LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Membedah Dasbor Statistik Covid-19 Jakarta

Membedah Dasbor Statistik Covid-19 Jakarta

Mike Nafizahni

09 Agustus 2021

Semakin banyak kasus Covid-19 yang ditemukan, semakin banyak data yang bisa kumpulkan. Agar data terkolektif dengan baik, Pemprov DKI Jakarta membuat Dasbor Statistik Covid-19 yang merangkum pasang surut perjalanan Covid-19 di Jakarta. Setiap data yang disajikan saling terintegrasi, terus diperbarui dan transparan, sehingga semua orang mendapatkan porsi informasi yang sama. Untuk mengunjungi dasbor ini, kamu bisa membuka corona.jakarta.go.id, lalu memilih Statistik Covid-19 Berbasis Wilayah pada menu Peta. Agar dapat memanfaatkannya dengan baik, mari kita bedah bersama Dasbor Statistik Covid-19 Jakarta!

Apa Saja Isi Dasbor Statistik Covid-19 Jakarta?

Satu hal yang paling mencuri perhatian dari dasbor ini adalah penampakan peta Jakarta. Tidak seperti peta pada umumnya, yang membuatnya menarik adalah karena peta ini menyajikan tiga data sekaligus, yaitu informasi statistik Covid-19, cakupan vaksinasi, dan RT Rawan. Uniknya lagi, tampilan warna pada peta ini dapat berubah sesuai dengan data yang sedang disajikan. Kamu bisa memanfaatkan ikon yang ada di pojok atas peta untuk menyaring data yang ingin disajikan. Selain peta, masih banyak informasi lain yang disajikan dalam Dasbor Statistik Covid-19. Mari kita bedah satu per satu.

Peta Informasi Statistik Covid-19

Peta ini menampilkan jumlah kasus positif Covid-19 per wilayah di Jakarta. Perbedaan warna biru pada peta berfungsi sebagai penanda jumlah kasus positif aktif di tiap wilayah. Semakin gelap warna biru di suatu wilayah, maka jumlah kasus positif aktif di wilayah tersebut semakin banyak. Sebaliknya, semakin pudar warna biru di suatu wilayah, maka jumlah kasus positif aktif di wilayah tersebut semakin sedikit.

Jika kita memilih salah satu wilayah, akan ditampilkan informasi statistik Covid-19 di wilayah tersebut. Mulai dari angka Mortality Rate (tingkat kematian), Incidence Rate atau IR (tingkat kejadian), Kasus Positif Kumulatif, hingga Total Kasus Positif Aktif.

Peta Cakupan Vaksinasi

Untuk menampilkan jumlah cakupan vaksinasi pada peta, kamu dapat menggunakan fitur Layers yang ada di pojok atas peta, kemudian pilih Cakupan Vaksinasi. Jika diperhatikan, ada tiga warna berbeda dalam peta, yaitu merah, kuning, dan hijau. Perbedaan ini menandakan jumlah cakupan vaksinasi dosis 1 per wilayah. Untuk warna merah, cakupan vaksinasi berada di angka 1% hingga 60%, warna kuning menandakan cakupan vaksinasi berada di angka > 60% hingga 80%, serta warna hijau berarti cakupan vaksinasi berada di angka > 80% hingga 85,8%.

Jika kita memilih salah satu wilayah, akan ditampilkan informasi cakupan vaksinasi di wilayah tersebut. Mulai dari Jumlah Sasaran Vaksinasi, Jumlah Belum Vaksinasi, Jumlah Total Vaksinasi Dosis 1, Rincian Jumlah Vaksinasi Dosis 1 dan 2 untuk Vaksinasi Gotong Royong, Vaksinasi Tenaga Kesehatan, Vaksinasi Lansia, Vaksinasi Pelayan Publik, Vaksinasi Tahap 3, Vaksinasi Remaja, sampai Persentase Cakupan Vaksinasi.

Peta RT Rawan

Untuk menampilkan RT Rawan pada peta, kamu dapat menggunakan fitur Layers yang ada di pojok atas peta, kemudian pilih RT Rawan. Nantinya, peta akan menampilkan RT dengan tingkat risiko tinggi penularan Covid-19 per wilayah di Jakarta. Ada tiga warna berbeda dalam peta RT Rawan, yaitu merah, oranye, dan kuning. Perbedaan ini menjadi penanda status zona di tiap wilayah. Pada zona merah, terdapat lebih dari lima rumah yang terkonfirmasi kasus positif Covid-19 selama tujuh hari terakhir. Zona oranye berarti terdapat tiga sampai lima rumah yang terkonfirmasi kasus positif Covid-19 selama tujuh hari terakhir. Sedangkan pada zona kuning, terdapat satu sampai dua rumah dengan kasus positif Covid-19 di wilayah RT selama tujuh hari terakhir.

Jika kita memilih salah satu wilayah, akan ditampilkan informasi RT Rawan di wilayah tersebut. Mulai dari informasi nama RT, RW, kelurahan, kecamatan, wilayah, jumlah kasus aktif, jumlah rumah dengan kasus aktif, hingga status zona.

Positivity Rate

Positivity Rate menunjukkan persentase tingkat positif Covid-19 baik di semua wilayah Jakarta maupun per masing-masing wilayah. Sebagai informasi, jumlah Positivity Rate yang ditampilkan pada dasbor berasal dari perhitungan tes PCR yang dilakukan di tingkat wilayah dan kecamatan.

Mortality Rate

Mortality Rate menampilkan persentase tingkat kematian baik di semua wilayah Jakarta maupun per masing-masing wilayah, berasal dari jumlah kematian yang dilaporkan akibat Covid-19.

Persentase Sudah Vaksinasi dan Belum Vaksinasi

Persentase yang ditampilkan berasal dari perhitungan masyarakat yang sudah divaksinasi maupun yang belum divaksinasi, dengan KTP DKI Jakarta dan yang tinggal di Jakarta.

Grafik Statistik Covid-19 Jakarta

Grafik Kecamatan dengan Nilai Positivity Rate Tertinggi

Grafik 50 Kelurahan dengan Nilai Incidence Rate Tertinggi

Grafik 50 Kelurahan dengan Mortality Rate Tertinggi

Grafik 50 Kelurahan dengan Cakupan Vaksinasi Dosis 1 Tertinggi

Untuk melihat detail nama setiap kelurahan, kamu bisa memperbesar grafik dengan menggeser kursor ke arah kiri atau kanan. Selain itu, kamu juga bisa langsung mengeklik setiap angka pada grafik untuk memunculkan nama kelurahan. Selain keempat grafik di atas, kamu juga bisa melihat informasi sumber data yang ditampilkan pada dasbor.

Kasus Covid-19

Dasbor Statistik Covid-19 Jakarta juga dilengkapi dengan data kasus Covid-19, baik di semua wilayah Jakarta maupun per masing-masing wilayah.

Jumlah RT Rawan

Panel ini berisi data jumlah RT rawan penyebaran Covid-19, baik di semua wilayah Jakarta maupun per masing-masing wilayah Jakarta.

Dasbor Penanganan Kasus Covid-19

Di panel ini, ada tiga pintasan menuju dasbor terkait penanganan kasus Covid-19, dua di antaranya dapat diakses oleh masyarakat dengan bebas. Pada Dasbor Pelaporan Jenazah CRM, kamu bisa mengakses sekaligus memantau informasi terkait pelaporan jenazah oleh petugas Satgas Covid-19 melalui CRM. Kemudian pada dasbor Kolaborasi Warga, kamu bisa mengakses informasi terkait Pelaporan, Pengendalian, dan Penuntasan Kasus Covid-19 melalui CRM. Jika kamu mengeklik menu lainnya, maka akan ditampilkan detail cakupan vaksinasi, baik di semua wilayah Jakarta maupun per masing-masing wilayah.

Fitur Khusus dan Cara Menggunakan Dasbor Statistik Covid-19 Jakarta

Untuk memfilter informasi yang ingin ditampilkan dalam dasbor, kamu bisa memanfaatkan fitur Pilih Kelurahan, Pilih Kecamatan, dan Pilih Wilayah. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada peta, seperti fitur Pencarian untuk mencari wilayah tertentu, fitur Legenda untuk melihat keterangan peta, fitur Layers untuk melihat pilihan peta berdasarkan informasi yang ditampilkan, serta fitur Basemaps untuk memilih tampilan visual peta. Kamu juga bisa memperbesar tampilan setiap panel pada dasbor dengan mengeklik ikon zoom-in.

Ada satu lagi fitur khusus yang hanya dapat diakses oleh petugas Pemprov DKI Jakarta, yaitu fitur Dasbor Detail Kasus Aktif DKI. Dasbor ini berisi informasi detail masyarakat yang tercatat sebagai pasien positif Covid-19, seperti alamat rumah dan sebagainya. Dasbor ini bertujuan untuk membantu petugas melakukan pemantauan pasien isolasi mandiri di rumah.

Di Balik Pembuatan dan Pemanfaatan Dasbor

Banyaknya informasi yang terangkum pada Dasbor Statistik Covid-19 Jakarta merupakan hasil kerja keras berbagai pihak. Peta Jakarta yang ada pada dasbor tersebut, disulap menjadi peta statistik Covid-19 oleh Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (DCKTRP) Provinsi DKI Jakarta. Tentunya, dengan dukungan data dari situs web corona.jakarta.go.id, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Tim Analisis Data Jakarta Smart City, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta (Disdukcapil), dan Jakarta Satu (jakartasatu.jakarta.go.id). Selain peta, berbagai panel informasi yang ada di dalam dasbor juga merupakan hasil kerja keras bersama. Diperbarui setiap hari melalui integrasi data yang terjalin antara tim Surveilans Dinkes DKI Jakarta, tim Analisa Data JSC, serta DCKTRP.

(Status KPI pada Dasbor Pelaporan Jenazah)

Hal yang paling bisa kita rasakan dari adanya dasbor ini adalah kemudahan dalam mengakses informasi terkait statistik Covid-19 di Jakarta. Selain itu, Dasbor Statistik Covid-19 juga dapat digunakan untuk memantau kinerja tiap dinas yang ada di  bawah Pemprov DKI Jakarta, apakah KPI (Key Perfomance Indicator) dari tiap dinas sudah tercapai, belum tercapai, atau tidak tercapai.

Dengan terbukanya informasi melalui Dasbor Statistik Covid-19 Jakarta, semoga kita semua dapat terus meningkatkan semangat dan wawasan dalam melawan pandemi Covid-19. Jangan lupa unduh JAKI melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan informasi lain tentang Covid-19.

Data Covid-19

Bagikan :


Penulis

Mike Nafizahni

Menulis segala hal yang berkaitan dengan hiruk pikuk Ibu Kota. Pegiat dan penikmat karya sastra lulusan Universitas Negeri Jakarta. Saat ini menjadi bagian dari Jakarta Smart City sebagai tim Content Writer.

Artikel Terkait

Yuk, Kenalan dengan Vaksin Pfizer!

27 Agustus 2021

Cara Membantu Tetangga yang Terdampak COVID-19

04 Mei 2020

Tata Cara Menggunakan JakCLM

15 September 2021

Informasi Fasilitas Isolasi Mandiri di Jakarta yang Perlu Kamu Tahu

09 Juli 2021

Inilah Peraturan PPKM Terbaru di Jakarta

08 Oktober 2021