhan, panti disabilitas, panti
jompo, dan pesantren ditunjukkan pula jumlah totalnya di samping peta.
Semua info penting mengenai setiap RW prioritas juga dirincikan,
misalnya jumlah Kepala Keluarga (KK) dan nama Ketua RW. Panti dan
pesantren pun bisa dimunculkan titik lokasinya di peta, berikut rincian
lengkap alamat serta jumlah orang di panti atau pesantren bersangkutan.
Jadi, sebelum mengirim donasi, pemberi bantuan atau calon kolaborator
dapat mengetahui dengan jelas jumlah dan lokasi sasaran, sehingga proses
memilih penerima yang sesuai pun jadi lebih mudah.
Transparansi Donasi lewat KSBB
Setelah memilih penerima donasi, pengirim bantuan harus
mengisi data diri, penjadwalan donasi, serta surat pernyataan komitmen
juga bisa diunduh pada Formulir Komitmen Penyaluran Paket KSBB secara
daring. Dengan mengisi formulir ini, calon kolaborator menjamin tanggung
jawab atas penyaluran donasi, sesuai ketentuan dan dalam tenggat waktu
yang telah diagendakan. Untuk menunjukkan transparansi bagi pihak
penerima maupun donatur, semua informasi yang sudah disediakan oleh
pengirim seperti nama individu atau kelompok penyalur donasi, jadwal
penyaluran, serta jenis bantuan yang akan dikirim dapat dilihat secara
bebas melalui Platform KSBB.
[Bagaimana berkolaborasi lewat Platform KSBB?]
Informasi kontak kolaborator yang dicantumkan saat mengisi
formulir komitmen tidak akan ditampilkan secara umum, namun akan
diberikan kepada penanggung jawab. Kolaborator kemudian dapat
menghubungi ketua RW atau penanggung jawab yang bersangkutan, untuk
mengkoordinasikan proses penyaluran bantuan. Komunikasi langsung antara
kedua pihak ini akan memudahkan pula alur pengiriman bantuan.
Lebih Mudah Laporkan Masalah dengan CRM
Dalam proses penyaluran bantuan kadang muncul halangan atau
masalah yang menghambat kelancaran pengiriman donasi. Karena itu, kanal
pengaduan dalam platform Cepat Respon Masyarakat dapat digunakan warga
untuk melapor permasalahan seputar KSBB. Ada 14 kanal pengaduan resmi
yang dapat kamu gunakan untuk melaporkan berbagai masalah dalam program
KSBB, misalnya masalah penyaluran bantuan. Kamu dianjurkan untuk
menggunakan kanal pengaduan daring selama masa PSBB Jakarta masih
berlangsung. Aplikasi JAKI dan akun Twitter @DKIJakarta
merupakan dua contoh kanal daring yang tersedia. Setiap laporan yang
terkirim akan diterima kelurahan atau dinas bersangkutan, untuk
ditindaklanjuti secepat mungkin.
[Apa itu Cepat Respon Masyarakat?]
Sudah tahu, kan, fitur-fitur yang membuat Platform KSBB
lain daripada yang lain? Tidak hanya mempermudah, transparan, serta
terkontrol masyarakat, Kolaborasi Sosial Berskala Besar ini juga
dirancang untuk melancarkan proses penyaluran donasi kepada warga yang
terdampak pandemi. Ayo, ulurkan bantuanmu dan bangun semangat
kebersamaan warga Jakarta lewat Platform KSBB!