LAYANAN DARURAT COVID-19
112
0813 8837 6955

Beranda > Artikel > Vaksin Moderna: Syarat, Lokasi, dan Pendaftaran

Vaksin Moderna: Syarat, Lokasi, dan Pendaftaran

Amira Sofa

15 September 2021

Kabar baik untuk warga Jakarta! Sejak Agustus 2021, vaksin Moderna yang digunakan untuk vaksinasi Covid-19 sudah tersedia di Ibu Kota. Pada awalnya, penyuntikan vaksin Moderna diprioritaskan bagi tenaga medis dan masyarakat umum di fasilitas kesehatan tertentu dengan kuota yang terbatas. Lalu, seiring dengan upaya pengoptimalan program vaksinasi, kini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan membuka vaksinasi Moderna buat masyarakat luas.

Oleh karena itu, kuota vaksinasi Moderna pun ditambah. Terdapat pula penambahan lokasi sentra vaksinasi yang menyediakan vaksin Moderna. Masyarakat juga sudah bisa mendaftar vaksinasi Moderna di aplikasi JAKI. Nah, jika kamu belum divaksin dan berencana untuk divaksinasi dengan vaksin Moderna, kamu membaca artikel yang tepat nih. Sebelum divaksin, kamu perlu tahu informasi tentang vaksin tersebut, persyaratan, hingga lokasi vaksinasinya. Yuk, cari tahu informasi selengkapnya!

Sekilas Tentang Vaksin Moderna

Vaksin Moderna (atau mRNA-1273) diproduksi oleh perusahaan bioteknologi asal Amerika Serikat, Moderna. Vaksin ini merupakan tipe mRNA (messenger RNA) yang menggunakan materi genetik untuk memberikan stimulus pada sel tubuh agar membentuk antibodi. Sama seperti kebanyakan jenis vaksin lainnya, vaksin Moderna disuntikkan sebanyak dua dosis.

Di Indonesia, vaksin Moderna telah lolos uji keamanan dan efikasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bersama Ahli Komite Nasional Penilai Vaksin Covid-19 dan Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI). Pada kelompok usia penerima 18 hingga di bawah 65 tahun, vaksin Moderna mampu mencegah efek keparahan infeksi Covid-19 sebesar 94,1%. Sementara untuk kelompok usia 65 tahun ke atas, vaksin Moderna mampu mencegah tingkat keparahan sebesar 86,4%. Vaksin Moderna juga efektif dalam uji klinis untuk mencegah infeksi Covid-19 di antara orang dari berbagai kategori usia, jenis kelamin, ras, etnis, maupun orang dengan kondisi medis tertentu.

[Mengenal Vaksin Moderna Lebih Dekat]

Beberapa negara seperti Amerika Serikat, Italia, Inggris, dan Singapura pun sudah menggunakan vaksin Moderna. Menurut studi di Amerika Serikat pada 2020 lalu, tingkat efikasi vaksin Moderna mencapai 91,4% setelah disuntikkan sebanyak dua dosis. Hal ini merupakan titik terang untuk mencegah penyebaran kasus Covid-19 di Amerika Serikat. Italia juga merasakan efek positif dari penyuntikan vaksin Moderna. Setidaknya, kasus positif Covid-19 di kalangan orang dewasa di Italia pada Mei 2021 lalu menurun sebesar 80%, lima minggu setelah vaksin dosis pertama. Salah satu vaksin yang disuntikkan adalah Moderna. Meskipun begitu, penting bagi penerima vaksin untuk melengkapi vaksinasinya dengan dosis kedua.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mencatat kemungkinan efek samping vaksin Moderna, seperti rasa sakit, kemerahan, bengkak pada lengan, kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, panas-dingin, demam, dan mual. Namun, biasanya efek samping hanya terjadi selama 1–2 hari setelah divaksin dan akan hilang dalam beberapa hari berikutnya. Kamu enggak perlu khawatir, karena ini merupakan tanda normal tubuh tengah membangun perlindungan terhadap virus.

Syarat Vaksinasi dengan Vaksin Moderna

Saat ini, vaksinasi Moderna di Jakarta sudah diperuntukkan bagi warga Indonesia berusia 18 tahun ke atas yang ber-KTP ataupun berdomisili di Jakarta. Kamu pun tak perlu lagi membawa surat rekomendasi dokter ke lokasi vaksinasi untuk dapat divaksin Moderna, jika tidak memiliki penyakit autoimun. Jadi, kalau kamu memiliki penyakit autoimun, jangan lupa untuk tetap konsultasikan ke dokter, ya.

Daftar Lokasi Vaksinasi Moderna

Setelah mengalami penambahan kuota, inilah daftar lokasi vaksinasi yang dapat melayani penyuntikan vaksin Moderna. Kamu bisa cek kuota vaksin melalui website Jakarta Tanggap Covid-19. Jangan lupa perhatikan jenis dosis vaksin yang disediakan, ya!

Itu tadi informasi mengenai vaksinasi Covid-19 dengan vaksin Moderna yang sudah ditujukan bagi masyarakat umum di Jakarta. Kalau kamu belum divaksin, yuk vaksin dulu! Terlepas dari apapun jenis vaksinnya, Moderna atau bukan, ada baiknya kamu segera divaksin, agar dapat melindungi diri dan orang sekitarmu dari risiko terinfeksi virus. Terlebih dengan akses vaksin yang sudah meluas seperti sekarang. Untuk mendaftar vaksinasi, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi JAKI yang bisa kamu unduh di Google Play Store maupun Apple App Store. Yuk, manfaatkan kesempatan vaksinasi ini!

Vaksinasi Covid-19
Jakarta Tanggap Covid-19

Bagikan :


Penulis

Amira Sofa

Seorang penulis lulusan Sastra Inggris dari Universitas Padjadjaran. Menggemari musik, puisi, film, dan isu sosial dan kesehatan mental. Saat ini, bergabung dengan tim Jakarta Smart City sebagai Content Writer.

Artikel Terkait

Ngobrol Jakarta #17: Bantu Sesama dengan Program KSBB Jakarta

26 Mei 2020

Arti Status Laporan Warga di JAKI

18 Oktober 2021

Varian Omicron: Bagaimana Cara Pencegahannya?

17 Januari 2022

Mencegah Klaster Keluarga Pasca Libur Panjang

20 Mei 2021

Tetap Aman Saat Kapasitas Transportasi 100%

03 November 2021