LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0811 1211 2112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > KSBB UMKM: Bantu Usaha Kecil di Jakarta Kala Pandemi

KSBB UMKM: Bantu Usaha Kecil di Jakarta Kala Pandemi

Nadhif Seto Sanubari

22 Juli 2020

Program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) yang dimulai sejak Mei 2020 lalu masih berlangsung sampai sekarang. Hingga 17 Juli 2020, jumlah paket sembako yang didistribusikan kepada kepala keluarga berkebutuhan melalui platform KSBB Pangan sudah melebihi 350.000 buah. Melihat banyaknya jumlah bantuan yang sudah diberikan masyarakat ibu kota, Pemprov DKI Jakarta memperluas program KSBB di DKI Jakarta dengan meluncurkan KSBB UMKM, platform donasi yang ditujukan kepada usaha-usaha kecil dan berkembang di Jakarta.

Membantu Kontributor Terbesar Ekonomi Jakarta

DKI Jakarta menjadi rumah bagi 1,1 juta usaha yang terklasifikasi sebagai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kontribusinya menyediakan segala kebutuhan warga Jakarta serta menggerakkan 94% roda perekonomian ibu kota. Dari data ini terlihat, betapa penting peran UMKM di dunia perniagaan Jakarta. Namun, pada masa pandemi Covid-19 ini, UMKM menjadi kelompok ekonomi yang paling rentan serta harus menghadapi berbagai tantangan, dari finansial hingga pemenuhan standar higienitas. Masalah inilah yang mendorong Pemprov DKI Jakarta untuk membuat platform donasi khusus untuk usaha-usaha ini.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta sudah berperan aktif dalam pengembangan kewirausahaan secara terpadu, melalui platform kreasi, fasilitasi, dan kolaborasi pengembangan UMKM lewat Jakpreneur. Program ini bertujuan membangun daya jual start-up dan usaha-usaha kecil, dengan menggunakan kolaborasi jangka panjang atau aktivitas lainnya seperti pelatihan. Hingga Juni 2020, anggota Jakpreneur sudah mencapai 140,000 orang. Sekarang, Jakpreneur tetap giat membantu usaha mikro, kecil, dan menengah dengan menyediakan platform donasi KSBB UMKM.

Cara Berkontribusi Melalui KSBB UMKM

Sama dengan KSBB Pangan sebelumnya, KSBB UMKM merupakan platform yang disediakan Pemprov DKI Jakarta, namun semua bantuan bersumber dari masyarakat. Artinya, kamu pun bisa turut berkontribusi dalam menolong bisnis-bisnis kecil di Jakarta. Dengan mengunjungi laman peta KSBB UMKM, kamu bisa melihat peta digital ibu kota beserta titik-titik yang menunjukkan berbagai lokasi UMKM yang bisa kamu bantu. Pencarian UMKM pun bisa disempitkan berdasarkan wilayah dan kecamatan. Setelah memilih lokasi yang ingin dibantu, klik tombol “Beri Bantuan”. Dari sini, kamu akan dibawa ke halaman formulir komitmen yang perlu diisi. Dalam formulir ini kamu harus melengkapi data diri dan info kontak, memilih paket bantuan yang ingin dikirim, serta mengisi Surat Komitmen. Sesudah donasi dikonfirmasi, UMKM yang ingin dibantu perlu dihubungi, untuk mengkoordinasikan bantuan yang diberikan. Jika bantuan sudah sampai pada tujuan, kembalilah ke halaman KSBB UMKM, untuk melaporkan bantuan sudah direalisasikan.

Berikut adalah tiga alternatif paket bantuan yang bisa kamu berikan untuk membantu UMKM pilihanmu, beserta dengan estimasi nilai moneter yang sesuai:

1. Paket Sarana Prasarana

Kunjungi halaman peta UMKM KSBB dan ikuti instruksi yang sudah dijelaskan di atas.

- Paket A - UMKM Pangan - Rp200 ribu/UMKM

  • Disinfektan

  • Hand sanitizer (1 liter)

  • Spoon/capit makanan

  • Lap kain

  • Apron

  • Sarung tangan

  • Face shield

  • Masker kain

- Paket Hawker Center - Rp5 juta/lokasi

  1. Wastafel portable (2 buah)

  2. Sabun cuci tangan

  3. Tempat sampah besar (2 buah)

  4. Desinfektan beserta alat semprotnya

  5. Hand sanitizer (5 liters)

  6. Tisu kering

2. Paket Pinjaman Modal 

Donasi tunai dikirim melalui Fintech (Financial Technology) yang kamu pilih. Kamu juga perlu mengisi Formulir Komitmen ini.

  • Paket 1 - Rp5 juta/usaha
  • Paket 2 - Rp7.5 juta/usaha

  • Paket 3 - Rp10 juta/usaha

3. Paket Pelatihan

Kamu juga bisa mengadakan program pelatihan mengenai berbagai topik yang bisa membantu wirausahawan memperluas wawasan dan mengembangkan bisnisnya. Individu yang tertarik perlu mendaftar untuk menjadi partisipan dalam pelatihan yang diadakan. Narasumber dan bahan peraga disediakan sendiri bila perlu. Isi Surat Komitmen ini bila kamu bersedia mengadakan program pelatihan.

  • Pelatihan Makanan Minuman Ringan/Olahan - Rp3.9juta/40 peserta
  • Pelatihan Fashion/Kerajinan Kreatif - Rp5.8 juta/40 peserta

  • Pelatihan Budidaya Perikanan/Pertanian Perkotaan - Rp750 ribu - Rp5 juta/40 peserta

  • Animasi/Desain Produk dan Digital Marketing - Rp9 juta/40 peserta

  • Soft Skills (Motivasi Kewirausahaan, Strategi Pemasaran, Pengelolaan Keuangan, Branding) - Rp5 juta/40 peserta

Diharapkan dari proses donasi mudah yang disediakan oleh platform KSBB UMKM, lebih banyak orang akan bersedia untuk membantu bisnis-bisnis kecil berkembang di Jakarta. Ingatlah, KSBB UMKM hanyalah sebuah platform donasi. Semua bantuan yang dibutuhkan perlu datang dari masyarakat Jakarta sepertimu. Ayolah kita bahu-membahu mendukung UMKM serta ekonomi Jakarta di pada masa yang sulit ini.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs KSBB UMKM. Kalau kamu seorang wirausahawan yang tertarik mengikuti pelatihan, kamu bisa mendaftarkan diri ke Jakpreneur melalui situs Jakpreneur.

KSBB UMKM

Bagikan :


Penulis

Nadhif Seto Sanubari

Penulis dan penerjemah alumni Universitas Bina Nusantara, dengan pengalaman internasional di University of Bradford, UK dan Deakin University, Australia.

Artikel Terkait

Lihat Informasi Bantuan Sosial Tahap 2 Jakarta di Sini

22 Mei 2020

PSBB Kedua: Tips Memilih Kategori Masalah di JakLapor

27 September 2020

JSC Talks Vol. 08: Memahami Data Covid-19 di Jakarta

08 Agustus 2020

Protokol Kesehatan di Berbagai Sektor Selama PSBB Transisi

03 Agustus 2020

Jakarta X Nodeflux: Membangun Kota Cerdas Bervisi AI

13 Mei 2020