LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Panduan Lengkap Vaksinasi Covid-19 di Jakarta

Panduan Lengkap Vaksinasi Covid-19 di Jakarta

Syora Alya Eka Putri

16 Juni 2021

Sejak 9 Juni 2021, masyarakat yang berusia mulai dari 18 tahun ke atas sudah dapat mengikuti program vaksinasi di Jakarta. Program vaksinasi ini dilakukan di Jakarta untuk menekan laju pertumbuhan kasus Covid-19. Syaratnya adalah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Jakarta atau memiliki surat keterangan tinggal di Jakarta. Untuk membantu kelancaran proses vaksinasi, kamu dapat melihat panduan berikut ini. 

Tata Cara Pendaftaran

Untuk mengikuti program vaksinasi, kamu dapat mendatangi fasilitas kesehatan terdekat, dengan syarat memiliki KTP DKI atau surat keterangan berdomisili/bekerja di DKI Jakarta. Selanjutnya, vaksinasi dapat dilakukan di fasilitas kesehatan terdekat, baik puskesmas, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), maupun sentra kesehatan lainnya, sesuai domisili atau lokasi tempat kerja terdekat masing-masing. 

Selain itu, kamu juga bisa mendaftar vaksin melalui aplikasi JAKI atau portal resmi Jakarta Tanggap Covid-19, caranya adalah:

  1. Buka aplikasi JAKI atau kunjungi menu vaksinasi di website corona.jakarta.go.id;

  2. Jika kamu memilih untuk mendaftar melalui website, klik ‘Cek di Sini’ pada laman vaksinasi dan langsung ikuti langkah kelima di panduan ini;

  3. Pilih Buat akun jika baru menggunakan JAKI, atau login jika sudah memiliki akun;

  4. Pada fitur Jakarta Tanggap Covid-19, pilih Vaksinasi;

  5. Masukkan nomor NIK dan nama lengkap untuk pengecekan jadwal vaksinasi. Pastikan nama dan nomor NIK kamu benar, ya. Setelah itu pilih Periksa.

  1. Bila tertera tulisan belum terdaftar, silakan klik daftar.

  2. Selanjutnya, isi dan lengkapi data diri mulai tanggal lahir, alamat tinggal, pilihan lokasi vaksin, sampai dengan kategori.

  1. Setelah selesai, maka jadwal vaksinasi dapat dilihat, dan jangan lupa isi data pre-screening untuk membantu kelancaran di tempat vaksinasi.

  2. Voila! kamu sudah terdaftar untuk melakukan vaksinasi. 

Mencari Lokasi Vaksinasi via Google Maps

Pencarian dan pengecekan lokasi vaksinasi kini dapat dilakukan melalui Google Maps. Untuk mengetahui lokasi vaksinasi di Jakarta, kamu hanya perlu mengetik kata kunci seperti “vaksin Covid-19”, “tempat vaksin Covid-19”, atau “loaksi vaksinasi Covid-19” pada fitur pencarian Google. Selain menampilkan titik-titik lokasi vaksinasi Covid-19, Google Maps juga menampilkan informasi pengingat, bahwa pelayanan vaksinasi di setiap RSUD atau Puskesmas hanya dapat dilakukan dengan janji temu dan dibatasi untuk pasien tertentu (pasien yang sudah terdaftar). Dalam Google Maps juga ditampilkan informasi mengenai petunjuk untuk cek jadwal atau daftar vaksinasi, sebelum berkunjung ke lokasi vaksinasi.

Kelompok yang Tidak Boleh Divaksinasi

Sebelum vaksinasi, ada baiknya untuk mengecek kondisimu, apakah telah sesuai dengan persyaratan. Berikut adalah beberapa kelompok yang tidak boleh divaksinasi:

  • Orang yang sedang sakit;

  • Orang dengan komorbid yang tidak terkontrol;

  • Individu berusia di bawah 18 tahun;

  • Individu dengan riwayat penyakit autoimun;

  • Penyintas Covid-19 yang belum tiga bulan pulih; 

  • Wanita hamil;

  • Orang dalam pengobatan gangguan pembekuan darah, defisiensi imun, dan penerima produk darah/transfusi.

Yang Harus Disiapkan Sebelum Vaksinasi

Adapun tiga hal utama yang perlu diperhatikan sebelum vaksinasi, yaitu:

  • Melakukan pendaftaran dan menjaga protokol kesehatan selama berada di lokasi vaksinasi.

  • Disarankan untuk mengecek kondisi kesehatan diri. Pastikan kondisi tubuh sudah fit sebelum vaksinasi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui adakah risiko penyakit, terutama pada pasien komorbid. 

  • Mempelajari alur vaksinasi yang dilakukan, mulai dari pendaftaran, melakukan screening dan pemeriksaan kesehatan, melakukan vaksinasi, hingga observasi selama 30 menit. 

Yang Harus Dilakukan Setelah Vaksinasi

Setelah vaksinasi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu: 

  • Tetap menggunakan masker bila berada di tempat umum atau bila bertemu dengan orang lain. Selanjutnya, tetap mencuci tangan dengan sabun hingga bersih. 

  • Hindari berkumpul dan menimbulkan kerumunan, karena tempat keramaian memiliki risiko yang cukup tinggi terhadap penularan. Untuk menghindari tempat tersebut, tetap menjaga jarak dan membatasi acara berkumpul. 

  • Tetap mewaspadai gejala Covid-19, karena setelah vaksin, belum berarti kamu bebas dari virus Corona. Segera lakukan tes dan isolasi mandiri apabila melakukan kontak dengan orang yang terkena Covid-19. 

Untuk info selengkapnya mengenai vaksinasi dan berita tentang kasus Covid-19 dapat dilihat melalui Jakarta Tanggap Covid-19 di situs corona.jakarta.go.id dan aplikasi JAKI yang dapat diunduh melalui Google Play Store maupun App Store.

Tips

Bagikan :


Penulis

Syora Alya Eka Putri

Seorang content writer di Jakarta Smart City yang sedang menempuh pendidikan Magister Kebijakan Pembangunan Sosial di Universitas Indonesia.

Artikel Terkait

‘Flatten the Curve’: Apa Maksudnya dan Kenapa Perlu Dilakukan?

28 Maret 2020

Tips Tetap Patuh Protokol Kesehatan selama Ramadan

21 April 2021

Rangkuman Syarat Vaksinasi Covid-19 di Jakarta

29 September 2021

Kasus Covid-19 di Jakarta selama PSBB Transisi

22 Juli 2020

Apa Vaksin Covid-19 yang Paling Sesuai Untukmu?

03 September 2021