LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0811 1211 2112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > KSBB: Bantuan dari Masyarakat untuk Masyarakat

KSBB: Bantuan dari Masyarakat untuk Masyarakat

Nadhif Seto Sanubari

05 Mei 2020

Ramadan telah tiba, bulan yang ditunggu umat Islam sedunia untuk berpuasa sejak fajar hingga petang dengan pahala yang dijanjikan-Nya. Namun, puasa bukan semata ritual agama, puasa pun merupakan latihan berempati kepada sesama yang kurang mampu. Mereka yang tidak bisa memilih untuk bekerja dari rumah, atau mereka yang kehilangan mata pencahariannya karena pandemi yang sedang melanda dunia. Walaupun Ramadan bulan umat Islam, kedermawan adalah pesan universal semua agama. Tapi bagaimana caranya?

Berbagi Melalui KSBB

Pemprov DKI Jakarta ingin mempererat semangat kebersamaan warga ibu kota pada masa yang sulit ini dengan memfasilitasi sarana berbagi kepada sesama berupa Program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB). KSBB ini berbeda dengan program Bantuan Sosial PSBB COVID-19 yang sudah dilaksanakan, karena bantuan KSBB bukan berasal dari pemerintah. Semua bantuan dalam program KSBB berasal dari masyarakat dan akan diberikan kepada masyarakat, Pemprov DKI Jakarta hanya berperan sebagai fasilitator. Bantuan yang disumbangkan dapat berupa paket berisi bahan pangan dan/atau uang tunai. Hasil dari program ini akan dibagikan kepada yayasan atau komunitas tujuan, antara lain RW prioritas, pesantren, panti asuhan, panti jompo, panti disabilitas, dan lokasi prioritas lainnya.

Penyaluran bantuan akan dilaksanakan sesuai aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), yakni dikirim langsung oleh kolaborator atau mitra penyalur yang telah dikoordinasikan dengan RW tujuan. Masing-masing paket bantuan pun akan diantar hingga ke depan pintu rumah warga untuk mentaati protokol jarak fisik (physical distancing).

Bagaimana Cara Berkolaborasi Melalui KSBB?

Pendaftaran dilakukan secara daring di situs KSBB. Setelah membuka laman web, kamu akan melihat tampilan peta serta lokasi-lokasi yang menjadi sasaran bantuan. Kamu juga bisa memunculkan lokasi sesuai kategori lokasi yang diinginkan (RW, panti asuhan, panti jompo, dan sebagainya). Setelah kamu memilih lokasi yang akan kamu bantu, kamu tinggal klik tombol “Beri Bantuan” dari boks yang muncul saat kamu memilih lokasi. Sebelum resmi menjadi kolaborator atau donatur, kamu harus mengisi formulir komitmen bantuan pada saat kamu menekan tombol “Beri Bantuan”. Beberapa informasi terkait jenis dan jumlah bantuan yang akan disalurkan pun harus kamu isi dengan seksama. 

Jika formulir telah terisi, kamu akan dapat ID Kolaborator berikut dengan kontak perangkat RW di lokasi yang kamu pilih untuk melanjutkan koordinasi penyaluran bantuan. Kamu pun bisa menyalurkan bantuanmu melalui mitra penyaluran resmi atau agregator yang telah bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta. 

Caranya dengan mencantumkan informasi dan kontak penyalur bantuan yang kamu pilih dalam formulir komitmen bagian Penyalur Dana. Bantuanmu akan disalurkan langsung ke lokasi tujuan melalui para penyalur bantuan ini. Para penyalur bantuan resmi haruslah lembaga berbadan hukum dan/atau Lembaga Pengumpul Dana Sosial berizin untuk menyalurkan bantuan dengan menghimpun dan menyalurkan donasi masyarakat.

[Selain KSBB, kolaborasi juga bisa lewat JDCN, lho!]

Pantau Penyaluran Bantuan Lebih Mudah

Situs KSBB juga menyediakan informasi mengenai bantuanmu maupun bantuan dari warga lain yang terus diperbarui secara berkala. Program KSBB merupakan program umum dan transparan, sehingga semua informasi ini dapat diakses oleh siapa pun. 

Untuk memudahkanmu memantau penyaluran bantuan sekaligus lokasi yang telah menerima bantuan, Pemprov DKI Jakarta menyediakan Platform KSBB. Seperti halnya saat hendak bergabung jadi kolaborator, kamu tinggal memilih layer pada peta. Pilih Peta Komitmen KSBB dan akan terlihat lokasi-lokasi yang telah menerima bantuan KSBB berikut dengan kolaboratornya. Dengan begitu, transparansi bantuan berjalan dengan baik dan calon kolaborator dapat memetakan lokasi prioritas yang belum menerima bantuan secara praktis. 

Kalau kamu mengalami masalah selama proses penyaluran bantuan, kamu bisa menyampaikan keluhan lewat kanal-kanal pengaduan resmi Cepat Respon Masyarakat, di antaranya:

  1. Aplikasi JAKI (Jakarta Terkini)

  2. Twitter @DKIJakarta

  3. Facebook Pemprov DKI Jakarta

  4. Email: [email protected]

  5. Akun Media Sosial Gubernur

  6. SMS 08111272206

  7. Website jakarta.go.id 

  8. Aplikasi QLUE

  9. LAPOR 1708

[Kenalan dengan Cepat Respon Masyarakat di sini]

Bulan Ramadan pada 2020 ini sangat berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kita beribadah puasa dan tarawih di rumah masing-masing, karena bulan penuh amal ini berlangsung pada saat umat manusia menghadapi cobaan sulit yang mengubah kehidupan kita sehari-hari. Ini adalah waktu yang tepat untuk memberikan apa yang kita miliki untuk membantu sesama warga. Jakarta menanti bantuanmu. Apapun yang kamu sisihkan akan sangat menolong orang-orang yang membutuhkan.

 

KSBB Pangan
Jakarta Tanggap Covid-19

Bagikan :


Penulis

Nadhif Seto Sanubari

Penulis dan penerjemah alumni Universitas Bina Nusantara, dengan pengalaman internasional di University of Bradford, UK dan Deakin University, Australia.

Artikel Terkait

Sehari Bersama JAKI: Teman Aktivitas di Jakarta Kala Pandemi

25 Juni 2020

Protokol Kesehatan di Berbagai Sektor Selama PSBB Transisi

03 Agustus 2020

Cara Membantu Tetangga yang Terdampak COVID-19

04 Mei 2020

KSBB UMKM: Bantu Usaha Kecil di Jakarta Kala Pandemi

22 Juli 2020

Keamanan Covid-19 di Perkantoran: Cara Mencegah Penyebaran Virus Antar Karyawan

03 September 2020