LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Seluk-beluk Pendaftaran Vaksinasi Dosis 2 Pfizer dan Moderna

Seluk-beluk Pendaftaran Vaksinasi Dosis 2 Pfizer dan Moderna

Amira Sofa

22 September 2021

Sejak vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Jakarta hingga saat ini, terdapat beberapa jenis vaksin yang digunakan. Seluruh jenis vaksin yang disuntikkan sampai sekarang memerlukan 2 dosis untuk dapat bekerja optimal. Dua di antara jenis vaksin yang membutuhkan 2 dosis penyuntikan tersebut adalah Pfizer dan Moderna. Jarak penyuntikan dosis 1 dan dosis 2 untuk vaksin Pfizer adalah 21 hari, sementara Moderna 28 hari.

Di Jakarta, vaksinasi dosis 1 Pfizer dan Moderna sudah dibuka untuk umum. Apakah kamu salah satu yang mendapatkan vaksin tersebut? Jika iya, kamu perlu mengetahui informasi terkait syarat, tata cara pendaftaran dosis 2, hingga fasilitas kesehatan yang melayani penyuntikan dosis 2 Pfizer dan Moderna agar dapat merampungkan vaksinasi.

Syarat Vaksinasi Menggunakan Vaksin Pfizer dan Moderna

Seperti yang sebelumnya dijelaskan, saat ini vaksinasi dengan vaksin Pfizer maupun Moderna sudah dibuka untuk masyarakat umum di Jakarta. Namun, ada beberapa persyaratan yang berbeda untuk kedua jenis vaksin.

Syarat vaksinasi jenis Pfizer:

  1. WNI ber-KTP Jakarta atau WNI berdomisili DKI Jakarta;
  2. Berusia 12 tahun ke atas.

Syarat vaksinasi jenis Moderna:

  1. WNI ber-KTP Jakarta dan non-Jakarta maupun WNI berdomisili DKI Jakarta dan non-Jakarta;
  2. Berusia 18 tahun ke atas.

Sebelum melakukan vaksinasi, jangan lupa pastikan kamu sudah memenuhi kriteria penerima vaksin, seperti tidak sedang sakit. Untuk kamu yang memiliki penyakit komorbid berat, autoimun, atau dalam terapi imunosupresan, wajib menyertakan surat rekomendasi dokter jika ingin mengikuti vaksinasi dengan vaksin Pfizer ataupun Moderna.

Cara Mendaftar Vaksinasi Pfizer dan Moderna

Jika memenuhi syarat penerima vaksin dosis 2 Pfizer ataupun Moderna, kamu tinggal mendaftar ulang untuk vaksinasi. Tak perlu khawatir, ada cara yang praktis dan aman untuk mendaftar ulang, yaitu melalui aplikasi JAKI yang dapat diunduh lewat Google Play Store ataupun Apple App Store. Cara pendaftarannya mudah:

  1. Buka aplikasi JAKI.
  2. Klik banner “Pendaftaran Vaksinasi Covid-19” pada laman utama.

3. Isi NIK dan nama lengkap sesuai KTP. Pendaftar usia 12–17 tahun dapat melihat NIK pada Kartu Keluarga.

4. Scroll ke bawah sampai kamu menemukan tombol Daftar Ulang Vaksinasi Kedua.

5. Cek kembali kategori penerima vaksin dan kondisi hamil.

6. Pilih jadwal dan lokasi vaksinasi. Pastikan kamu sudah memilih jadwal dan lokasi vaksinasi yang tepat sesuai preferensi ya.

7. Cek kembali informasi data diri.

8. Isi pre-screening. Kemudian unduh dan cetak Kartu Kendali Pelayanan Vaksinasi Covid-19 serta Kartu Vaksinasi Covid-19.

Ketika mendaftarkan diri untuk vaksinasi lewat JAKI, kamu akan menemukan status pendaftaran vaksinasi. Status ini menunjukkan apakah kamu masih dalam proses penjadwalan untuk divaksin atau sudah bisa divaksin. Terdapat dua status pendaftaran vaksinasi yang dapat muncul di JAKI, yaitu Dalam Proses Penjadwalan dan Siap Divaksinasi.

Jika status pendaftaran vaksinasi yang muncul berupa Dalam Proses Penjadwalan, artinya data kamu sebagai calon penerima vaksin sedang diinput dan diverifikasi dalam sistem PeduliLindungi dan PCare. Proses ini akan berlangsung selama 1x24 jam, sehingga kamu perlu mengecek statusmu secara berkala. Namun, jika status pendaftaran vaksinasi yang muncul Siap Divaksinasi, artinya kamu sudah bisa mencetak Kartu Vaksinasi dan Kartu Kendali serta dapat mendatangi lokasi vaksinasi untuk divaksin.

Status Pendaftaran Vaksinasi yang Perlu Kamu Tahu

Smartcitizen, ada sedikit tips nih, agar kamu tak kesulitan mencari lokasi yang menyediakan vaksin Pfizer ataupun Moderna ketika mendaftar vaksinasi. Sebelum mendaftar, pastikan kamu sudah cek kuota vaksinasi harian Pfizer dan Moderna terlebih dulu di website Jakarta Tanggap Covid-19. Dengan begitu, kamu sudah langsung tahu lokasi vaksinasi mana yang akan kamu pilih ketika mendaftar di JAKI. Kuota vaksinasi akan diperbarui setiap minggu oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Fasilitas Kesehatan yang Melayani Vaksinasi Pfizer dan Moderna

Seperti yang tampak ketika kamu mengecek kuota vaksinasi dengan vaksin Pfizer dan Moderna, ada banyak fasilitas kesehatan yang melayani vaksinasi untuk kedua jenis vaksin tersebut. Daftar fasilitas kesehatannya terangkum dalam poster berikut.

Itu tadi persyaratan, lokasi, tata cara pendaftaran, hingga daftar fasilitas kesehatan vaksinasi dosis 2 Pfizer dan Moderna. Kamu sendiri bagaimana? Sudah divaksin dosis 2? Kalau belum, jangan sampai ketinggalan, daftar vaksinasi sekarang juga! Semakin cepat kamu divaksin, akan semakin cepat antibodi dapat melindungi dirimu dan orang-orang sekitarmu.

Vaksinasi Covid-19
Warga Jakarta

Bagikan :


Penulis

Amira Sofa

Seorang penulis lulusan Sastra Inggris dari Universitas Padjadjaran. Menggemari musik, puisi, film, dan isu kesehatan mental. Saat ini, bergabung dengan tim Jakarta Smart City sebagai Content Writer.

Artikel Terkait

Membedah Dasbor Statistik Covid-19 Jakarta

09 Agustus 2021

Kisah di Balik Pengembangan Fitur Pendaftaran Vaksinasi Jakarta

06 Agustus 2021

Hal yang Sering Ditanyakan Seputar Pendaftaran Dosis 2

05 Agustus 2021

Pak Gatra dan Satpol PP: Pengalaman Berpatroli Selama Pandemi

06 Mei 2020

Info Penting Tentang Vaksinasi Covid-19 Jakarta

15 Maret 2021